Beragam Jenis Takjil dari Seluruh Dunia, Mana yang Pernah Kamu Coba?

Ada banyak tradisi yang hanya muncul di Bulan Ramadan. Selain berbuka bersama sambil reuni, mencari takjil untuk pembatal puasa sebelum menyantap makanan berat. Ada yang suka kolam pisan, juga jajanan lainnya. Ternyata tak hanya di tanah air tercinta kita, negara lain di dunia pun memiliki camilan khas. Ini dia beberapa jenis takjil dari seluruh dunia. Apa saja, ya?

1. Qatayef dari Yordania

Qatayef, takjil dari Yordania
Qatayef, takjil dari Yordania via Instagram/@kikiskitchenyt

Jenis takjil dari seluru dunia yang pertama terlihat menggoda, ya. Jajan ini namanya Qatayef, takjil khas Yordania. Kalau di Indonesia, kue ini seperti pancake atau panekuk. Terbuat dari bahan-bahan dengan nutrisi tinggi dan diisi dengan kacang-kacangan. Sebagai sentuhan terakhir yang menyempurnakan adalah siraman madu. Hmm, manis banget. Jadi ingin mencoba sendiri kan enaknya takjil dari Yordania ini?

Qatayef dari Yordania
Qatayef dari Yordania via Instagram/@manalzuckerschnute

2. Kaak dari Tunisia

Kaak dari Tunisia
Kaak dari Tunisia via Instagram/@halawiyatalmass

Ada juga Kaak, yaitu kue khas Tunisia yang sering dipilih untuk menjadi takjil. Kue yang satu ini mirip dengan roti panggang. Ada yang dibuat dengan isian, bisa pula kosongan. Jajan ini memiliki sifat yang sangat unik. Saat dipanggang, daging Kaak mengeras. Namun, saat dingin dan siap disantap, kue Kaak malah jadi super lembut. Bikin nggak bisa berhenti ngunyah. Apalagi taburan wijen di atasnya yang membuat takjil ini memiliki cita rasa manis. Cocok ya sebagai teman minum teh hangat. Ada yang pernah coba kue Kaak?

Kaak, Takjil dari Tunisia
Kaak, Takjil dari Tunisia via Instagram/@sarah_c_owens

3. Borek dari Turki

Borek dari Turki
Borek dari Turki via Instagram/@tatlilar_gulcandan

Jenis takjil dari seluruh dunia memang bikin penasaran. Sama seperti Borek, yaitu takjil khas keluarga-keluarga di Turki. Sepintas, Borek terlihat seperti martabak-martabak di Indonesia, ya? Ternyata sedikit berbeda. Borek dari Turki ini terbuat dari kue kering yang berlapis-lapis. Di dalamnya biasanya diisi dengan daging, sayuran, dan keju mozarella. Jangan heran bila di setiap rumah di Turki menyediakan camilan ini di meja untuk berbuka puasa.

Borek, takjil dari Turki
Borek, takjil dari Turki via Instagram/@validemborek

4. Tofu Fa dari Malaysia

Tofu Fa dari Malaysia
Tofu Fa dari Malaysia via Instagram/@littlecakehouse

Di Malaysia ada Tofu Fa, salah satu takjil khas di Bulan Ramadan. Kuliner yang satu ini mirip dengan tahu tahwa atau wedang tahu yang ada di negara kita. Tahu super lembut ini disajikan dengan kuah jahe. Masyarakat Negeri Jiran menyukai Tofu Fa sebagai pembatal puasa karena rasanya yang merupakan paduan dari hangat dan manis. Kalau berencana traveling ke Malaysia dan menghabiskan liburan Lebaran di sana, pastikan untuk mencoba sendiri bagaimana rasa dari Tofu fa. Beneran seperti tahwa atau tidak, ya.

Tofu Fa, Takjil dari Malaysia
Tofu Fa, Takjil dari Malaysia via Instagram/@top_hongkong_restaurants

Nah itu tadi beberapa jenis takjil dari seluruh dunia. Beberapa ada yang mirip dengan jajanan yang ada di tanah air, ya. Bagaimana, ada yang sudah pernah kamu coba?

Tags
kuliner Luar negeri Takjil dari Seluruh Dunia
Share