Kuliner Gulai Tambusu dari Kawasan Bukittinggi, Pembuatannya Sungguh Unik

Advertisement

Bukittinggi tak hanya terkenal dengan Jam Gadang dan wisata Ngarai Sianok, kota ini ternyata memiliki kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan, yaitu nasi Kapau. Penggemar nasi Padang dijamin juga akan menyukai masakan satu ini. Sayur yang disediakan di warung nasi Kapau beragam, seperti gulai, dendeng balado, dan banyak lagi. Tak pernah disajikan sendiri, pendamping nasi Kapau yang selalu ada yaitu gulai tambusu. Seperti apa gulai tambusu itu? Yuk baca lebih lanjut.

Buatan Penduduk Asli Kapau

Nasi Kapau Buatan Penduduk Asli via Instagram @galeriminang

Kapau merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kabupaten Agam. Namun karena letaknya yang dekat dengan wilayah Kota Bukittinggi, Kapau lebih dikenal sebagai daerah di kawasan Bukittinggi. Desa ini memiliki makanan khas yang bernama nasi Kapau. Merupakan nasi campur dengan berbagai macam lauk yang bisa dipilih sendiri.

Warung Nasi Kapau

Warung Nasi Kapau via Instagram @riosapta

Teman Traveler bisa melipir ke Pasar Atas Bukittinggi untuk menjajal nasi kapau. Di sepanjang lorong pasar, berjejer warung yang menjual kuliner khas Nagari Kapau ini. Sekilas mirip dengan warung nasi Padang, hanya saja terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Sayur di warung nasi Kapau diletakkan di dalam baskom besar dan ditumpuk di atas meja yang posisinya lebih rendah dari sang penjual, sehingga memudahkan saat mengambil sayur. Sedangkan warung nasi Padang meletakkan sayur di dalam etalase. Selain itu, mengambil sayur menggunakan sandua yaitu sendok terbuat dari batok kelapa yang panjangnya mencapai 80 centimeter. Wah unik sekali !

Usus Sapi Isi Telur

Usus Isi Telur via Instagram @minangtourism

Terbuat dari usus sapi yang sudah dibuang bagian dalamnya dan dicuci sampai bersih. Terdapat trik agar usus tidak berbau menyengat yaitu dengan memasukkan bawang utuh ke dalam usus yang berguna untuk menggelontor kotoran saat usus dicuci. Selain sapi, bisa juga menggunakan usus kerbau. Hanya saja proses memasaknya akan membutuhkan waktu cukup lama.

Isi tambusu adalah adonan telur ayam atau telur bebek yang dicampur dengan berbagai rempah – rempah khas Kapua. Setelah usus bersih sempurna, adonan telur dimasukkan ke dalam usus menggunakan corong. Lalu ujung usus dililit agar isi tambusu tidak berserakan. Kemudian dimasak gulai sampai matang dan tambusu mengembang.

Temukan Gulai Tambusu di Warung Nasi Kapau

Gulai Tambusu di Antara Sayur Lain via Instagram @mrs.arifitria

Berbagai sayur disediakan di warung Nasi Kapau, sebagian besar berupa gulai. Teman Traveler akan menemukan penganan yang bentuknya mirip sosis jumbo ini di deretan sayur warung nasi Kapau. Menikmati gulai tambusu lebih nikmat bersama rebusan daun singkong dan sambal hijau.

Ternyata ada sayur dengan proses memasak yang unik seperti gulai tambusu ya. Teman Traveler patut mencobanya nih. Bagaimana, siap-siap jelajah Bukittinggi?

Advertisement
Tags
Bukittinggi Gulai Tambusu Indonesia Kapua kuliner Sumatera Barat
Share