Liburan ke Bangka, Yuk Incip Mie Khasnya di 4 Tempat Ini

Tak jauh beda dengan Belitung, Bangka memiliki banyak pantai eksotis. Keindahan alam inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk liburan ke pulau ini. Namun, pesona pantai bukanlah satu-satunya hal yang menarik dari Bangka. Makanan khas yang berbahan dasar mie juga menyedot perhatian. Apalagi kedai mie di Bangka berikut ini.

1. Mie Lokut (Non-Halal)

Mie Lokut
Mie Lokut via instagram/@ken_kendyy

Siapa yang tak kenal dengan Mie Lokut. Warung makan yang berada di Semabung Baru, Bukit Intan, Pangkal Pinang ini terkenal karena termasuk kedai legendaris di Bangka. Tepatnya sudah berjualan dari tahun 1982. Menu di kedai ini tidak hanya mie, tapi juga ada nasi tim yang berupa seporsi nasi dicampur dengan potongan ayam rebus berukuran besar. Selain itu, ada juga sui mi fun atau bihun kuah dan song sui atau jeroan babi. Rasanya enak loh, apalagi masih dalam keadaan hangat.

2. Mie Awen (Non-Halal)

Mie Awen
Mie Awen via instagram/@yuliochandra

Tempat berikutnya yang menyediakan mie khas Bangka ada di area Kampung Bintang. Namanya kedai Mie Awen yang menggunakan garasi sebagai tempat makan dan gerobak sederhana untuk dapur. Buka dari jam 9 pagi hingga pukul 2 sore, menu andalan di sini berupa mie kering yang isinya berupa daging babi cincang, tauge, dan irisan bawang di atasnya. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi mi ini hanya Rp15.000. Terjangkau banget kan?

3. Mie Koba Iskandar

Mie Koba Iskandar
Mie Koba Iskandar via instagram/@moehari

Sesuai dengan namanya, kedai di Jalan Balai, Kob, Pangkal Pinang ini miliki pria bernama Iskandar. Berkat tangan dingin Pak Iskandar, kedai tersebut bisa bertahan lebih dari 20 tahun lamanya. Resep yang digunakan turun temurun dari orang tuanya tanpa bantuan mesin. Sajian utama di sini berupa mie koba yang memiliki tekstur tipis, lembut dan tidak kenyal. Sementara kuahnya berasal dari berbagai bahan mulai dari ikan tenggiri, cengeh, pala, kayu manis, ketumbar, hingga gula aren. Rasanya, bikin ketagihan.

4. Bakmi Asu (No-Halal)

Mie Asu
Mie Asu via instagram/@franzeskayuli

Berikutnya kuliner yang bisa saat liburan ke Bangka adalah Bakmi Asu. Warung makan ini terletak di Pasar Padi yang cukup rekomended untuk sarapan pagi. Lebih tepatnya di Jalan Pegadaian, Pangkal Pinang Seporsi mie di sini disajikan kering tanpa kuah. Selain itu, ada tambahan bakso ikan & sapi, fukian, pangsit dan pastinya babi cincang. Agar rasanya makin sempurna, tambahkan perasan jeruk di atasnya.

Nah, itulah rekomendasi tempat mie di Bangka yang rasanya juara. Sudah siap untuk jelajah pantai di Pulau Bangka? Jangan lewatkan sarapan di empat tempat di atas ya!

Tags
Bangka bangka belitung Indonesia Kuliner Bangka
Share