Menyapa Indahnya Dunia Bawah Laut Teluk Tamiang

Teman Traveler di Kalimantan Selatan bisa dibilang cukup beruntung. Kawasan ini memiliki banyak keindahan bawah laut yang belum banyak dieksplor. Salah satunya ada di Teluk Tamiang, Pulau Laut Tanjung Selayar, Kotabaru.

Untuk menuju Teluk Tamiang, Teman Traveler harus menuju Tanjung Serdang terlebih dulu. Dari situ kalian harus melanjutkan perjalanan menuju Lontar, sebelum sampai di Tamiang. Yuk, simak asyiknya petualangan saya menjelajah dunia bawah laut di sana beberapa saat lalu.

Dipadati Terumbu Karang

Indahnya bawah laut Teluk Tamiang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Teluk Tamiang memiliki sebuah pantai indah, namun pesonanya tak sebatas sampai situ. Lautannya juga menyimpan kecantikan luar biasa. Saya sendiri sudah membuktikannya kala berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Saya sempat bertanya pada nelayan sekitar mengenai keberadaan terumbu karang. Namun jawaban mereka kurang memuaskan. Saya lantas memutuskan untuk langsung terjun snorkeling dan membuktikan sendiri keindahan wisata Kotabaru ini. Kala itu pukul 09.00, laut sedang surut dan jarak dengan pantai lumayan dekat.

Di spot pertama, saya langsung dibuat kaget. Kawasan yang sebenarnya cukup jarang dikunjungi ini ternyata dipadati gugusan terumbu karang.

Jenisnya Beragam

Ragam jenis terumbu karang di Tamiang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Tak hanya padat, jenis terumbu karang di kawasan Tamiang juga bermacam-macam. Mulai dari Acropora Branching, Coral Foliose, Acropra Tabulate, hingga Acropora Digitate. Corak warnanya pun berbeda-beda, mulai dari jingga, ungu, kuning, coklat, merah, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pengamatan saya, kesehatan karang di kawasan ini lumayan baik. Persentasenya bisa dikatakan 80 persen. Pantang dilewatkan bagi Teman Traveler yang hobi menyelam atau snorkeling.

Menyapa Siput Air

Nudibranchia alias siput air (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Puas menjelajah, saya lantas pindah ke spot kedua. Di sini juga terdapat gugusan terumbu karang dominan soft coral. Tidak terlalu padat dan kesehatan karangnya bisa dibilang 15 persen atau berada dalam kondisi buruk.

Namun Teman Traveler bisa menjumpai banyak jenis ikan, lantaran lokasi ini merupakan selat yang berada di antara beberapa pulau. Namun selain aliran air di sini lumayan deras, jarak pandangnya juga tak terlalu bagus.

Uniknya, saya sempat menemukan beberapa spesies nudibranchia alias siput air di kedalaman sekitar 12 meter. Jenis yang saya temukan adalah salah satu dari genus chromodoris. Ukurannya lumayan kecil, sekitar 2cm.

Spot Memancing

Panorama bawah laut sekitar Tamiang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pindah di spot ketiga, rekan-rekan saya sudah enggan turun. Alhasil hanya saya dan dua orang teman perempuan lain menceburkan diri di sini. Lainnya memilih menghabiskan waktu dengan memancing.

Panorama di sini hampir sama seperti spot pertama, hanya berbeda sedikit soal jarak pandang. Perairannya lumayan jernih, ikannya pun melimpah. Terdiri dari jenis major maupun cromis sp.

Usai puas snorkeling saya sempat mengambil foto-foto pemandangan Bukit Tamiang. Setelah itu saya menyambangi teman-teman yang sedang sibuk memancing. Ternyata hasilnya cukup lumayan, kami lantas sibuk menghabiskan waktu menikmati ikan bakar.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya bawah laut Teluk Tamiang. Bagi Teman Traveler yang hobi menyelam atau snorkeling, destinasi ini patut dicoba. Bisa direncanakan jika kalian sedang berada di sekitar Kotabaru.

Tags
kontributor kotabaru Travelingyuk wisata kotabaru
Share