Uji Adrenalin di Taman Tempuran Cikal, Wisata Susur Sungai Jogja

Advertisement

Kabupaten Bantul seolah tak henti menawarkan wisata baru nan seru untuk dikunjungi. Berada di bantaran Sungai Opak, kini hadir Taman Tempuran Cikal dengan beragam aktivitas air seru yang menambah deretan wisata Jogja menarik.

Tak hanya sekedar susur sungai, ada banyak hal menarik lain yang bisa Teman Traveler jajal di sini. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Wisata Taman di Bantul

Taman Tempuran Bantul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berada tak jauh dari wisata Setren Opak, Taman Tempuran Cikal beralamat di Cikal, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari berbagai sudut Jogja.

Bagi Teman Traveler yang berangkat dari arah Bandara Adisutjipto, bisa ambil jalur menuju Jalan Laksda Adisutjipto. Berikutnya, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Berbah Utara hingga mencapai Jalan Wonosari. Begitu sampai di perempatan, lanjutkan perjalanan ke arah timur hingga jembatan dan ambil arah kanan melewati Jalan Bintaran Kulon.  

Spot Taman Bunga (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Taman Tempuran buka tiap hari, mulai jam 08.00 hingga pukul 17.30. Tidak dikenai biaya alias gratis untuk masuk ke wisata Jogja satu ini. Cukup membayar biaya parkir kendaraan.

Destinasi ini biasanya paling ramai dikunjungi wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan waktu terbaik untuk menyambangi Taman Tempuran adalah pagi hari karena udara sekitar bakal masih terasa amat segar. Selain itu, sinar matahari juga tidak terlalu terik.

Sungai Opak yang Masih Asri

Menikmati Sungai Opak (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Lanskap khas dari wisata taman ini adalah Sungai Opak. Sungai yang masih asri ini menawarkan suasana sejuk. Terdapat banyak pepohonan rindang dan pemandangan alam yang jarang ditemukan di perkotaan.

Aliran air di Sungai Opak juga tampak jernih, dengan catatan tidak sedang musim hujan. Jika curah hujan sedang deras, warna air di sekitar sini akan menjadi kecoklatan.

Dengan kedalaman di bagian tengah mencapai empat kilometer, sungai ini masih cukup aman untuk menggelar beragam aktivitas seperti naik perahu atau kano. Suasananya juga tenang, damai, dan jauh kebisingan. Teman Traveler bakal betah berlama-lama berada di sekitar sini.    

Keseruan yang Ditawarkan

Spot seru di Taman Tempuran (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Begitu memasuki area taman, Teman Traveler akan disuguhi area cantik berhiaskan air mancur dan bunga-bunga. Menjelajah lebih jauh, kalian bakal menemukan wahana seru menguji adrenalin seperti flying fox, ATV, motor trail, dan speed boat.

Tempat ini memiliki lahan cukup luas. Rimbunnya pepohonan bambu membuat hawa sekitar jauh dari kata panas. Pengelola juga menyediakan gardu pandang bambu yang bisa disinggahi sejenak untuk sekedar bersantai atau melihat pemandangan dari ketinggian.

Bagi Teman Traveler yang mengajak anak kecil, taman ini juga menyediakan area playground. Buah hati bisa bersenang-senang sepuasnya dalam wilayah khusus yang mudah diawasi orang tua.

Asyiknya Jelajah Sungai dengan Berbagai Wahana

Jelajah sungai beramai-ramai (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Salah satu aktivitas favorit di Taman Tempuran adalah susur sungai. Asyiknya lagi, pengunjung bisa memilih ingin menumpang perahu, kano, atau speed boat. Dengan durasi sekitar 15-20 menit, Teman Traveler akan dibawa menikmati asrinya suasana di sekitar Sungai Opak.

Hijaunya pepohonan sekitar sungai memberikan sensasi segar dan adem. Cocok untuk Teman Traveler yang mendamba suasana tenang usai penat akan kesibukan pekerjaan seminggu belakangan.

Menyusuri sungai dengan perahu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beragam wahana yang bisa dicoba untuk menyusuri Sungai Opak. Pertama adalah dengan naik perahu. Teman Traveler bisa menggunakannya untuk menjelajah sungai beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Biayanya juga sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Jika dalam satu perahu penumpangnya kurang dari lima orang, biayanya jadi Rp10.000 per orang.

Lain lagi jika Teman Traveler berkunjung bersama pasangan, naik kano bisa jadi pilihan tepat. Dengan kuota dua orang, pengunjung bisa merasakan sensasi mengayuh dayung di tengah suasana syahdu. Biaya untuk jajal keseruan ini hanya Rp5.000 per orang, dengan durasi 15 menit.  

Susur sungai dengan speed boat (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Lain lagi dengan speed boat. Bagi Teman Traveler yang ingin menguji adrenalin, wahana ini sangat wajib dicoba. Dengan laju lebih cepat dari perahu, keberanian kalian akan diuji di sini.

Tarif untuk mencoba sensasi menegangkan ini adalah Rp50.000 per rombongan, dengan kuota maksimal lima orang. Bersiaplah diajak ngebut menyusuri sungai bersama pemandu. Tak perlu khawatir, semua wahana dijamin keamanannya. Tiap penumpang bakal dibekali pelampung dan jaket pengaman. Berani coba Teman Traveler?

Cicip Kuliner Lezat

Lapak kuliner ramah kantong (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Usai lelah menjajal berbagai keseruan yang ada, saatnya mengisi perut. Teman Traveler bisa menemukan beberapa lapak dengan gubuk-gubuk sederhana, menjajakan berbagai kuliner enak menggugah selera. Selain makanan, di sekitar sini juga ada beberapa penjaja minuman menyegarkan.

Teman Traveler bisa coba beberapa kuliner seperti sego pecel, sego pethik, sate ayam, dan pecel lele. Cemilan atau kudapan juga tersedia di sini, meliputi thiwul, klepon, jadah tempe, telur gulung, dan bakso bakar. Sementara untuk pelepas dahaga, kalian bisa menjajal segarnya es cincau.

Es Cincau Coklat (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Lapak-lapak kuliner ini buka setiap hari, namun saat weekday mereka baru beroperasi mulai siang. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu, mereka sudah sibuk menjajakan dagangan sejak pagi hari. Soal harga tak perlu khawatir, dijamin takkan bikin dompet tipis.

Wisata Taman Tempuran adalah salah satu destinasi yang patut Teman Traveler kunjungi di Jogja. Keseruan aktivitas susur sungainya dijamin membuat ketagihan. Segera agendakan datang ke sini bersama teman atau keluarga ketika sedang berada di Kota Gudeg.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kontributor Travelingyuk wisata jogja
Share