5 Destinasi di Kotabaru, Bisa Island Hopping Saat Jelajah Kalimantan Selatan

Heri Sisworo

Heri Sisworo

On Indonesia
Pulau Samber Gelap, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pulau Samber Gelap, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kabupaten Kotabaru di Kalimantan Selatan bisa dibilang cukup unik. Sebagian besar terdiri dari daratan yang luar, Kotabaru memiliki perairan yang luas dan punya banyak pulau kecil nan indah. Bukan cuma karena pasir putihnya yang halus, tapi pulau-pulau di Kabupaten Kotabaru juga relatif masih alami dan belum terjamah. Tak heran jika banyak pulau di sini yang dijadikan tempat pertelur penyu laut. Ini dia beberapa pulau yang bisa jadi destinasi di Kotabaru. Mana saja, ya?

Teluk Tamiang, lengkungan indah di selatan Pulau Laut

Teluk Tamiang, Kotabaru.
Teluk Tamiang, Kotabaru. via Instagram/mtma_kalsel

Teluk Tamiang terletak di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, di bagian barat daya Pulau Laut.Teluk Tamiang merupakan obyek wisata yang belum dikembangkan dengan maksimal. Akses jalan menuju tempat ini masih belum sempurna. Keindahan pasir putih di sepanjang lengkungan teluk, dipadu dengan hijau perbukitan dan biru laut bisa mengobati lelahnya perjalanan. Tapi keindahan Teluk Tamiang tak berhenti di situ. Biota laut dan keindahan terumbu karang yang masih alami juga bisa dinikmati. Bisa menjadi salah satu destinasi di Kotabaru. Sayangnya, semua sarana untuk diving dan snorkeling belum ada di sini.

Pulau Samber Gelap, gardu pandang di sejengkal karang

Pulau Sambergelap, Kotabaru.
Pulau Sambergelap, Kotabaru. via Instagram/wisata.kalsel

Pulau Samber Gelap terletak di sebelah selatan Pulau Laut, untuk menjangkaunya dibutuhkan speedboat dengan lama perjalanan sekitar dua jam. Pulau ini sangat kecil, tapi punya magis untuk menarik wisatawan. Pasir putih, laut yang dangkal dan tenang, mercusuar sekaligus gardu pandang; semuanya membuat Pulau Samber Gelap sangat unik. Diving dan Snorkeling juga bisa dilakukan di sini karena kekayaan biota lautnya. Yakin tak ingin mengunjungi destinasi di Kotabaru yang satu ini?

Pulau Sembilan, kepingan-kepingan keindahan di Laut jawa

Pulau Sembilan
Pulau Sembilan via Instagram/@syifaute

Kecamatan Pulau Sembilan seluruhnya terletak di tengah laut, antara pulau Jawa, Madura, Kalimantan, dan Sulawesi. Sesuai namanya, ada Sembilan pulau di kecamatan ini dan semuanya indah. Pulau Pamalikan memiliki garis pantai indah dengan pasir putih. Pulau ini juga menjadi favorit penyu untuk bertelur. Konon menurut legenda, pulau ini lepas dari induknya; Pulau Matasiri. Selain itu juga ada Pulau Denauan yang tak berpenghuni.

Pulau Tanjung Kunyit, paket wisata alam all in one

Pulau Tanjung Kunyit, Kotabaru.
Pulau Tanjung Kunyit, Kotabaru. via Instagram/aaiwara

Di penghujung selatan Pulau Laut, ada pulau Tanjung Kunyit yang unik juga bisa menjadi destinasi di Kotabaru untuk Teman Traveler. Pulau ini menjadi desa nelayan tradisional yang tenang. Di Tanjung Kunyit, ada beberapa spot yang wajib didatangi. Teman Traveler bisa naik ke gunung untuk melihat betapa pulau ini sangat indah dari atas. Kalau sudah puas di gunung, giliran laut yang dieksplorasi. Pantai indah, terumbu karang warna-warni, serta ombak yang tenang bakal membuat kita enggan beranjak dari sini.

Pulau Birah-birahan melenggok di tengah samudra

Pulau Birah-birahan, Kotabaru.
Pulau Birah-birahan, Kotabaru. via Instagram/explore.kotabaru

Sedikit ke selatan dari Tanjung Kunyit, ada Pulau Birah-birahan yang unik. Pulau ini berbentuk memanjang dan berkelok sehingga walaupun tak terlalu luas, keindahannya tetap terlihat. Meski kecil, pulau ini terbagi menjadi tiga zona; Terumbu Karang, Pantai Tebing Batu, dan Pantai Ganggang.  Zona terumbu karang ideal untuk berenang dan snorkeling, sementara zona ganggang sangat bagus untuk spot memancing.

Wah, ada banyak alasan baru untuk jelajah Kalimantan Selatan, nih. Di antara semua pulau yang bisa menjadi destinasi di Kotabaru, mana yang menjadi favorit Teman Traveler?