Kuliner Pecel Dengan Citarasa Khas di Madiun

Madiun, sebuah kota kecil dia Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan Kota Gadis serta hidangan pecel yang menjadi kuliner khas Madiun. Banyak orang berkata bahwa berkunjung ke Madiun tidak akan lengkap jika belum mencoba hidangan berbumbu kacang tersebut. Travelingyuk telah membuat daftar beberapa warung pecel yang recommended untuk didatangi saat berkunjung ke Kota Gadis.

1. Depot Nasi Pecel 99 Madiun

Pecel Madiun yang tersohor hingga dikunjungi mantan presiden dan artis ibukota [via]

Kuliner Madiun yang satu ini namanya sudah sangat tersohor di masyarakat. Bahkan ada segelintir orang mengatakan bahwa berkunjung ke Kota Gadis belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Depot Nasi Pecel 99. Beberapa orang terkenal seperti mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta artis ibukota Coki Sitohang pernah mampir ke kedai ini untuk menikmati kelezatan menu andalannya. Yang membuat warung yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini berbeda dari hidangan lain adalah bumbu pecelnya yang mantap. Terbuat dari resep rahasia yang diracik sendiri oleh pemiliknya sehingga tidak ada yang tau bahan apa saja yang ada di dalamnya.

Nasi pecel rawon, pernah coba? [via]

Nama : Depot Nasi Pecel 99 Madiun

Alamat : Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Taman, Kota Madiun

Buka : 07.00-21.00

2. Nasi Pecel Yu Gembrot

Nasi Pecel Yu Gembrot di Madiun [via]

Terkenal sebagai salah satu warung pecel paling enak dan paling laris di Madiun. Menurut kabar warung ini telah 2 kali memperoleh penghargaan sebagai The best Nasi Pecel in Madiun dalam festival makanan khas Jatim. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di Pasar Besi. Menunya dihidangkan dengan beralaskan daun pisang alias pincuk yang membuat rasanya semakin lezat. Beberapa macam lauk seperti tempe, tahu, daging dan lainnya juga tersedia sebagai pelengkap. Jangan lupa santap bersama keripik tempe atau kerupuk uli agar sarapanmu semakin mantap!

Nasi pecel Yu Gembrot lengkap dengan lauk [via]

Nama : Nasi Pecel Yu Gembrot

Alamat : Jl. Imam Bonjol, Klegen, Kartoharjo, Kota Madiun

Buka : 07.00-21.00

3. Pecel Buk Sri Tanjung

Pecel Buk Sri Tanjung di Madiun [via]

Jika di kota lain biasanya kita hanya dapat menemukan pecel sebagai menu sarapan di pagi hari, maka tidak sama halnya dengan Madiun. Di sana cukup banyak kedai yang baru buka sekitar jam 6 sore untuk menggoyang lidah para pembeli di malam hari. Di warung Buk Sri Tanjung contohnya, menyajikan hidangan berbumbu kacang tersebut untuk makan malam. Sehingga kedai ini cocok dikunjungi bagi mereka yang sedang bosan nongkrong di kafe dan ingin mencari sajian makanan berat yang hangat. Selain pecel sebagai menu utamanya, warung Buk Sri Tanjung juga menyediakan soto dan rawon yang tak kalah enaknya. Ngomong-ngomong banyak yang suka sama rawonnya juga, lho.

Berbagai lauk tersedia sebagai hidangan pelengkap [via]

Nama : Pecel Buk Sri Tanjung

Alamat :Kejuron, Taman, Kota Madiun

Buka : 18.00 – Habis (malam minggu tutup)

4. Nasi Pecel Bu Mandung

Nasi Pecel Bu Mandung [via]

Jika ingin mencari surganya pecel di Madiun, datang saja ke kawasan Tjokroaminoto yang memang tersohor karena deretan kedai yang menyajikan hidangan sayur berbumbu kacang tersebut. Salah satu warung yang cukup ramai didatangi pengunjung adalah Nasi Pecel Bu Mandung. Cukup mudah ditemukan karena berada di depan SD Santa Maria. Soal rasa tak peralu ditanya, jelas deh mantapnya! Semakin terasa nikmat karena kedai ini mengusung konsep lesehan di pinggir jalan.

Nasi Pecel Bu Mandung juga pernah didatangi artis ibukota [via]

Nama : Nasi Pecel Bu Mandung

Alamat : Jl. Tjokroaminoto, Klegen, Kartoharjo, Kota Madiun

Harga : +/- Rp15.000,- (sudah termasuk teh dan empal)

Buka : 20.00-04.00

5. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

Pecel Bu Wir Kabul Madiun [via]

Satu lagi warung pecel Madiun yang cukup terkenal di kawasan Tjokroaminoto, yaitu milik Bu Wir Kabul. Yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah sambal kacangnya yang sangat pedas dan gurih. Recommended untuk dicoba bagi para penyuka makanan pedas. Tak lupa taburan rempeyeknya yang renyah terasa serasi di lidah saat bercampur dengan bumbunya dan menghasilkan bunyi kremes. Selain menyajikan hidangan yang dapat dimakan langsung, di warung ini juga menyediakan bumbu pecel yang dapat dibawa pulang.

Sedapnya Nasi Pecel di warung Bu Wirkabul [via]

Nama : Depot Nasi Pecel Bu Wirkabul

Alamat : Jl. Tjokroaminoto No. 137, Kejuron, Taman, Kota Madiun

Harga : +/- Rp18.000,-

Buka : Pagi & Malam

6. Pecel Madiun Murni

Nasi Pecel Bu Murni [via]

Warung Bu Murni, menyajikan hidangan pecel dengan rasa yang pas di lidah. Dalam seporsinya berisi aneka sayur segar seperti kecambah, bunga turi, selada air, bendoyo, lalapan taoge mentah dan kemangi. Agar lebih lengkap, biasanya pengunjung menambahkan daging sapi sebagai lauk. Karena terkenal dengan kelezatannya warung ini tak pernah sepi pembeli dan sekarang sudah memiliki cabang di Surabaya, keren ya!

Nasi Pecel Murni yang kaya bumbu [via]

Nama : Nasi Pecel Murni

Alamat : Jl. Agus Salim, Madiun

Harga : Rp16.000,-

7. Pecel Mbak Yayuk

Pecel khas Madiun [via]

Salah satu kuliner Madiun murah yang buka selama 24 jam, sehingga cocok dijadikan jujukan tempat makan bagi pelancong yang sampai saat tengah malam. Seporsi hidangan yang disajikan di atas selembar daun pisang ini berisi nasi putih dengan beraneka sayuran seperti tauge, kacang panjang, bayam, kembang turi, dan lainnya. Selanjutnya disiram dengan bumbu kacang serta ditaburi potongan daun kemangi. Sebagai pelengkap rasa bisa ditambahkan serundeng dan peyek teri. Gurih, pedas, dan sedikit rasa manis berbaur menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnyaa

Lezatnya pecel khas Madiun [via]

Nama : Pecel Mbak Yayuk

Alamat : Jl. S. Parman (depan Carefour)

Harga : +/- Rp15.000,- (sudah termasuk teh dan empal)

Buka : 24 jam

Inilah daftar beberapa warung pecel Madiun yang patut kamu sambangi saat berkunjung ke Kota Gadis. Jika kamu punya rekomendasi warung pecel lainnya, bisa tambahkan di kolom komentar, ya!

Tags
Indonesia Jawa Timur Madiun Pecel
Share