Eksotisnya Ombak Kepulauan Mentawai, Spot Surfing yang Telah Mendunia

Advertisement

Indonesia memiliki banyak spot berselancar yang diburu oleh wisatawan mancanegara. Tak hanya kelas amatiran, namun surfer profesional pun juga sering menjadikan Zamrud Khatulistiwa ini sebagai destinasi pilihan mereka. Seperti, team surfing internasional dari Redbull yang pernah menggarap video berjudul Indonesia’s Surfing Treasure pada Mei 2017. Selain di Pulau Lombok dan Bali, ternyata masih terdapat spot lain. Salah satunya adalah Kepulauan Mentawai.

1. Pulau Masokut

Ombak di Pulau Masokut [image source]
Masokut termasuk salah satu pulau di Mentawai yang menarik banyak wisatawan. Selain menikmati keindahan pantai, bermain di atas ombak adalah kegiatan favorit mereka. Pulau yang bersebelahan dengan Siberut ini juga menyediakan beberapa akomodasi dan surf camp. Jadi, berminat untuk menjajal berselancar di sini?

Potensi ombak paling dicari [image source]

2. Pulau Siberut

Laut Pulau Siberut [image source]
Siberut adalah pulau terbesar di Mentawai. Luasnya Mencapai 4.030 kilometer persegi dan menjadi rumah bagi suku asli Mentawai. Tak hanya budayanya, namun ombak eksotis yang menggulung hingga 3 meter juga menjadi magnet untuk memikat para penghobi olahraga ekstrem. Pananggelat dan Mainuk adalah dua spot utama yang diburu para peselancar.

Pulau terbesar dengan jumlah spot paling banyak di Mentawai [image source]

3. Pulau Sipora

Senja di Pulau Sipora [image source]
Sipora dikenal dengan nama Pulau Surfing karena memiliki beberapa titik spot selancar kelas dunia.  Setidaknya ada tujuh titik terbaik yang disebut Hollow Trees, Lance’s Left, Telecopes, Mancaronies, Iceland dan Scarcrows. Keindahan dari ombak tersebut membuat Pulau Sipora sering menjadi lokasi untuk kejuaraan internasional.

Hingga dikenal sebagai Pulau Surfing [image source]

4. Pulau Sikakap

Ombak di Pagai Utara Pulau Sikakap [image source]
Sikakap, adalah sisi lain dari Kepualauan Mentawai yang sudah terkenal sebagai kawasan surfing taraf internasional. Salah satu yang terkenal dan menjadi favorit adalah Pagai Utara. Selain sebagai spot untuk berselancar, beberapa wisatawan yang datang ke sini juga mencoba memancing ikan.

Ombak yang tak kalah ganas [image source]
Kamu memiliki hobi surfing atau gemar melihat olah raga ini? Biasanya di bulan Agustus, selalu ada event surfing yang digelar di Kepulauan mentawai. Segera dicatat di agendamu ya.

Advertisement
Tags
kepulauan mentawai Spot Surfing Indonesia Sumatera Barat Wisata Alam
Share