Es Teler Sari Mulia Asli, Kuliner Segar yang Legendaris di Jakarta

Panasnya Jakarta memang tak tertahankan. Namun, ada banyak cara untuk melepas dahaga di ibukota. Salah satunya berburu kuliner es yang menyegarkan. Tidak hanya yang kekinian, menu tradisional pun juga dapat mudah ditemukan di sini. Salah satunya Es Teler Sari Mulia Asli yang konon merupakan kuliner legendaris di Jakarta. Seperti apa keunikannya? Simak ulasannya, yuk!

Pencetus Es Teler di Tanah Air

Es Teler pertama di tanah air
Es Teler pertama di tanah air via instagram/@dini_adh

Tak banyak yang tahu jika es teler merupakan minuman asli Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Sukoharjo. Penemunya adalah Hj. Samijem Darmo Putro pada tahun 1957. Cita rasanya yang unik membuatnya terkenal. Pun banyak ditiru, Hj. Samijem tak berniat mematenkannya. Bahkan, ia malah memutuskan untuk merantau di Jakarta. Dari berdagang buah, Hj. Samijem dan anaknya, Tukiman akhirnya berjualan es teler di Jalan Diponegoro No.21 Jakarta Pusat.

Pencetus es teler pertama di tanah air
Pencetus es teler pertama di tanah air via instagram/@romster

Isian Unik yang Bikin ‘Teler’

Isian Es Teler asal Sukoharjo
Isian Es Teler asal Sukoharjo via instagram/@romster

Bisnis Hj. Samijem yang diteruskan oleh Tukiman cukup sukses. Mulai jualan lagi di tahun 1967, kedainya yang berada di kawasan Metropole XXI tak pernah sepi oleh pengunjung. Keunikannya tidak lain karena cita rasa yang bertahan hingga puluhan tahun. Racikan isian dan juga rasa manisnya pas banget. Tentu saja banyak orang yang ‘teler’ atau jatuh cinta dengan menu segar satu ini.

Isian es teler yang menggugah selera
Isian es teler yang menggugah selera via instagram/@liana_ph

Isian Es Teler Sari Mulia Asli

Dua porsi es teler
Dua porsi es teler via instagram/@ursandnic

Seperti es teler pada umumnya, minuman ini memiliki banyak isian yang nendang banget. Ada alpukat, kelapa muda, nangka, dan beberapa buah lainnya. Tak lupa tambahan cincau, santan dan susu kental manis agar rasanya makin nendang. Rasanya legit pas yang bikin nagih. Nah, untuk harganya juga terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, seporsi Es Teler Sari Mulia Asli ini sekitar Rp17.000 saja. Lumayan bukan?

Es teler megaria
Es teler megaria via instagram/@adreareyhan

Punya Cabang dengan Aneka Tambahan Menu

Menu bakso yang menggoyang lidah
Menu bakso yang menggoyang lidah via instagram/@riamrt

Tidak hanya menyajikan es teler, warung ini juga menawarkan es kelapa muda dan minuman segar lainnya. Makin hari, menunya juga beragam. Ada ayam goreng, bakso, gulai, dan juga siomay. Kesuksesannya pun berujung manis dengan banyak cabang yang dimiliki. Selain di Jakarta, ada juga cabang di Sukoharjo yang kini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner khas kabupaten tersebut. Wah, keren kan?

Rujak dan Es Teler
Rujak dan Es Teler via instagram/@explorementeng

Nah, itulah ulasan tentang Es Teler Sari Mulia Asli yang ternyata merupakan pecetus es teler di Nusantara. Bagaimana, sudah pernah coba minuman segar ini belum?

Tags
Indonesia Jakarta Kuliner Es kuliner jakarta
Share