Srawung Resto, Nikmati Menu Nusantara di Tempat Bernuansa Klasik

Jogja tak pernah berhenti menghadirkan tempat makan apik di setiap sudutnya. Kali ini datang di daerah Kalasan dengan nama Srawung Resto. Masih baru, resto ini memiliki suasana tempat yang nyaman dan asri. Hidangan yang disajikan pun boleh diadu dengan resto lainnya. Tapi, pelayanan di sini juara lho. Nah sebelum Teman Traveler berencana ke sini, ada baiknya baca dulu ulasannya ya.     

Resto Berkonsep Tradisional Jawa

srawung resto
Bagian depan resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Srawung merupakan resto yang masih tergolong baru di Jogja bagian timur. Dalam bahasa Jawa, Srawung berarti silaturahmi. Menurut pihak resto, Srawung diharapkan sebagai tempat yang bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi sekaligus pelepas penat dan bersantap.

Resto ini berada di Jalan Cangkringan, Tegal Sari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Untuk konsepnya, rumah makan satu ini mengambil tema tradisional dengan bangunan yang didominasi material kayu.

Berada di Tengah Sawah

srawung resto
Pemandangan sawah di sekitar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Hadirnya gerobak sapi di depan dan gubuk di sisi kiri resto menambah kental nuansa tradisional. Sangat matching dengan suasananya yang berada di tengah persawahan. Ya, di sekeliling resto ini merupakan persawahan.

Meski begitu, tempat yang ditawarkan sangat memanjakan mata. Asri dan sejuk karena bisa merasakan semilir angin yang berhembus. Apabila beruntung kalian juga bisa menyaksikan para petani yang sedang beraktivitas di ladang.

Pelayanan yang Juara

srawung resto
Menu dari resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski resto ini memiliki konsep tradisional, namun pelayanan yang diberikan tak kalah dengan restoran mewah bintang lima. Dari depan, kalian akan disambut oleh salah satu pegawai dengan ramah. Sampai di meja makan, kalian akan dilayani dengan baik hingga pesanan datang.

Namun sebelum pesanan datang, pengunjung akan mendapatkan welcoming snack. Tak ketinggalan, peralatan makan akan ditata rapi di meja sebelum makanan datang. Pelayanan seperti ini jarang sekali ditemui di restoran konsep tradisional lainnya yang berada di Jogja.  

Banyak Spot Menarik

srawung resto
Eksterior klasik yang apik (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Hal lain yang membuat betah di Srawung Resto adalah tempatnya yang luas. Banyak spot duduk dengan banyak meja dan kursi yang terbagi di beberapa area, yaitu indoor maupun outdoor. Untuk area outdoor, terdapat di tengah resto dan sisi bagian utara yang langsung berbatasan dengan padi.  Sedangkan untuk area indoor ada di depan dan belakang.

20191117_165707_01_3200x1800_ZHK.jpeg
Area outdoor (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Sementara di sisi selatan, Teman Traveler akan mendapati area rumput hijau dengan lampu-lampu menggantung yang akan berubah jadi syahdu ketika malam hari. Area ini tak jarang dijadikan spot berfoto bagi pengunjung.     

Banyak Kuliner Nusantara

20191117_163431_01_3200x1800_BHh.jpeg
Pilihan menu resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Beragam menu berat bisa Teman Traveler nikmati di sini. Banyak menu menggugah selera dengan cita rasa khas Nusantara seperti aneka lauk ikan, lauk daging, lauk unggas, dan sayuran. Sebut saja ikan nila sambal matah, ikan patin bakar bumbu rujak, lodeh iga sapi, ayam ingkung, bebek goreng, dan masih banyak lainnya. Selain menu-menu tersebut, resto ini juga memiliki menu Indonesian fave yang tentunya pantang untuk dilewatkan seperti lontong cap gomeh dan nasi langgi.  

20191117_165606_01_3200x1800_VxS.jpeg
Nasi Langgi (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk Nasi langgi disajikan dengan porsi yang mengenyangkan. Terdiri dari nasi putih, ayam suwir, telur dadar iris, keripik kentang, sambal, serundeng, dan kerupuk. Perpaduan rasa yang nikmat dari gurih, manis, dan pedas. Kehadiran areh pada sambal dan ayam pun membuat nasi langgi menjadi semakin nikmat. Untuk bisa menikmatinya, Teman Traveler perlu menyiapkan uang sebesar Rp34.000 per porsi.  

20191117_165617_01_3200x1799_No7.jpeg
Tempe Mendoan dan sambal kecap (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain makanan berat, Teman Traveler juga bisa memesan snack. Untuk snack manis ada carang gesing, pis kopyor, jenang komplit, tahu tempe bacem, dan pisang goreng. Sementara untuk snack gurih, Teman Traveler bisa pesan singkong goreng, mendoan, dan bakwan jagung.

Satu porsi snack dibanderol mulai Rp16.000 dengan porsi sharing menu. Sementara untuk menu makanan berat bisa dinikmati dengan harga mulai Rp20.000 saja. Soal rasa, tidak diragukan lagi ya. Nendang dan mampu menggoyang lidah.    

Bisa Seruput Jamu Segar

20191117_163831_01_nZ4.jpeg
Es Beras Kencur (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain menu pengganjal perut, tentu tak ketinggalan menu penyegar dan pelepas dahaga. Di Srawung Resto, yang menjadi menu andalannya adalah jamu. Ada jamu seperti es beras kencur, es kunyit asam, dan es gula asem menjadi menu yang patut dicoba.

Penyajiannya cukup unik, di mana jamu disajikan dengan gelas lengkap dengan botolnya sekaligus. Tapi botol dalam keadaan terbalik. Jika Teman Traveler kurang bersahabat dengan jamu, kalian juga bisa pesan minuman segar lainnya seperti es legen, es dawet, bir pletok, wedang secang, teh poci, dan masih banyak lagi. Untuk menu minuman dibandrol dengan harga mulai Rp14.000.    

Jujugan Semua Kalangan

20191117_172630_01_3200x1790_rQu.jpeg
Prasmanan untuk berbagai acara (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak salah kalau resto ini selalu ramai dikunjungi oleh rombongan. Tempatnya yang asyik dan makanannya yang nendang, membuat Srawung menjadi tempat favorit bagi semua kalangan. Meski tergolong baru, namun resto ini sudah sering jadi andalan bagi pengunjung untuk mengadakan acara seperti ulang tahun, tour, dan meeting.

Datang dari pegawai kantoran, instansi sekolah, hingga komunitas anak muda. Jika mengadakan acara di sini, tersedia fasilitas prasmanan dengan menu paket pilihan. Tapi tentu saja sebelumya perlu reservasi terlebih dahulu.  

Nah, tunggu apalagi? Buka dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB, tempat ini bisa jadi andalan untuk makan pagi hingga makan malammu. Fasilitas resto yang disediakan juga cukup baik. Tersedia mushola, toilet, area parkir yang sangat luas, dan free WiFi. Ajak teman atau keluarga mampir ke Srawung ya. Yuk rencanakan bersantap kalian di Srawung Resto. Selamat mencoba!

Tags
Indonesia kontributor kuliner Sleman Srawung Resto Yogyakarta
Share