Coban Canggu, Spot Sejuk di Tengah-tengah Teriknya Mojokerto

Advertisement

Air terjun di Jawa Timur tak hanya dimiliki oleh Kota Malang. Tapi juga berada di Mojokerto yang bernama Coban Canggu. Keindahannya mampu menarik banyak orang untuk berkunjung ke sini. Kalau kalian penasaran, bisa simak ulasan berikut ini.

1. Lokasi Air Terjun

coban canggu
Air terjun dari depan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Coban Canggu adalah salah satu destinasi wisata air terjun alami yang dimiliki Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini terletak di komplek wisata pemandian air panas Pacet, hanya berbeda jalannya. Untuk menuju air terjun, kalian butuh waktu sekitar 1 jam saja dari pusat Kota Mojokerto ataupun dari Kota Wisata Batu dengan melewati jalur Cangar ke arah Pacet.

2. Sarana & Prasarana yang Kian Diperbaiki

coban canggu
Tempat parkir (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke area ini pertama-tama kalian harus membayar karcis sebesar Rp7.500. Lalu kalian juga wajib membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp7.000 untuk mobil. Tak perlu khawatir dengan keamanan, karen tempat parkir dijaga oleh petugas.

coban canggu
Tangga menuju air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi air terjun yang berada jauh di bawah perbukitan Pacet ini membuat kita harus menuruni anak tangga. Untungnya anak tangga ini sudah dilengkapi pagar besi di kanan-kirinya yang memudahkan pengunjung untuk melintasinya. Selain itu anak tangga ini lumayan luas, yang memungkinkan pengunjung leluasa beristirahat tanpa membuat pengunjung lain terhalang jalannya.

coban canggu
Jalan menuju air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

3. Keindahan Alam di Sekitar Coban Canggu

coban canggu
Pemandangan sebelah tangga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun jalanan menuju lokasi cukup jauh, kalian jangan putus asa. Rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan hamparan persawahan terasering yang sangat memukau di sepanjang tepian jalan menuju lokasi air terjun. Pemandangan hijaunya lereng Gunung Arjuno-Welirang berpadu dengan indahnya sawah tentu menjadi hiburan tersendiri 

coban canggu
Terasering (c) Welly Handoko/Travelingyuk

4. Tersedia Tempat Bermain dan Area Selfie

Area taman bermain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Datang ke air terjun dengan membawa anak kecil, tentu bukan masalah. Tepat beberapa meter menuruni anak tangga dari pintu masuk, kalian bisa menemukan arena bermain anak, lengkap dengan gazebo untuk bersantai. Di arena bermain ini ada beberapa pilihan mainan, seperti ayunan, prosotan, jungkat jungkit, dan beberapa mainan lainnya.

Tulisan Air Terjun Coban Canggu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Buat yang ingin berfoto untul mengabadikan momen, di sebelah kanan pintu masuk kalian akan menemukan tulisan “Air Terjun Coban Canggu” yang berwarna-warni. Cocok sekali untuk kita berfoto sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung ke Coban Canggu.

Spot foto (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau masih belum puas, kalian bisa sedikit turun ke bawah dan akan menemukan spot selfie. Spot foto ini langsung menghadap ke sebuah pemandangan persawahan indah dan juga perbukitan.

5. Kemegahan Air Terjun yang Menghipnotis Mata

Air terjun dari samping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah perjalanan panjang menuruni lika-liku anak tangga, lelah kita akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang sangat indah dan menyejukkan. Dengan dinding bebatuan yang sangat indah dan tumbuhan hijau di kanan-kirinya membuat air terjun ini terlihat cantik.

Bagian bawah air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat musim penghujan, kolam air yang ada di bawah air terjun ini sangat melimpah sekali. Bahkan beberapa pengunjung bisa bermain air walaupun di tepian. Tapi saat musim kemarau, air tidak sebanyak musim hujan dan kitapun dilarang bermain tepat di bawah air terjun, mengingat kedalamannya yang lumayan dan juga licin.

6. Ada Fasilitas Lain

Mushola dan kedai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di tempat ini, pengelola juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan mushola. Lokasinya tepat di tangga turunan gapura masuk Coban Canggu. Selain itu, tepat di sampingnya kita bisa menemukan sebuah warung, jadi kita bisa sekalian istirahat melepas lelah setelah berjalan jauh dari air terjun.

Itulah sekelumit info mengenai Coban Canggu. Kalian bisa mampir ke sini kalau bosan berlibur ke candi saat di Mojokerto. Bagaimana, sudah siap untuk menikmati indahnya air terjun ini?

Advertisement
Tags
Coban Canggu Indonesia Jawa Timur kontributor Mojokerto Wisata
Share