5 Air Terjun di Kota Batu, Pemandangan Alam yang Bikin Rindu

Alam Kota Batu sunggung menawan. Di sinilah kamu bisa mencium aroma alam yang terbawa angin pegunungan. Sungai-sungainya mengalirkan kesegaran yang bikin pikiran jadi lebih tenang. Apalagi jika kamu menikmatinya di beberapa air terjun di Batu berikut ini, segala keindahannya akan membuatmu terkenang dan bikin rindu.

1. Coban Putri

Coban Putri
Coban Putri via Instagram/@ella.98

Cukup membayar sekitar Rp8.000 kamu sudah bisa masuk ke area wisata Coban Putri. Lokasinya berada di Oro-oro Ombo atau searah dengan wisata BNS dan Jatim Park. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi dan deras, namun fasilitasnya sudah lumayan lengkap. Ada gardu pandang yang bisa dijadikan spot selfie. Namun untuk menggunakannya, kamu harus membayar lagi. Kemudian jembatan bambu dan hutan pinus juga menambah kecantikan Coban Putri.

2. Coban Talun

Coban Talun
Coban Talun via Instagram/@suraj_surasko

Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dan berada di ketinggian 1300 mdpl. Jadi udaranya sangat sejuk. Jika datang ke sini, kamu tidak hanya disuguhi air terjun, tapi juga taman bunga dan berbagai spot foto menarik. Salah satunya adalah Apache Camp yang konsepnya ala suku-suku indian. Kemudian juga ada Pagupon Camp yaitu tempat menginap yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dan taman bunga.

3. Coban Rais

Coban Rais
Coban Rais via Instagram/@ystkprstyn

Coban Rais juga dikembangkan menjadi wisata keren. Air terjun di Kota Batu ini semakin terkenal setelah adanya bukit yang disulap menjadi taman bunga. Banyak yang datang ke sini untuk foto dengan hamparan bunga warna-warni. Lalu masih ada ayunan, gardu pandang, hutan pinus, hingga spot hammock. Jangan puas dulu, karena air terjunnya sendiri juga tidak kalah keren. Ketika kamu berdiri di depannya, rasakan butiran-butiran air yang terbawa angin menerpa kulitmu. Begitu menyegarkan.

4. Coban Lanang

Coban Lanang
Coban Lanang via Instagram/@andik.uyee

Coban Lanang menawarkan keindahan yang terasa lebih mistis dan sunyi. Ini karena air terjunnya dikelillingi oleh pepohonan besar dan hutan bambu lebat. Jika ke sini lebih baik menggunakan lotion anti nyamuk ya! Coban Lanang berada di Pandanrejo. Kecamatan Bumiaji dan saat ini sedang dalam pengembangan. Disediakan jembatan-jembatan bambu yang akan membuatmu serasa di pedesaan zaman dulu. Kemudian ada juga taman kelinci dan pondok-pondok yang menghadap sungai untuk tempat istirahat.

5. Coban Watu Ondo

Coban Watu Ondo
Coban Watu Ondo via Instagram/@yoiki_malang

Coban Watu Ondo letaknya lebih jauh dari empat air terjun sebelumnya jika lewat pusat Kota Batu. Kamu bisa berkendara dan mengambil jalur ke arah pemandian air panas Cangar. Selama perjalanan, kamu akan melihat perkebunan milik warga yang begitu hijau dengan udara sejuk pegunungan. Di waktu tertentu, kabut akan membuat perjalananmu lebih syahdu seolah-olah sedang ada di Bogor. Coban Watu Ondo dekat dengan pemandian Cangar. Di sini sudah ada toilet, tempat makan, dan tangga berbatu menuju air terjun.

Itulah beberapa air terjun di Kota Batu dengan keindahan yang bisa bikin kamu rindu. Ajak juga orang-orang tersayang, maka liburanmu mungkin akan lebih menyenangkan.

Tags
Air Terjun Batu Indonesia Jawa Timur
Share