Soto Betawi H. Ma’ruf di Jakarta, Manjakan Selera Pecinta Kuliner Sejak 1940

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
via Instagram/manualjakarta via Instagram/manualjakarta

Soto merupakan kuliner yang memiliki banyak penggemar dan mudah ditemukan di setiap kota. Apalagi saat udara dingin atau musim hujan seperti sekarang ini.  Kuahnya segar dan cita rasanya yang gurih membuat soto jadi pilihan yang tepat. Di Jakarta, banyak tempat jual soto yang telah melegenda. Contohnya saja Soto Betawi H. Ma’ruf yang kehadirannya mewarnai dunia kuliner sejak tahun 1940. Penasaran seenak apa? Yuk, baca ulasannya.

Sudah Melegenda Sejak Tahun 1940, Masa Penjajahan

Soto Betawi H. Ma’ruf yang legendaris, via Instagram/bulekulineran
Soto Betawi H. Ma’ruf yang legendaris, via Instagram/bulekulineran

Kehadiran Soto Betawi H. Ma’ruf sudah ada sejak tahun 1940, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Usaha ini dimulai oleh H. Ma’ruf bin Said yang sudah mulai meracik rempah-rempah sejak masih Hindia Belanda. Pada masa itu, tekanan yang diterima masyarakat Indonesia masih begitu kuat dari para penjajah.

Boleh dicoba saat ke Ibu Kota, via Instagram/manualjakarta
Boleh dicoba saat ke Ibu Kota, via Instagram/manualjakarta

Singkat cerita, penjajahan dan penindasan yang terjadi membuat keluarga almarhum H. Ma’ruf berpikir keras untuk bisa bertahan hidup. Maka jalur kuliner dipilih. Kepiawaiannya dalam meracik bumbu terus diasah sampai membuat soto Betawi. Awalnya, ia menjual dagangannya dengan pikulan dan sering diusir oleh petugas kemananan. Ia berjuang dengan menggunakan pikulannya sampai tahun 1970. Ia beberapa kali pindah lokasi, sampai akhirnya menetap pada satu tempat.

Keistimewaan Menu di Soto Betawi H. Ma’ruf

Menu laksa yang bikin tergila-gila, via Instagram/gabriel_laufer
Menu laksa yang bikin tergila-gila, via Instagram/gabriel_laufer

Sesuai namanya, menu utama di Soto Betawi H. Ma’ruf adalah soto Betawi. Namun belakangan tambah dengan laksa yang tak kalah menggoda. Nah, untuk soto Betawi, daging dan jerohan sapi di sini harus digoreng terlebih dahulu, kecuali dengan babat dan juga usus. Untuk membuat cita rasa makin nikmat, daging dan jerohan ini direndam terlebih dahulu di dalam kuah soto lalu digoreng hingga kering. Istimewanya, paru gorengnya tetap garing meskipun direndam dalam kuah soto.

Alamat Soto H. Ma’ruf yang Melegenda

Lokasi Soto Betawi H. Ma’ruf, via Instagram/manualjakarta
Lokasi Soto Betawi H. Ma’ruf, via Instagram/manualjakarta

Soto Betawi H. Ma’ruf belokasi di Taman Ismail Marzuki, di Jl. Cikini Raya 73, Jakatya Pusat. Bisa dihubungi melalui nomor telepon (021 348817). Buka mulai dari 09:00 sampai dengan 22:00 WIB. Soto Betawi daging dibanderol Rp42.000. Untuk Soto Betawi campur sama dengan Rp40.000, berlaku per November 2018. Harga yang bisa dibilang sebanding dengan rasa dan pengalaman yang diberikan.

Harga Soto Betawi H. Ma’ruf, via Instagram/jansenlioe
Harga Soto Betawi H. Ma’ruf, via Instagram/jansenlioe

Soto Betawi merupakan salah satu warisan nenek moyang yang sangat perlu dilestarikan. Caranya? Dengan mencobanya dan makin mempopulerkannya di media sosial. Kita sebagai generasi muda perlu untuk memberikan peran lebih dalam hal pariwisata ya. Bagaimana, siap membuktikan sendiri kenikmatan Soto Betawi H. Ma’ruf?