Soto Pak Tembong di Jogja, Hadirkan Kelezatan Sejak Tahun 1965

Jogja memang surga tersendiri bagi para pemburu wisata. Terutama bagi mereka yang mengaku pecinta kuliner. Banyak sekali makanan surgawi di Jogja, di antaranya ada mangut lele, sate klatak, gudeg, soto, bakso, mi ayam, sate padang dan masih banyak lagi jenis yang lainnya. Berbicara masalah soto, salah satu yang cukup legendaris di Jogja adalah Soto Pak Tembong.

Lokasinya memang sederhana, namun citarasa sotonya memikat banyak sekali penikmat kuliner. Yuk ulas lebih mendalam mengenai Soto Pak Tembong ini, siapa tahu kamu memiliki kesempatan untuk mencobanya.

Telah ada di Jogja Sejak Tahun 1965

Menu Soto Bakso yang nikmat, Via Instagram/sototembong_pelem
Menu Soto Bakso yang nikmat, Via Instagram/sototembong_pelem

Orang pertama kali yang merintis usaha soto ini adalah Mulyono, seorang pria asal Gunungkidul, Jogja yang akrab disapa dengan Pak Tembong. Saat ini, sudah ada empat warung makan Soto dan Bakso Pak Tembong yang telah diteruskan oleh anak-anaknya.

Salah satu warung yang paling baru terdapat di Jl. Raya Berbah Pelem Lor No. 135 Banguntapan. Sementara yang lama berada di Jl. Wonosari Km 6, depan Garasi Bus AKAS. Biasanya, Es Pak Tembong ini buka dari pukul 08:00 pagi hingga 17:00. Bisa untuk sarapan sampai dengan makan malam ya.

Menu yang Ditawarkan di Soto Pak Tembong

Sedehana bikin nafsu makan menggila, Via Instagram/ina.florencys
Sedehana bikin nafsu makan menggila, Via Instagram/ina.florencys

Meskipun mengusung nama ‘soto’ menu di sini ada beberapa macam yang bisa dipilih. Ada juga bakso, soto bakso, juga mie ayam. Namun menu unggulannya tetap saja soto. Beda soto di sini dengan yang lainnya adalah tidak menggunakan irisan kubis.

Soto bakso, Via Instagram/sototembong_pelem
Soto bakso, Via Instagram/sototembong_pelem

Dalam seporsi soto akan tersedia kuah yang cenderung bening dengan warrna kuning. Isiannya, potongan daging sapi, bihun, taoge, daun seledri, bawang goreng, sedikit gajih, tambah lengkap dengan sambal dan perasan air lemon. Cita rasa yang sangat mantap, enak dinikmati saat musim dingin tiba.

Soto dengan kuah bening, Via Instagram/sototembong_pelem
Soto dengan kuah bening, Via Instagram/sototembong_pelem

Untuk pilihan lauknya juga beragam, mulai dari tahu bacem, ati ampela ayam, sate telur puyuh, sampai dengan gorengan. Untuk minumannya ada es campur dan juga es tape dengan rasa yang sangat menyegarkan.

Harga Makanan di Soto Pak Tembong

Menu-menu yang menggugah selera, Via Instagram/agungbudiarti
Menu-menu yang menggugah selera, Via Instagram/agungbudiarti

Meskipun bisa dibilang ini merupakan kuliner legendaris, harganya sangat ekomonis. Sotonya dibanderol Rp9.000 saja per porsinya. Soto bakso Rp13.000, bakso Rp11.000. Tetunya harga-harga segitu begitu terjangkau ya Teman Traveler. Kamu tidak akan takut kehilangan banyak uang saat mencicipi kenikmatan berbagai menu di Soto Pak Tembong.

Jogja memang merupakan salah satu destinasi favorit banyak orang, termasuk juga wisatawan mancanegera. Tak salah jika kuliner yang disuguhkan juga beragam jumlahnya. Jelas, Soto Pak Tembong ini masuk ke dalam jajaran yang perlu untuk dicicipi kenikmatannya. Bagaimana, sudah tentukan jadwal ke Kota Gudeg untuk liburan selanjutnya?

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja soto pak tembong soto pak tembong di jogja
Share