Tak Semujur Ketoprak, 4 Kuliner Betawi Ini Makin Sulit Ditemukan

Betawi memiliki banyak sekali kuliner nikmat yang dapat kamu temukan. Mulai dari kerak telot hingga ketoprak. Namun dibalik reputasi dua kuliner yang masih menjadi primadona tersebut, beberapa resep betawi juga mulai tenggelam. Berikut ini merupakan empat kuliner betawi yang hampir punah.

1. Ali Begente

Tekstur ali begente yang menyerupai rengginang via
Tekstur ali begente yang menyerupai rengginang via viva.co.id

Ali Begente memiliki tekstur dan bahan yang menyerupai dengan rengginang. Terbuat dari kerak nasi yang digoreng. Bedanya dalam penyajian, ali begente disiram dengan kuah kinca atau gula merah. Meskipun menjadi makanan khas betawi, kuliner ini merupakan perpaduan dari China, Arab, dan Betawi.

2. Kembang Goyang

Kue kembang goyang telah sulit ditemukan di pasaran via
Kue kembang goyang telah sulit ditemukan di pasaran via okebandung.com

Kembang goyang merupakan kue kering khas orang betawi. Bentuknya menyerupai bunga dan memiliki tekstur yang renyah. Nama tersebut digunakan karena proses pembuatannya yang digoyang dalam cetakan saat menggoreng. Dulu kue ini dapat dengan mudah ditemukan di toko kue kering. Namun saat ini, kembang goyang semakin sulit untuk ditemukan di pasar.

3. Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa via
Kue akar kelapa via menuresepkue.com

Kue asal dapur masyarakat betawi ini memiliki rasa yang gurih dengan bentuk menyeruppai akar pohon kelapa. Kue akar kelapa juga disebut dengan nama lain kue procot oleh sebagian orang. Komposisinya terdiri dari tepung ketan, tepung beras, wijen, dan gula.

Ongol-Ongol

Penyajian kue ongol-ongol biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa dan gula merah via
Penyajian kue ongol-ongol biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa dan gula merah via asianinspirations.com.au

Ongol-ongol merupakan kuliner yang lahir dari pengaruh China dalam masakan masyarakat betawi. Komposisinya terdiri dari tepung ketan, santan, dan gula merah. Karena itu ongol-ongol memiliki perpaduan rasa yang manis dan gurih. kudapan ini juga didampingi dengan parutan kelapa dalam penyajiannya.

Selain ketoprak dan kerak telor yang reputasinya cukup dikenal, ternyata betawi masih memiliki berbagai kuliner lain yang telah mulai tenggelam. Beberapa masih dapat ditemukan dalam momen-momen tertentu. Namun untuk mencarinya di pasaran cukup sulit. Dari empat kuliner di atas mana yang pernah kamu coba?

Tags
Betawi Indonesia Jakarta kuliner langka
Share