Berani? Spot Angker di Gunung Ini, Keindahannya Menyimpan Cerita Misteri

Teman Traveler yang hobi mendaki, tidak akan asing dengan spot berikut ini. Mereka adalah beberapa spot angker di gunung yang kemisteriusannya sudah didengar oleh telinga demi telinga. Namun, apa itu menurunkan minat banyak orang untuk menaklukkan gunung-gunung di Indonesia yang memang punya banyak sekali cerita menyeramkan? Sepertinya tidak, ya. Nah! Khusus untuk Teman Traveler yang berencana mendaki salah satu gunung di Indonesia berikut ini, titik-titik menyeramkan sudah menunggu. Berani?

1. Alas Lali Jiwo – Gunung Arjuno Malang

Pohon di Alas Lali Jiwo, Saksi Misteri
Pohon di Alas Lali Jiwo, Saksi Misteri via Instagram/ferdi.na

Alas Lali Jiwo atau Hutan Lali Jiwo, ditumbuhi oleh pohon-pohon Cemara. Salah satu spot angker di Gunung Arjuno ini akan Teman Traveler temui saat melintasi jalur Lawang. Bentuk dari Alas Lali Jiwo seperti mengitari Arjuno.

Dari sini, medan sudah mulai terasa menanjak. Di kawasan ini, banyak terjadi peristiwa yang tidak masuk akal. Beberapa pendaki, sering mengalami hal-hal mistis, seperti mendengar suara gamelan dan tersesat jika tidak berhenti saat mendengarnya. Siapa pun yang punya hati kotor, konon akan disesatkan oleh bangsa jin yang mendiami kawasan tersebut.

2. Segara Anak – Gunung Rinjani

Siapa Sangka Keindahan Segara Anak Punya Cerita Mistis Juga
Siapa Sangka Keindahan Segara Anak Punya Cerita Mistis Juga via Instagram/aankbae

Salah satu titik yang akan Teman Traveler jumpai saat mendaki ke Gunung Rinjani adalah Segara Anak. Danau ini masih dikeramatkan hingga kini oleh Suku Sasak dan masyarakat Hindu yang tinggal di Lombok. Karena itu, di lokasi ini, kerap berlangsung ritual atau upacara suci yang salah satunya digelar untuk menghormati Dewi Enjeni. Konon, kaldera ini merupakan gerbang menuju dimensi lain. Tidak dianjurkan bagi siapa pun untuk berenang atau punya niat jahat.

3. Surya Kencana – Gunung Gede Pangrango

Aura Mistis Terasa di Surya Kencana
Aura Mistis Terasa di Surya Kencana via Instagram/riyanhidayat73

Spot angker di gunung selanjutnya, hanya akan Teman Traveler temukan saat mendaki Gunung Gede Pangrango. Namanya adalah Surya Kencana. Ia berbentuk lembah yang letaknya ada di tengah Gunung Gede dan Gunung Gemuruh.

Di spot ini, banyak pendaki berkemah sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Menurut cerita, tegalan seluas kurang lebih 50 hektar ini adalah hunian para tentara gaib yang dipimpin oleh Pangeran Surya Kencana. Di tempat ini, sering terdengar suara gemuruh kaki kuda yang berlarian, tanpa terlihat wujudnya.

4. Jalur Candi Cetho – Gunung Lawu

Salah Satu Spot di Jalur Candi Cetho yang Misterius
Salah Satu Spot di Jalur Candi Cetho yang Misterius via Instagram/rembonbon

Jalur Candi Cetho merupakan jalur tercepat untuk menuju Puncak Lawu, tapi juga merupakan yang paling angker. Selain kontur tanjakan yang terjal dan curam, di lokasi ini sering turun kabut yang membatasi jarak pandang, salah-salah melangkah, jurang di bawah bisa membahayakan.

Gunung Angker di Indonesia
Gunung Angker di Indonesia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Selain itu, Jalur Candi Cetho juga merupakan salah satu spot angker di gunung ini. Ia dipercaya sebagai pelintasan menuju alam gaib. Para pendaki sering mendengar suara ramai seperti ada sebuah pasar. Bahkan, jika mendengar suara seperti sedang menawari barang, Teman Traveler harus membuang apa saja di lokasi tersebut, selayaknya jual beli.

5. Pasar Bubrah – Gunung Merapi

Di Pasar Bubrah Sering Terdengar Suara Gamelan
Di Pasar Bubrah Sering Terdengar Suara Gamelan via Instagram/oliklolita

Pasar Bubrah di kawasan Gunung Merapi, sering dijadikan lokasi berkemah oleh para pendaki. Ini karena lokasinya sudah dekat dengan puncak Gunung Merapi. Menurut banyak cerita, di lokasi ini sering terdengar suara gamelan dan gending Jawa yang disusul suara ramai layaknya pasar. Para pendaki yang berkemah di kawasan ini, hampir pasti akan merasakan nuansa mistis yang kental. Tetap berani?

6. Arcopodo – Gunung Semeru

Arcopodo yang Sampai Sekarang Masih Misteri
Arcopodo yang Sampai Sekarang Masih Misteri via Instagram/langit_mahameru3676

Spot angker di gunung yang terkenal sebab film 5 Cm, boleh dikatakan cukup banyak. Salah satunya adalah Arcopodo. Teman Traveler akan menemukan kawasan ini setelah melintasi hutan. Arcopodo berbentuk tanah lapang dengan misteri yang sampai kini belum terpecahkan. Yaitu keberadaan dua buah arca peninggalan Kerajaan Majapahit.

Konon, tidak semua orang bisa melihat arca tersebut. Selain itu, mereka yang melihatnya pun, punya cerita yang berbeda versi. Sebagian menyatakan bahwa arca di kawasan itu setinggi anak kecil, sebagian lagi mengatakan bahwa arcanya setinggi raksasa sehingga dapat dilihat dari jauh.

Beberapa spot angker di gunung-gunung kebanggan Indonesia tersebut, nyatanya tidak mengurangi tekad dan keberanian para pendaki. Cerita mistis, menjadi bumbu yang mempersedap pendakian. Selama di lokasi, Teman Traveler hanya perlu berhati-hati, baik dalam perkataan atau perbuatan. Setuju, kan?

Tags
Alam Indonesia spot angker di gunung Wisata Wisata Alam
Share