Sumber Hidangan Braga, Toko Roti Klasik dari Zaman Belanda

Advertisement

Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Bandung, Jalan Braga adalah kawasan wajib untuk disambangi. Di sini kalian bakal temukan banyak resto dan kafe keren untuk nongkrong. Namun salah satu yang pantang dilewatkan adalah Sumber Hidangan, sebuah tempat bernuansa klasik di Jl. Braga no. 20-22 yang sudah eksis sejak zaman kolonial.

Toko Kue Bernuansa Klasik

tyimg_9438_5rp.JPG
Pintu masuk Sumber Hidangan, dihiasi banyak lukisan (c) Lina Auliani/Travelingyuk
tyimg_9435_cXB.JPG
Tempat duduk utama (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Sumber Hidangan merupakan sebuah toko yang menawarkan beragam roti sebagai sajian unggulan. Beda dari tempat sejenis, atmosfer yang ditawarkan di sini terasa sangat klasik. Lampu hias, kursi, meja, dan lantainya tampak usang. Namun demikian, semuanya justru pancarkan aura masa lalu yang terasa begitu unik.

Beragam Roti Unggulan

tyimg_9432_JB3.JPG
Etalase dengan roti yang hampir habis (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Saya sendiri sempat memesan croissant ketika mampir ke sini. Sayangnya, sajian satu ini jumlahnya terbatas. Hanya dibuat 10 buah per hari.

Uniknya lagi, hampir semua nama menu di sini menggunakan Bahasa Belanda. Jika Teman Traveler merasa kurang familiar, bisa coba bertanya pada petugas ya, agar tidak kebingungan.

tyimg_9425_VQU.JPG
Cinnamon Roll dan Roti Isi Ayam (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Saya juga sempat membeli cinnamon roll dan roti isi ayam. Masing-masing dibanderol Rp15.000 saja. Murah banget bukan? Oh ya, di sini Teman Traveler hanya bisa membayar cash ya. Jadi jangan sampai lupa siapkan uang tunai.

Menikmati Suasana Tempo Dulu

tyimg_9426_soV.JPG
Meja kasir di Sumber Hidangan (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa memilih banyak tempat duduk. Namun jangan lupa untuk berkeliling melihat suasana di sekitar toko. Kalian bakal melihat beberapa etalase dan hiasan berisi deretan foto atmosfer bakery di masa lalu serta sejumlah penghargaan lainnya.

tyimg_9423_GAb.JPG
Salah satu area duduk (c) Lina Auliani/Travelingyuk
tyimg_9430_QH4.JPG
Etalase foto dan penghargaan (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pegawai toko di sini juga tetap menjaga kebersihan sekitar. Begitu pengunjung pergi meninggalkan tempat duduk, selalu ada petugas yang siap membersihkan meja dan merapikan kursi. Benar-benar pelayanan yang luar biasa dan patut diacungi jempol.

tyimg_9420_uVP.JPG

Sumber Hidangan sendiri buka antara pukul 09.00 hingga 16.00. Namun menurut informasi dari seorang teman, toko ini biasanya tutup sejenak di siang hari. Hal ini konon sudah jadi tradisi sejak zaman Belanda.

Buat Teman Traveler yang menyukai suasana vintage, tempat ini sangat direkomendasikan. Berdiri sejak 1929, atmosfer klasik yang ditawarkan benar-benar terasa otentik. Semua interiornya sengaja tidak diubah sama sekali sejak dulu.

Itulah sedikit ulasan mengenai Sumber Hidangan, sebuah toko kue klasik yang bisa Teman Traveler sambangi di Jl. Braga. Jangan lupa mampir jika kalian sedang jalan-jalan di Bandung ya. Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Bandung kontributor kuliner bandung Travelingyuk
Share