Tahukok YenYen, Kuliner Bangka Halal yang Enaknya Bikin Terbayang-bayang

Kuliner Indonesia memang banyak ragamnya. Jika Teman Traveler berkunjung ke Bangka Belitung, Tahukok menjadi hidangan yang wajib dicoba. Walau identik dengan menu tak halal karena terdiri dari daging babi, wisatawan muslim tetap bisa mencobanya di Tahukok YenYen, lho. Ada yang berbahan dasar ikan tenggiri. Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasan berikut!

Kuliner Favorit Warga Tionghoa

Kuliner Favorit Warga Tionghoa
Kuliner Favorit Warga Tionghoa, via Instagram/widiashufi

Tahukok merupakan salah satu masakan khas Bangka Belitung yang digemari oleh berbagai kalangan tak terkecuali warga Tionghoa di sana. Selain memiliki rasa yang lezat, kuliner ini juga mudah dibuat. Namun Tahukok identik dengan menu tidak halal karena ada yang terdiri dari daging babi.

Namun bukan berarti warga Indonesia yang muslim tak bisa menikmatinya. Karena saat ini tahukok ada yang berbahan dasar ikan tenggiri sehingga aman untuk dikonsumsi. Tahukok berarti tahu yang dipotong diagonal menjadi empat bagian. Setiap bagian diisi oleh daging ikan dan sagu untuk kemudian digoreng atau dikukus.

Tahukok Halal Pertama

Tahukok YenYen
Tahukok YenYen, via Instagram/eira_aurelia

Teman Traveler yang muslim tetap bisa menyantapnya di Tahukok YenYen karena hidangan ini terdiri dari daging ikan tenggiri pilihan sehingga halal untuk dikonsumsi. Satu mangkok biasanya terdiri dari bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, tahu ikan kukus, tahu ikan goreng, fukian atau kulit tahu, lalu disiram dengan kuah kaldu yang panas. K

uliner satu ini memang paling pas disantap ketika musim dingin karena ampuh hangatkan tenggorokan sekaligus mengenyangkan. Langsung ingin pesan, kan?

Rasa yang Bikin Nagih

Punya rasa yang bikin nagih
Punya rasa yang bikin nagih, via Instagram/mei_me123

Mempunyai cita rasa khas, itulah yang membuat Tahukok masih bisa bertahan hingga kini. Kaldunya terdiri dari air kacang kedelai yang direbus dalam waktu lama sehingga menimbulkan rasa manis. Agar makin mantap, tambahan bawang merah, bawang putih goreng, dan irisan daun bawang membuat rasanya jadi lebih gurih sekaligus bikin nagih. Hidangan biasanya disantap dengan sambal tauco untuk dicocol.

Menariknya lagi, karena berbahan dasar tenggiri membuat kuliner ini kaya akan manfaat. Karena dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, cegah sel kanker, dan penyakit jantung.

Lokasi dan Harga

Lokasi dan harga
Lokasi dan harga, via Instagram/jenniews

Tak perlu ragu lagi, langsung saja kunjungi Tahukok YenYen yang beralamat di Jl. Yang Zubaidah No.148 atau yang lebih dikenal dengan Kampung Bintang, Rangkui. Rumah makan ini buka setiap hari mulai kecuali Minggu dari jam 08.00 hingga pukul 21.00 malam. Untuk dapat menikmati satu porsinya siapkan saja budget mulai Rp20 ribuan.

Bagaimana, makin tertarik untuk mencicipi Tahukok YenYen? Jangan lupa juga untuk menjajal kuliner Bangka lainnya yha!

Tags
Bangka Indonesia kuliner tahukok yenyen
Share