Tidak Perlu ke Eropa Untuk Melihat Air Terjun Seindah Ini, di Cianjur Juga Ada!

Eropa itu adalah tempat di mana segala keindahan berada. Mau pasir pantai yang seputih mutiara, lautan biru yang sejernih kaca, hingga gunung-gunung dengan belantara bak serpihan surga. Belum lagi wisata di kota-kotanya yang penuh bangunan bersejarah, menampilkan jejak kemewahan dari masa lampau yang tak lekang oleh zaman. Eropa memang selalu mengena di jiwa. Namun jaraknya yang jauh dari Indonesia membuat kita tak leluasa mengunjunginya setiap waktu.

Jika niatmu hanya untuk mencari alam yang keren, sebenarnya nggak perlu sampai jauh-jauh ke sana. Arahkan perhatianmu ke Cianjur, tepatnya di Curug Citambur. Keasrian lingkungannya begitu memanjakan mata, mirip dengan negeri indah yang selalu di senandungkan para pendongeng. Dinding-dinding tebing ditumbuhi pepohonan hijau. Eropa bisa nanti dulu, yuk segera datang ke Curug Citambur yang pesonanya tak pernah semu.

1. Surga Tersembunyi dengan Kesejukan Alami

Curug Citambur [image source]
Curug Citambur memiliki pemandangan alam yang menawan dan dikelilingi oleh pepohonan hingga tumbuhan hijau. Banyak yang bilang jika salah satu air terjun di Cianjur ini adalah surga yang tersembunyi. Meski sudah populer dan terkenal, namun kealamiannya masih terjaga dengan baik. Kamu bisa datang ke sini untuk melepas penat, mengistirahatkan tubuh sambil menyambut terpaan angin yang membawa butir-butir air. Karena terjun dari ketinggian dan banyaknya butir-butir air itu ada semacam kabut tipis yang menutupi. Hirup dalam-dalam udara yang penuh kesejukan dan rasakan kesegaran kembali mengisi tubuhmu.

Curug Citambur [image source]

2. Makin Keren saat Musim Hujan

Curug Citambur [image source]
Curug Citambur tampil lebih cantik saat musim hujan. Itu karena debit air yang mengalir dari atas akan lebih banyak dan deras. Selain itu, tumbuhan rambat yang menutupi tebing-tebing dan rerumputan di sekitarnya akan menghijau dan rimbun. Pemandangan seperti itu akan membuatmu seolah-olah berada di pedalaman hutan yang penuh dengan nyanyian alam seperti kicauan burung-burung, suara angin, hingga bunyi air terjun yang menghantam bebatuan. Meski begitu, kamu harus berhati-hati. Cepat menjauh dari air terjun bila hujan mengguyur karena ada resiko banjir dan longsor.

Curug Citambur [image source]

3. Fasilitas yang Membuatnya Semakin Keren

Curug Citambur [image source]
Meski dibilang sebagai surga tersembunyi dan destinasi wisata alam, namun Curug Citambur sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk para wisatawan. Ini untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisata. Dengan begitu, akan ada banyak manfaat yang didapatkan. Beberapa fasilitas yang sudah ada adalah tempat parkir, toilet, mushala, hingga warung penjual makanan. Sedangkan untuk pengelolaan dan perawatan fasilitas, para pengunjung diharuskan membeli tiket masuk yang harganya sekitar Rp. 3000 per orang.

Curug Citambur [image source]

4. Lokasi Curug Citambur

Curug Citambur [image source]
Curug Citambur bisa kamu temukan di Cianjur bagian selatan, tepatnya di Desa Karang Jaya, kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Jalurnya bisa ditempuh oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Jika kamu berangkat dari Bandung, bisa mengambil arah Ciwidey sampai Kawah Putih. Lalu menuju kawasan perkebunan The Sinumbra hingga sampai di Desa Karang Jaya. Pintu masuk Curug Citambur berada di depan kantor kepala Desa.

Curug Citambur [image source]
Itulah beberapa informasi seputar Curug Citambur, jika di negeri sendiri ada yang seindah itu, kenapa harus jauh-jauh ke Eropa? Setuju kan?

Tags
Air Terjun Alam Cianjur Curug Curug Citambur Jawa Barat Wisata Cianjur
Share