Camping di Telaga Cebong, Tips Hemat Sebelum Melihat Golden Sunrise Sikunir

Advertisement
Advertisement

Liburan ke Dataran Tinggi Dieng rasanya tidak lengkap jika belum menyaksikan langsung matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir. Lokasinya berada di Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Tak mau ketinggalan Golden Sunrise Sikunir, Teman Traveler bisa menyewa homestay. Atau juga camping di Telaga Cebong yang ternyata dapat menghemat biaya liburan. Lalu seperti apa serunya bermalam di sini? Berikut penuturan dari Kontributor TravelingyukMohammad Guruh.

Danau Vulkanik di Ketinggian yang Memukau

Menantikan penampakan Golden Sunrise Sikuni (Dkumen : Pribadi)r
Menantikan penampakan Golden Sunrise Sikunir(c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Telaga Cebong merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung purba ribuan tahun lalu. Menurut warga sekitar, dahulu banyak sekali katak yang hidup dan berkembang biak di sini. Hal itulah yang membuat tempat wisata ini bernama Cebong. Selain untuk keperluan wisata, telaga ini dimanfaatkan sebagai sumber air untuk pertanian dan ladang milik para petani setempat. Telaga dengan luas 12 hektar ini tidak hanya cantik, tapi juga menjadi tumpuan harapan petani untuk mengairi ladangnya.

Alternatif untuk Liburan Lebih Hemat

Camping Cantik Di Telaga Cebong (Dokumen : Pribadi)
Camping Cantik Di Telaga Cebong (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Tiket masuk ke Telaga Cebong hanya Rp10.000. Jika ingin bermalam di sini, Teman Traveler hanya perlu menambah Rp10.000 per tenda. Dengan biaya tersebut, sudah bisa menikmati panorama keindahan Telaga Cebong dan sejuknya udara Desa Sembungan. Menariknya, harga tersebut juga sudah termasuk biaya tiket masuk Desa Sembungan. Camping di sini merupakan pilihan terbaik untuk menghemat biaya. Apalagi mengingat Teman Traveler tidak hanya bermalam tapi juga bisa keliling telaga dengan menyewa perahu. Bahkan, ada aktivitas outbond seperti Flying Fox.

Fasilitas di Telaga Cebong

Penampakan Telaga Cebong Dari Puncak Sikunir (Dokumen : Pribadi)
Penampakan Telaga Cebong Dari Puncak Sikunir (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Jika tidak membawa tenda tak perlu khawatir. Banyak penduduk lokal yang menyewakan tenda dengan tarif bervariasi, tergantung dari kapasitas tenda. Fasilitasnya juga lengkap, seperti mushola, toilet, hingga parkir yang luas. Untuk keperluan memasak, tidak disarankan mengambil air dari telaga tersebut. Hal ini karena kondisi airnya keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi. Sebaiknya membeli beberapa botol air mineral di warung sekitaran Telaga Cebong. Dan yang paling utama adalah tetap menjaga kebersihan demi menjaga kelestarian lingkungan.

Berniat untuk menikmati matahari terbit di Puncak Bukit Sikunir? Camping di Telaga Cebong bisa menjadi alternatif untuk Teman Traveler yang ingin liburan hemat. Makin seru, ajak juga teman atau keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika di sini. Bagimana, tertarik mencoba?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Travelingyuk wisata wonosobo Wonosobo
Share