Nasi Liwet Paling Enak di Solo, Gurih Manisnya Bikin Melongo

Isti

Isti

On Indonesia
Nasi Liwet Nasi Liwet

Kuliner enak dan legendaris tak hanya di Pasar Gede. Ternyata banyak sudut yang menawarkan makanan legendaris yang menjadi ciri khas kota Solo. Salah satunya nasi liwet, kuliner asli Kabupaten Sukoharjo yang kini makin banyak diburu oleh wisatawan. Penasaran di mana saja tempatnya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Nasi Liwet Yu Sani Hanya Buka di Malam Hari

Nasi Liwet Yu Sani
Nasi Liwet Yu Sani [image source]
Mirip dengan nasi uduk, kuliner khas Solo ini dimasak bersama dengan santan kelapa. Tak heran rasanya pun gurih. Nah, nasi liwet paling terkenal di Solo adalah milik Yu Nani yang bisa ditemukan di Veteran dan Solo Baru. Meski sederhana berdiri di atas trotoar, rasa hidangannya nikmat apalagi ditambah dengan lauk. Jangan sampai salah, kedai milik Yu Sani ini hanya buka di malam hari.

Nasi Liwet Yu Sani Solo
Nasi Liwet Yu Sani Solo [image source]

2. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang Berumur 67 Tahun

Nasi Liwet Bu Wongso lemu Solo
Nasi Liwet Bu Wongso lemu Solo [image source]
Nasi Liwet satu ini terletak di Jalan Keprabon Kulon. Seperti warung Yu Nani, tempat makan ini juga buka dari jam 4 hingga malam hari. Namun jangan salah, jam 8-an kuliner lezat dengan tambahan sayur labu siam ini sudah habis. Hal ini tidak lain karena kelezatannya tak berubah, meski sudah berjualan hingga lebih dari setengah abad.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu [image source]

3. Nasi Liwet Ibu Waris, Cocok untuk Sarapan

Nasi Liwet Bu Waris Solo
Nasi Liwet Bu Waris Solo [image source]
Nasi liwet atau juga dikenal dengan nama sego liwet biasa disajikan di atas pincukan daun pisang. Dari wadahnya tersebut membuat aroma makanan ini makin lezat. Begitu pula di kedai milik Ibu Waris yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Serengan. Buka sejak pagi hari, kamu bisa merasakan liwet manis yang tentunya cocok untuk sarapan.

Nasi Liwet Bu Waris
Nasi Liwet Bu Waris [image source]

4. Makan Kenyang di Warung Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi Solo
Nasi Liwet Bu Sarmi Solo [image source]
Tak kalah dengan Nasi Liwet Wongso Lemu, tempat makan milik Bu Sarmi ini juga banjir oleh pengunjung. Menu yang ditawarkan tentu saja nasi liwet lengkap dengan sayur labu siam bersantan kental serta ayam empuh nan gurih. Rasanya, tentu saja juara, apalagi jika sekalian mencoba susu segar di tenda Shi Jack yang berada tepat di warung milik Bu Sarmi. Kamu yang penasaran di mana letaknya, datang saja ke Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon.

Nasi Liwet Bu Sarmi
Nasi Liwet Bu Sarmi [image source]
Bukan hanya di pagi hari, nasi liwet khas Solo juga banyak yang buka di malam hari. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba kuliner lezat di atas? Jangan lupa ajak teman dan saudara ya!