Kuliner di Tasikmalaya ‘Hot’ dan Berkuah, Nikmatnya Bikin Ngunyah Makin Asyik

Advertisement

Menikmati kuliner tradisional di Indonesia memang rasanya seperti menemukan harta karun. Dimana pun, kamu pasti akan menemukan kelezatan yang berasal dari rempah-rempah. Apalagi kalau rempah-rempah tersebut dipadukan dalam satu racikan masakan berkuah. Pasti rasanya akan membuatmu terbuai dan terus menerus mengunyah. Seperti beberapa kuliner yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat ini.

Tongseng Sapi RM Sate Cirebon

Kuah kentalnya bersama daging yang empuk [image source]
Kuah kentalnya bersama daging yang empuk [image source]
Bayangkan kuah kental yang berasal dari racikan rempah-rempah seperti daun salam, bawang merah, lengkuas dan merica bubuk bertemu dengan daging sapi yang sekali gigit akan langsung hhmm yummy! Apalagi, di RM Sate Cirebon kamu akan mendapatkan satu porsi tongseng porsi besar yang cukup untuk makan berdua. Belum lagi jika bertemu dengan acar yang hadir dalam formasi lengkap. Bikin kamu enggak berhenti ngunyah.

Tongseng sapi cocok juga disandingkan dengan telur asin [image source]
Tongseng sapi cocok juga disandingkan dengan telur asin [image source]
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Tasikmalaya

Segarnya Kuah Santan Sop Kaki Sapi

Sop Kaki sapi dengan kuah santan lezat [image source]
Sop Kaki Sapi dengan kuah santan lezat [image source]
Sepertinya kenikmatan perpaduan kuah santan yang bertemu dengan lemak hewani belum tertandingi hingga saat ini. Apalagi jika berisi kikil di dalamnya atau jeroan. Hmm, kebayang nikmatnya seperti apa? Nikmatnya pasti bikin lupa sama yang namanya kolesterol. Belum lagi tambahan pelengkap seperti tomat atau daun bawang. Kalau kamu berkunjung ke Tasikmalaya, kamu bisa mencicipi kenikmatan ini warung Sop Kaki Sapi yang berada di jalan Cihideung Gede, yang ternyata juga memiliki cabang di Dago, Kota Bandung.

Dagin lunak tapi tetap terasa kenyal [image source]
Dagin lunak tapi tetap terasa kenyal [image source]
Alamat : Jl. Cihideung Gede, Tasikmalaya

Soto Ayam Kampung Nonoy

Ditambahkan dengan daun bawang yang dicincang [image source]
Ditambahkan dengan daun bawang yang diiris tipis [image source]
Soto ayam mungkin kuliner yang sangat umum dan dapat ditemukan dimanapun. Tapi di tempat yang satu ini kamu akan menemukan sebuah soto ayam kampung dengan tampilan berbeda. Kuah santan yang biasanya kamu temui di sop kaki sapi, kali ini kamu akan menemukannya pada satu porsi sajian soto ayam kampung. Hal berbeda lainnya penggunaan sambal yang tidak seperti biasa. Di tempat ini kamu akan bertemu dengan sambal hijau yang akan semakin meningkatkan nafsu makanmu ke level selanjutnya.

Soto Nonoy yang memiliki kuah bersantan [image spurce]
Soto Nonoy yang memiliki kuah bersantan [image source]
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Tasikmalaya

Lengko Ayam 99

Satu mangkuk untuk sarapan [image source]
Satu mangkuk untuk sarapan [image source]
Kuliner yang satu ini dulu dikenal dengan sebutan Lengko Mandiri karena dulunya berada di dekat bank Mandiri. Jenis makanan yang satu ini cocok banget untuk disantap ketika jam sarapan. Karena isinya tidak terlalu berat tapi cukup komplit. Biasanya berisi potongan ayam, telur, dan lontong yang disiram dengan kuah kaldu yang gurihnya minta ampun. Mau nambah lagi?

Biasa digunakan untuk sarapan, karena tergolong menu ringan [image source]
Biasa digunakan untuk sarapan, karena tergolong menu ringan [image source]
Alamat : Jl. Sutisna Senjaya, Tasikmalaya

Soto Sapi Haji Didi

Kuah rempah bertemu dengan blinjo dan tomat [image source]
Kuah rempah bertemu dengan blinjo dan tomat [image source]
Kedai soto yang cukup terkenal namanya di Tasikmalaya ini ternyata telah beridiri sejak tahun 1958 dan bermula dari berjualan keliling. Hingga saat ini, Soto Sapi Haji Didi ini menjadi salah satu tempat kuliner soto sapi yang tidak perlu dipertanyakan lagi cita rasanya. Racikan kuah dan rempah yang bercampur menjadi satu menyajikan aroma sekaligus rasa yang luar biasa pada soto ini. Belum lagi daging lembut yang ditemani bersama irisan tomat dan krupuk blinjo. Pastinya jangan ketinggalan satu piring nasi hangat.

Soto sapi ini berbeda loh dengan sop buntut [image source]
Soto sapi ini berbeda loh dengan sop buntut [image source]
Alamat : Jl Tentara no 82, Tasikmalaya

Bagaimana? Sudah mulai lapar? Kuliner Indonesia memang bener-bener mampu menggugah selera makan. Apa kuliner daerahmu yang wajib buat dicoba?

Advertisement
Tags
Jawa Barat Kuliner berkuah Kuliner Legendaris Tasikmalaya
Share