Golden Sunrise Bukit Sikunir, Salah Satu Spot Matahari Terbit Terbaik di Indonesia

Advertisement

Jika membahas Wonosobo, yang terpikir adalah dataran tinggi Dieng. Padahal tak hanya itu. Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terkenal akan wisata alam pegunungan yang sangat indah. Salah satunya adalah Bukit Sikunir yang terkenal dengan golden sunrisenya. Tak main-main, keindahannya digadang-gadang sebagai yang terbagus no dua se-Asia Tenggara. Berikut adalah penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Muhamad Jodisenobirowo yang telah menyaksikan sendiri sunrise Bukit Sikunir. Intip yuk seindah apa.

Keindahan yang Paling Diincar Wisatawan

Sunrise di Bukit Sikunir (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk
Sunrise di Bukit Sikunir (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Dataran Bukit Sikunir mempunyai ketinggian 2463 mdpl. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, baik domestik maupun mancanegara. Salah satu yang paling diincar wisatawan adalah indahnya  sunrise dari Puncak Sikunir yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir. Selain itu, dari Puncak Sikunir wisatawan bisa menyaksikan gagahnya gunung-gunung tinggi berderet dikejauhan. Di antaranya adalah Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Sumbing.

sunrise sikunir via instagram: @jodybirowo
Sunrise di Sikunir (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Lokasi Bukit Sikunir

telaga cebong | via instagram : @jodybirowo
Telaga Cebong (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembunga, kawasan yang tertinggi di pulau jawa. Desa Sembungan yang mempunyai ketinggian 2.306 mdpl ini memiliki dua destinasi tujuan wisata yang sangat menarik, yaitu Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.

Untuk harga tiket masuk Bukit Sikunir hanya dibanderol Rp10ribu untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Biaya lain yang harus anda keluarkan adalah untuk parkir kendaraan.

Waktu Terbaik Berkunjung

Bukit Sikunir (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menyaksikan Sunrise Bukit Sikunir, berkunjunglah di waktu terbaik sekitar bulan Juli – Oktober karena Dieng berada di musim kemarau. Terlebih, pada bulan bulan tersebut, pemandangan sunrise Bukit Sikunir akan sangat terlihat cantik tanpa tertutup kabut ataupun mendung.

Langit saat sunrise Sikunir (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Jangan lupa mempersiapkan diri. Suhu udara di Dieng bisa mencapai titik terendah. Bahkan pernah mencapai 0 derajat yang bisa mengubah embun menjadi butiran es. Oleh sebab itu, ketika pastikan untuk membawa baju hangat atau jaket yang sangat tebal.

Rute untuk Menuju Bukit Sikunir

Sikunir saat sunrise (C) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Perjalanan menikmati sunrise Bukit Sikunir bisa ditempuh dari Wonosobo. Pertama Teman Traveler harus menuju ke Alun-alun Wonosobo, kemudian ambil jalur jalan menuju Dieng hingga sampai ke pertigaan. Setelah itu, Teman Traveler bisa ambil jalur ke kiri. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke lokasi wisata Bukit Sikunir. Jarak dari pertigaan kurang lebih sekitar 7 km. Selama perjalanan, Teman Traveler akan melewati beberapat tempat wisata seperti Candi Arjuno, Gunung Prau, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Bagaimana, lokasi yang menarik kan untuk dikunjungi?

Advertisement
Tags
bukit sikunir Indonesia sunrise Travelingyuk Wisata
Share