Tahu Teck Teck Pak Ali yang Melegenda di Surabaya, Lucu Namanya Juara Enaknya

Advertisement

Tahu Tek merupakan kuliner asal Surabaya yang terbilang memiliki sejarah penamaan yang unik. Terbentuk dari penjual yang keliling kampung menggunakan gerobak dorong dengan ciri khas penjualnya memukul-mukul wajan atau tempat penggorengan, sehingga berbunyi tek-tek. Ada banyak penjual tahu tek-tek di Surabaya, salah satu yang tersohor adalah Tahu Teck Teck Pak Ali. Apa istimewanya?

Kuliner Legedaris yang Sudah Ada Sejak Tahun 1960-an

Menu Tahu Telur, via Instagram/nongkrong_surabaya
Menu Tahu Telur, via Instagram/nongkrong_surabaya

Perintis Tahu Teck Teck di Surabaya, Haji Ali awalnya bertani di Lamongan, Jawa Timur. Namun, lantaran banyak pemuda di desanya yang mencoba keberuntungan di Surabaya, Ali muda pun turut mengikuti arus tersebut. Singkat cerita, Ali muda iseng untuk menjual tahu tek keliling di daerah Kauman, Peneleh sekitar tahun 1962.

Tahu Tek Pak Ali, via Instagram/nusantarafoodies
Tahu Tek Pak Ali, via Instagram/nusantarafoodies

Awalnya iseng, namun di tengah perjalanan ia serius menekuni usahanya. Memasuki tahun 1970-an, Haji Ali pindah ke Jl. Dinoyo untuk membuka warung miliknya sendiri. Dengan jatuh bangun membangun bisnis kulinernya, saat ini Haji Ali telah memiliki cabang dan tahu teknya masuk ke dalam jajaran legendaris Surabaya. Tidak sendirian, Haji Ali telah dibantu oleh anaknya.

Rahasia Kenikmatan dari Tahu Teck Teck di Surabaya

Tempat makan rekomended, via Instagram/infinitysby
Tempat makan rekomended, via Instagram/infinitysby

Bisa bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya, tentu saja Haji Ali memiliki rahasia tersendiri. Ternyata salah satu rahasianya adalah semua bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tahu tek ataupun menu-menu lainnya adalah terjamin kesegaran dan kebersihannya.

Tidak hanya itu, Haji Ali selalu menerapkan P5K, yakni pekerja keras, ketrampilan, kesopanan, kedisiplinan, kerajinan, dan keuntungan.

Langganan Artis dan Para Pejabat

Tahu tek dengan citarasa wenak, via Instagram/samurai_jagoan
Tahu tek dengan citarasa wenak, via Instagram/samurai_jagoan

Saat kamu masuk ke dalam warung Tahu Teck Teck Pak Ali, akan banyak foto-foto artis terpajang di dinding, juga para pejabat. Kuliner Surabaya ini berada di Jl. Dinoyo No. 147 A, Surabaya. Bukanya mulai dari jam 17:00-24:00 WIB. Menunya antara lain tahu teck teck (tahu tek), tahu telor, soto ayam, dan beberapa jenis minum. Menu utamanya dibanderol mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp20.000.

Traveling ke Surabaya tanpa mencoba berbagai kuliner khasnya adalah hal yang sangat disayangkan. Maka dari itulah Teman Traveler, selalu sempatkan waktu untuk mencicipi kuliner-kuliner enak di destinasi wisata, seperti halnya jika di Surabaya, Tahu Teck Teck Pak Ali jadi rekomendasi.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya tahu teck-teck Pak Ali
Share