Tanggal Kejepit 2019, Yuk Rencanakan Liburanmu dari Sekarang!

Tidak terasa juga ya sudah memasuki bulan November, berarti tahun 2018 akan segera berakhir. Selain membuat rencana-rencana besar, tidak ada salahnya untuk memasukkan liburan pada resolusi tahun 2019. Beberapa tanggal kejepit di tahun depan bisa Teman Traveler manfaatkan untuk escape trip. Tidak perlu ke luar negeri, destinasi wisata di Indonesia sangat beragam dan patut banget dijelajahi. Ini nih tanggal kejepit 2019 beserta rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk dibaca!

2-5 Februari 2019, Rayakan Liburan Imlek di Kota Penuh Kenangan

Gapura Masuk Kampung Ketandan via Instagram @anagatourjogja
Gapura Masuk Kampung Ketandan via Instagram @anagatourjogja

Setiap tahun ketika Hari Imlek tiba, Kampung Ketandan adalah satu dari sekian banyak kawasan pecinan yang merayakan hari tersebut dengan begitu semarak. Terletak di Jalan Ketandan Kulon, Ngupasan, Gondomanan Kota Jogja. Kampung Ketandan mudah diakses, Teman Traveler juga tidak perlu khawatir akan tempat menginap maupun tempat makan karena hanya berjarak 10 menitan dari Malioboro.

Kalau memasuki Kampung Ketandan saat perayaan Imlek, akan berasa di Tiongkok dengan berbagai ornamen khas seperti lampion dan dominasi warna merah di sepanjang jalan.

Pertunjukan Wayang Potehi via Instagram @jenar_budi_santoso
Pertunjukan Wayang Potehi via Instagram @jenar_budi_santoso

Biasa disebut Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, terdapat sejumlah atraksi menarik sebut saja pertunjukan Wayang Potehi, barongsai dan Mandarin Story Telling, dan banyak lainnya. Tentu saja tidak ketinggalan, kuliner Tionghoa juga bisa didapatkan di sini. Beberapa diantaranya adalah bakcang, kue keranjang, bakpao, kue moci, dan varian lainnya. Hari Imlek tahun 2019 jatuh saat tanggal kejepit, pada hari Selasa tanggal 5 Februari, jadi hanya cukup mengambil cuti 1 hari Teman Traveler sudah bisa liburan 4 hari.

Lontong Cap Go Meh Bisa Ditemui di Kampung Ketandan via Instagram @kikynatalia
Lontong Cap Go Meh Bisa Ditemui di Kampung Ketandan via Instagram @kikynatalia

7-10 Maret 2019, Liburan dengan Nikmati Sejuknya ‘Swiss Kecil’-nya Pulau Jawa

Pemandangan Kota Batu yang Menawan via Shutterstock
Pemandangan Kota Batu yang Menawan via Shutterstock

Lagi-lagi jatuh pada tanggal kejepit, 7 Maret, umat Hindu merayakan Hari Nyepi, yang jatuh pada hari Kamis. Teman Traveler bisa ambil cuti 1 hari untuk bisa merasakan liburan 4 hari. Kalau ingin merasakan suasana perayaan Nyepi, Teman Traveler bisa nih singgah di Kota Batu. Perayaan Nyepi salah satunya dengan mengarak ogoh-ogoh berkeliling kota, diawali dengan sembahyang untuk menyucikan diri. Festival ini diikuti oleh umat Hindu se-Malang Raya, dan dibuka untuk masyarakat umum.

Ilustrasi Festival Ogoh-ogoh via Shutterstock
Ilustrasi Festival Ogoh-ogoh via Shutterstock

Selain itu, Teman Traveler juga bisa menjelajahi beragam coban alias air terjun di Kota Batu, beberapa diantaranya adalah Coban Putri, Coban Rais, dan Coban Talun.

Deretan tanggal kejepit 2019
Deretan tanggal kejepit 2019 (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Akses menuju ke destinasi wisata alam tersebut pun pun tidak terlalu rumit karena sebagian besar sudah dibuatkan jalan yang memadai, walau tentu tetap harus berjalan dari tempat parkir menuju pusat guyuran air.

Coban Putri via Instagram @ayodolan
Coban Putri via Instagram @ayodolan

17-21 April 2019, Setelah Gunakan Hak Pilih Boleh Lah Liburan Bentar

Panorama Bawah Laut Karimunjawa via Shutterstock
Panorama Bawah Laut Karimunjawa via Shutterstock

Pemilihan umum Indonesia jatuh tepat pada hari Rabu 17 April, setelah menggunakan hak suara Teman Traveler bisa nih melipir sebentar mumpung ada long weekend, di mana tanggal 19 April tepat pada perayaan Jum’at Agung. Ambil cuti 1 hari pada Kamis, lalu melepas penat dengan liburan selama 5 hari. Manfaatkan dengan eksplorasi di Karimunjawa, wisata alam yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Salah Satu Pantai di Karimunjawa via Shutterstock
Salah Satu Pantai di Karimunjawa via Shutterstock

Bulan April merupakan musim peralihan di Karimunjawa, berarti ombak sedang dalam keadaan tenang dan cuaca pun mendukung untuk diving atau snorkeling, karena jarak pandang lebih luas pada bulan ini. Jangan lupa juga untuk island hopping dengan mengambil paket tur oleh agen liburan, biasanya pergi ke Pulau Menjangan dan Pulau Cemara. Bergantung pada paket yang Teman Traveler ambil.

30 Mei – 9 Juni 2019, Puasin Super Long Weekend di Taman Nasional Bunaken

Air Laut Jernih Bunaken via Shutterstock
Air Laut Jernih Bunaken via Shutterstock

Ini dia long weekend paling seru yang ada di tahun 2019, 3 libur nasional sekaligus jatuh pada hari yang berurutan. 30 Mei ada Kenaikan Isa Almasih, 1 Juni lahirnya Pancasila, kemudian Hari Raya Idul Fitri pada 5-6 Juni. Manfaatkan dengan mengambil cuti 4 hari untuk dapat liburan selama 11 hari. Dengan waktu sepanjang itu, Teman Traveler bisa melipir ke Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara. Bulan Mei merupakan salah satu waktu yang tepat untuk berkunjung, karena air laut sangat jernih dan hangat.

Maksimalkan Diving di Bunaken via Shutterstock
Maksimalkan Diving di Bunaken via Shutterstock

Memungkinkan untuk diving dan snorkeling maksimal, karena jarak pandang di bawah air lebih luas. Puas menikmati panorama bawah laut Bunaken yang memang tersohor akan terumbu karang dan beragam biota laut. Demi liburan maksimal dan menyenangkan, siapkan itinerari mulai dari sebelum berangkat sampai akan pulang dari Bunaken. Memang terkesan ribet tapi lebih baik susah di awal daripada liburan penuh sesal.

Sudah dicatat tanggal kejepit yang telah diulas di atas? Bisa nih mulai dari sekarang menyiapkan rencana liburan, seperti menyelesaikan pekerjaan lebih awal agar bisa ancang-ancang ambil cuti. Tidak lupa juga sisihkan uang agar liburan nggak bikin ATM jebol. Teman Traveler punya rencana liburan tahun 2019 kemana nih? Bagi cerita dong di kolom komentar?

Tags
Indonesia info terbaru Kalender Kejepit Rencana Liburan
Share