Soto Mie Sarodja, Kuliner Legendaris Jakarta yang Rasanya Masih Juara

Jelajah kuliner Jakarta tak akan pernah ada habisnya. Selalu ada yang baru dan menarik perhatian untuk dicoba. Warung legendaris dengan menu istimewanya juga masih banyak yang bertahan. Salah satunya Soto Mie Sarodja. Hidangan berkuah yang istimewa dengan rasa juara. Saat berkunjung ke Ibukota, pastikan Teman Traveler merasakan sendiri kelezatannya.

Legendaris dari Tahun 70-an

Kuliner legendaris dari tahun 70-an
Kuliner legendaris dari tahun 70-an via instagram/@soviera6

Warung makan ini berada di Jalan Tondano No 27, tepat di depan SD 01 Bendungan Hilir, Pejompongan, Jakarta Pusat. Tempat makan milik Pak Sarodja ini bukan sejak tahun 1970 -an dan menjadi salah satu soto mie legendaris di Jakarta. Sebelum menempati warung tersebut, Pak Sarodja berjualan keliling dengan menggunakan pikulan. Biasanya, kawasan yang dikunjunginya sekitar daerah Grogol sampai Pejompongan.

Warung Sederhana dengan Rasa Istimewa

Kuliner enak dan legendaris di Jakarta
Kuliner enak dan legendaris di Jakarta via instagram/@savnoyski

Hampir berusia setengah abad, tapi Soto Mie Sarodja masih bertahan hingga saat ini. Citarasa menunya tetap terjaga karena mutu dan kualitas makanan diutamakan. Hal tersebut juga dilakukan oleh generasi kedua Pak Sarodja yang kini menjadi pengelola tempat makan ini. Yap, pun hanya menggunakan warung sederhana dengan bermodalkan gerobak, pengunjung yang datang banyak loh. Apalagi saat jam-jam makan siang.

Isian Soto Mie yang Menggugah Selera

Isian soto mie yang menggugah selera
Isian soto mie yang menggugah selera via instagram/@iindrawan

Seporsi soto mie resep Pak Sarodja ini istimewa karena porsinya cukup banyak. Terlihat dari ukuran mangkuk yang lebih besar dari biasanya. Satu porsinya berisikan mie, bihun, daging sapi, kentang, risol dan juga tomat. Potongan dagingnya cukup besar tapi empuk banget hingga bagian terdalam. Sementara risolnya dikenal enak. Rasa paling nendang berasal dari kuah beningnya. Gurih sedapnya pas, apalagi ditambah dengan emping belinjo.

Varian Menu Nendang Bikin Ketagihan

Menu soto dengan bakso
Menu soto dengan bakso via instagram/@maulidahamka

Selain soto mie dengan isian daging melimpah, ada juga menu soto mie bakso. Sajian ini serupa hanya ditambah dua butir bakso. Selain itu, ada mie bakso, sup daging bakso, hingga bakso. Rasanya juga tak kalah menggoda dengan isian hampir sama. Hingga artikel ini ditulis harga menu di sini berkisar antara Rp30.000-Rp40.000 per porsinya. Sangat terjangkau mengingat kelegendarisan dan porsinya yang banyak.

Nah, itulah ulasan tentang Soto Mie Sarodja, kuliner istimewa dan legendaris di ibukota. Jangan lupa juga untuk mendinginkan kepala dengan es-es di Jakarta. Bagaimana dengan Teman Traveler, sudah pernah coba belum?

Tags
Indonesia Jakarta Jakarta Pusat kuliner jakarta
Share