Soto Pataruman 23 yang Melegenda, Kenikmatan Rasa yang Telah Teruji Sejak 1960-an

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
via Instagram/ujangpirman via Instagram/ujangpirman

Selain bakso, kuliner kuah lain yang banyak ditemukan merata di setiap daerah Indonesia adalah soto. Meskipun ada, namun soto-soto ini memiliki ciri khas tersendiri. Seperti halnya soto di Tasikmalaya yang menggunakan santan. Mirip dengan Soto Betawi namun lebih encer dan isiannya juga sedikit berbeda. Salah satu yang cukup melegenda adalah Soto Pataruman 23. Mari kita ulas lebih mendalam.

Tempat Makan Legendaris Sejak 1960-an

Citarasa yang melegenda, via Instagram/gerombolanjajan
Citarasa yang melegenda, via Instagram/gerombolanjajan

Soto Pataruman 23 merupakan milik dari Ibu Rina. Ia berjualan selama kurang lebih 60 tahunan. Ini menjadi salah satu tempat yang banyak jadi jujukan jika orang-orang berburu kuliner legendaris nan laris manis dengan cita rasa tidak perlu untuk diragukan lagi.

Rahasia Bisa Melegenda Selama Puluhan Tahun Lamanya

Isian yang mellimpah, via Instagram/sylviadj.s
Isian yang mellimpah, via Instagram/sylviadj.s

Bisa legendaris sampai berpuluh-puluh tahun lamanya, ternyata tidak ada sesuatu yang khusus dalam pembuatan atau penyajiannya. Namun satu hal yang terus dijaga dari zaman dahulu hingga sekarang ini, yakni konsistensi cita rasanya.

Sejak pertama kali hingga kini, kenikmatannya tidak berubah. Resep yang digunakan sama, dan inilah yang membuat orang kembali datang. Merindukan cita rasa sama dan ingin mencicipinya terus menerus.

Begitu menggugah selera, via Instagram/ujangpirman
Begitu menggugah selera, via Instagram/ujangpirman

Biasanya dalam seporsi Soto Ayam Pataruman adakan ada suwiran daging ayam kampung bagian dada, paha, kulit, ati ampela, telor, ceker, bahkan juga kepala. Biasanya akan ada kedelai goreng, irisan daun bawang dan tak ketinggalan juga dengan bawang goreng dan jeruk nipis. Cita rasa campur-campur akur yang nikmatnya sadis.

Lokasi Ayam Pataruman 23 yang Melegenda

Lokasi soto di Tasikmalaya, via Instagram/ujangpirman
Lokasi soto di Tasikmalaya, via Instagram/ujangpirman

Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi kesegaran seporsi soto di sini, harganya dibanderol sekitar Rp30.000-an. Sementara itu jika ingin datang langsung, silahkan berkunjung ke Jl. Pataruman No. 23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya.

Bukanya mulai dari jam 06:00 hingga 20:00 WIB. Kelezatan seporsi soto dengan kuah gurih yang bikin ketagihan. Bagaimana, apakah Teman Traveler tertarik untuk mencicipi?

Tasikmalaya memiliki alam yang sangat cantik, cocok buat kamu yang selama ini suka traveling outdoor. Bisa mencicipi Soto Pataruman 23 sebagai menu makan siang. Jangan lupa juga untuk menikmati beragam kuliner Tasikmalaya lainnya.