Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng, Kuliner Blusukan Jakarta yang Legendaris Sejak 1978

Jakarta menawarkan beragam kuliner enak yang datangnya dari berbagai penjuru daerah, baik dari dalam ataupun luar negeri. Karena itulah, hampir semua kuliner ada di Ibukota. Tidak hanya makanan pendatang, Jakarta juga memiliki kuliner asli yang bisa dicicipi kenikmatannya. Salah satunya adalah soto tangkar. Rekomendasi yang enak dan sudah melegenda adalah Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng. Yuk, ulas lebih dalam!

Sejarah Soto Tangkar di Indonesia

Soto Pak Dadang, Via Instagram/kulinerjabodetabek
Soto Pak Dadang, Via Instagram/kulinerjabodetabek

Soto tangkar merupakan kuliner Betawi yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tangkar adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi di zaman dulu dan masih digunakan sampai detik ini. Menurut sejarahnya, adanya soto tangkar ini karena ketidaksengajaan.

Pada zaman penjajahan Belanda, para meneer biasanya memotog sapi sebagai hidangan saat pesta. Nah, ada beberapa bagian yang tidak dimakan dan diberikan kepada para pekerja. Bagian-bagian ini antara lain kepala, iga, serta jerohan seperti usus, babat, paru-paru, dan lain-lain. Oleh para pekerja, bagian daging sapi tersebut diolah menjadi beragam makanan. Salah satunya soto tangkar yang sudah semakin jarang ditemukan di Jakarta.

Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng Legendaris

Isiannya yang melimpah, Via Instagram/kulinerjabodetabek
Isiannya yang melimpah, Via Instagram/kulinerjabodetabek

Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng ini bukan pendatang baru, hadirnya telah ada sejak 1978. Jika dihitung-hitung sampai sekarang, soto tangkar di Jakarta satu ini sudah berusia kurang lebih 40 tahun lamanya. Perintisnya adalah Pak Dadang, pria asal Kuningan, Jawa Barat.

Soto Tangkar Dadang
Soto Tangkar Dadang (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Tentu saja pengalaman menjadi guru yang berharga. Soal citarasa, Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng tidak perlu untuk diragukan lagi. Salah satu keunggulannya adalah kuahnya yang begitu gurih dan tekstur daging sangat empuk.

Lokasi Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng Mblusuk

Kuliner yang bikin ketagihan, Via Instagram/inspirasigendut
Kuliner yang bikin ketagihan, Via Instagram/inspirasigendut

Teman Traveler yang ingin mencicipi kenikmatan dari soto tangkar satu ini bisa langsung menuju Gg. Lamceng No.12, RT.10/RW.1, Kota Tua, Tambora, Kota Jakarta Barat. Lokasinya agak mblusuk, masuk sedikit di gang yang berada di samping SMA 19 dan berlokasi di sebelah Gereja. Buka setiap hari mulai jam 07:00-15:30 WIB, menu ini bisa jadi sarapan.

Harga Menu di Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng

Kuah gurihnya bikin nagih, Via Instagram/foodplazapik
Kuah gurihnya bikin nagih, Via Instagram/foodplazapik

Enak tak harus mahal. Harganya sangat terjangkau lho Teman Traveler. Seporsi soto dengan nasi di sini dibanderol Rp25.000 saja per November 2018. Tentu saja harga tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kelezatan abadi yang sudah berpuluh tahun lamanya. Jangan lupa tambahkan emping, dibanderol Rp5.000 saja.

Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng cocok nih untuk menu sarapan sebelum memulai hari. Gurih di lidah dan hangat di perut, sempurna. Makin enak disantap saat musim hujan seperti sekarang ini. Jadi, kapan nih mau coba?

Tags
Indonesia Jakarta kuliner soto gang lamceng Soto Tangkar Dadang Gang Lamceng
Share