Taman Banjarsari, Wisata Alam yang Cantik di Tengah Kota Solo

Advertisement
Advertisement

Solo punya daya tarik yang membuat siapapun jatuh cinta. Tidak hanya kuliner nendangnya seperti Nasi Liwet, kampung halamam Presiden Joko Widodo ini juga memiliki banyak tempat wisata yang tak ada duanya. Salah satunya Taman Banjarsari yang berada di tengah kota. Seperti apa keindahan dari destinasi wisata ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut.

Dulu Terkenal Kawasan Kumuh

Pintu masuk Taman
Pintu masuk Taman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Taman Banjarsari Surakarta adalah salah satu taman kota yang berada di kota Solo. Destinasi wisata ini sengaja dibangun untuk memanfaatkan lahan yang ada. Dulunya, kawasan tersebut dipakai untuk warga berjualan barang-barang antik. Akibatnya, lahan di sekitarnya tak terawat dan terlihat kumuh.

Lokasi Taman Asri di Kota Solo

Monumen Perjuangan
Monumen Perjuangan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Untuk menambah tempat bersantai di tengah kota, Pemerintah Kota akhirnya membangun taman ini. Sementara pedagang barang antik dipindahkan ke wilayah Ngarsopuro. Untuk sampai di sini, sangatlah mudah. Arahkan kendaraan menuju menuju Stasiun Solo Balapan. Sampai di perempatan Banjarsari, belok ke kiri dan dilanjutkan belok ke kanan. Tepat di belakang patung, belok kiri lagi. Taman istimewa ini bakal terlihat setelahnya.

Sempat Dibuat Empat Pintu

Duduk santai menikmati Taman
Duduk santai menikmati Taman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Awal dibangunnya Taman Banjarsari, banyak orang yang berdatangan untuk berkunjung ke sini. Empat pintu masuk digunakan demi memudahkan pengunjung. Sayangnya, pembukaan tersebut diikuti sosialisasi rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tak heran jika dulunya sedikit kotor dengan daun kering. Bahkan, taman ini malah digunakan pacaran.

Namun, pemandangan tersebut tidak ditemukan lagi. Kini, tempat istirahat di tengah kota ini terlihat cantik dan aduhai. Semua pintu ditutup dan hanya ada satu akses jalan masuk menuju ke dalamnya. Area parkir pun ditata dengan rapi. Nyaman banget dan bikin betah.

Kawasan untuk Olahraga Santai

Tempat Sepeda
Tempat Sepeda (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Selain untuk berteduh, kini banyak pengunjung yang datang dan memanfaatkan tempat ini untuk aktivitas olahraga. Bahkan, area parkir sepeda kayu berjejer rapi. Puncaknya, pengunjung akan membludak di Minggu atau hari libur. Selain tempat duduk yang nyaman, di sudut lain juga dibangun taman bermain untuk anak. Cocok nih, buat Teman Traveler yang ingin liburan bersama adik atau keponakan.

Tidak hanya asri karena dikelilingi pepohonan hijau, Taman Banjarsari merupakan solusi tepat untuk Teman Traveler yang mencari wisata gratis di Solo. Selain untuk bersantai, tempat ini juga bisa dijadikan tempat olahraga atau kumpul bersama keluarga dan sahabat.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo Surakarta Travelingyuk Wisata Solo
Share