Tauco Cap Meong Oleh-oleh dari Cianjur Sejak 1880-an

Advertisement

Cianjur bisa menjadi salah satu tujuan wisata saat kamu merindukan alam. Tak hanya itu, kamu juga bisa berburu oleh-oleh yang cukup legendaris di Indonesia. Tauco yang telah berumur lebih dari satu abad ini dikenal menjadi oleh-oleh wajib ketika liburan ke kota yang dingin ini. Tauco biasanya digunakan untuk cocolan ketika makan tahu atau lumpia, bahkan sebagai bahan masakan. Wah, penasaran di mana tempatnya? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

Tauco Legendaris dengan Cap Meong

Tauco yang akan dibungkus
Tauco yang akan dibungkus [image source]
Bagi warga Cianjur sudah tak asing lagi dengan oleh-oleh legendaris satu ini. Apalagi kalau bukan Tauco Cap Meong yang diproduksi secara turun temurun oleh keluarga Ny.Tasma atau Tjoa Kim Nio. Kerennya lagi, resep untuk bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai ini masih tetap sama seperti pertama dibuat, yaitu tahun1880-an. Sedikit berbeda dengan lainnya, harga untuk sebotol tauco dengan ukuran 350 ml dibandrol dengan harga Rp16.000. Sedangkan ukuran 200 ml hanya Rp12.000.

Oleh Oleh asal Cianjur
Oleh Oleh asal Cianjur [image source]

Oleh -Oleh Fenomenal sejak Tahun 1880-an

Pemilik Tauco Cap Meong
Pemilik Tauco Cap Meong [image source]
Tauco Cap Meong ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pria keturunan Tionghoa bernama Tan Ken Hian. Bisnis tersebut dilanjutkan oleh istrinya yang tidak lain adalah Ny.Tasma setelah mendirikan toko di Jalan HOS Cokroaminoto No 160. Kendati telah mengalami pergantian pengelola, bisnis ini tetap bertahan hingga generasi ke-4. Nah, jika kamu berkunjung ke toko oleh-olehnya yang berada di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, kamu dapat melihat beberapa peninggalan foto semasa hidup keluarga Ny.Tasma.

Tauco khas Cianjur
Tauco khas Cianjur [image source]

Sajian Tauco yang Tak Pernah Berubah

Toko Tauco Cap Meong
Toko Tauco Cap Meong [image source]
Tak pernah berubah, Tauco Cap Meong masih mempertahankan produksi dengan tradisional. Dengan pilihan kedelai berkualitas, mereka juga tetap memasak di atas kobaran api dari kayu. Sementara proses pembungkusan juga manual menggunakan centong kayu. Sangat sederhana, namun rasanya luar biasa. Belakangan ini, cicit dari Ny. Tasma juga membuat terobosan baru dengan menjual sambal tauco. Hal tersebut demi bisnisnya tetap dikenal oleh banyak orang.

Proses Pembungkusan Tauco
Proses Pembungkusan Tauco [image source]

Berburu Sate Lezat Khas Cianjur

Sare Maranggi Warujajar
Sate Maranggi Warujajar [image source]
Sebelum berburu Tauco Cap Meong, ada baiknya untuk mencoba berburu kuliner lezat di Cianjur. Nah, salah satu yang wajib kamu coba adalah Sate Maranggi Warujajar yang terletak di Jl. K.H. Hasyil Ashari, Selok pandan atau sekitar 12 menit perjalanan dari Toko Ny Tasma. Berbeda dengan sate lainnya, kamu bakalan merasakan kelezatan sate didampingi dengan nasi uduk atau ketan bakar. Soal harga, cukup aman untuk kantong kok!

Sare Maranggi Warujajar, Cianjur
Sate Maranggi Warujajar, Cianjur [image source]

Liburan Seru di Little Venice Kota Bunga

Kota Bunga
Kota Bunga [image source]
Selain memiliki objek wisata alam berupa air terjun serta pegunungan, Cianjur juga memiliki objek wisata lainnya yang tak kalah dengan Lembang, Bandung. Salah satu destinasi yang belakangan hits di media sosial adalah Little Venice Kota Bunga. Ya, serasa di Italia, kamu bakal melihat bangunan ala-ala Eropa. Tak hanya itu, kamu juga bisa naik gondola di sini. Seru kan?

Kota Bunga Cianjur
Kota Bunga Cianjur [image source]
Nama : Toko Tauco Cap Meong
Alamat: Cijedil, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Jam buka: 08.00–17.00

Wah, ternyata oleh-oleh dengan umur ratusan tahun masih ada di Indonesia. Nah, yuk lestarikan kuliner yang ada di Indonesia agar tetap tersaji di meja makan kita!

Advertisement
Tags
Cianjur Indonesia Jawa Barat Oleh-oleh
Share