Pesona Alam Flores dalam Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung

Tidak ada yang menafikkan keindahan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Tidak ada juga yang ragu pada sihir milik alam Flores. Keduanya adalah perwakilan dari indahnya Indonesia Timur yang luar biasa. Di tempat ini terdapat banyak sekali kualitas-kualitas lanskap alam yang memuaskan mata. Satu lainnya yang tidak mengecewakan dan bisa Teman Traveler kagumi saat menginjakkan kaki di sini adalah Taman Laut 17 Pulau Riung. Seindah apa sih? Yuk, simak lebih lanjut.

1. Kepulauan dengan 24 Pulau-pulau Menawan

Punya 24 Pulau-pulau Kecil yang Cantik
Punya 24 Pulau-pulau Kecil yang Cantik via Instagram/babybackpacker_ind

Taman Laut 17 Pulau Riung memiliki 24 pulau-pulau kecil yang sebagian besar tidak berpenghuni. Tidak besar, namun tetap cantik. Dari 24 pulau-pulau tersebut, ada beberapa pulau yang utama, di antaranya Pulau Ontoloe, Pau, Borong, Dua, Lainjawa, Kolong, Halima, Patta dan Taor. Secara adminsitratif, kepulauan ini terletak di Kecamatan Riung, meliputi Desa Benteng Tengah, Lengkosambi, Nangamese, Tido dan Desa Sambinasi.

2. Terdapat Hutan dengan Ragam Spesis Fauna

Bersama Kelelawar di Taman Laut 17 Pulau Riung
Bersama Kelelawar di Taman Laut 17 Pulau Riung via Instagram/explorewithelsa

Di lokasi yang masih sangat asri ini, terdapat hutan yang bisa Teman Traveler jelajahi. Di dalam hutan tersebut, ada banyak spesies fauna yang endemik kepulauan ini, yaitu Rusa Timor, Biawak Mbou, Elang, Bluwok, Burung Ceo Bangau Hitam, hingga Kelelawar. Luar biasa ya. Selain pemandangannya yang indah, Taman Laut 17 juga kaya raya. Kelebihan taman laut ini pasti bak surga bagi Teman Traveler yang memang hobi sekali dengan alam.

3. Terpencil tapi Sudah Banyak Dikunjungi Turis Asing

Keindahannya Semoga Semakin Banyak Diketahui Wisatawan Lokal
Keindahannya Semoga Semakin Banyak Diketahui Wisatawan Lokal via Instagram/daisyjuliaaa

Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung, tergolong terpencil. Untuk menujunya, Teman Traveler harus naik ke atas bukit yang sempit, jalan berliku yang berbatasan dengan jurang, dan kesulitan lainnya. Walau demikian, tempat ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing lho, Teman Traveler. Jangan kaget ya, ketika sampai sini, banyak mas-mas dan mbak-mbak bule. Sementara itu, di kalangan wisatawan dalam negeri, destinasi cantik ini belum terlalu populer. Kita tunggu saja tanggal mainnya!

4. Snorkeling, Berenang atau Duduk di Perahu Menikmati Keindahannya

Salah Satu Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Laut 17 Pulau Riung
Salah Satu Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Laut 17 Pulau Riung via Instagram/mutiararihipake

Sesampainya di Taman Laut 17 Pulau Riung, Teman Traveler bisa melakukan aktivitas air seperti snorkeling, berenang atau sekadar duduk di perahu mengelilingi kawasan, menikmati airnya yang jernih dan lanskapnya yang sempurna. Jika Teman Traveler ingin berkemah, bisa juga kok. Karena di lokasi ini, cukup banyak wisatawan yang mendirikan tenda. Menyenangkan ya?

Kekayaan Indonesia memang tidak ada habisnya, Taman Laut 17 Pulau Riung menambah panjang daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi! Iya, kan?! Bagaimana, langsung tertarik memasukkan wisata ini dalam wishlist Teman Traveler, bukan?

Tags
Flores Indonesia Nusa Tenggara Timur taman laut 17 pulau riung Wisata
Share