Soto Kerbau di Kudus, Sejarah Toleransi yang Tertuang dalam Makanan

Selain untuk memenuhi kebutuhan, makanan seringkali menyimpan nilai filosofis yang sangat mendalam di baliknya. Seperti halnya beragai olahan daging kerbau di Kudus, Jawa Tengah. Kuliner ini menyimpan nilai toleransi yang tinggi dan patut untuk diapresiasi. Nilai sudah dijunjung tinggi sejak masa Sunan Kudus. Salah satunya tertuang pada soto kerbau di Kudus yang jumlahnya banyak.

Kembali ke pembahasan daging sebagai nilai toleransi, setiap kerat daging kerbau yang dikonsumsi mengandung nilai saling menghargai. Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam menghormati warga hindu yang tidak mengonsumsi daging sapi. Sehingga, daging kerbau lah yang dipilih untuk diolah dibandingkan dengan sapi. Saat jalan-jalan ke Kudus banyak olahan daging kerbau yang bisa dicicipi misalnya saja soto kerbau. Berikut ini lima tempat soto kerbau di Kudus.

Soto Kerbau Pak Di

Soto Kerbau Pak Di, Via Instagram/e_ndro
Soto Kerbau Pak Di, Via Instagram/e_ndro

Jalan-jalan ke Kudus tanpa mencoba kuliner berbahan daging kerbau tentu saja akan kurang sempurna. Soto kerbau di kudus lainnya adalah Soto Kerbau Pak Di. Keunggulan soto kerbau di sini adalah kuahnya yang gurih dengan dagingnya yang begitu empuk bikin ketagihan.

Sangat cocok dinikmati saat malam hari. Lokasi Soto Kerbau Pak Di ini berada di Pasar Yaik Kliwon, di Jl. Cempaka Kudus. Buka mulai pukul 16:00 sampai dengan 22:00. Harganya mulai dari Rp14.000 saja. Rekomendasi yang tepat untuk mencicipi soto kerbau yang enak.

Soto Kudus Pak Ramidjan

Soto Pak Ramidjan, Via Instagram/md206
Soto Pak Ramidjan, Via Instagram/md206

Soto Kudus Pak Ramidjan merupakan salah satu lokasi yang cukup terkenal. Lokasinya berada di Jl. Kudus – Jepara No. 79A, Bakalan, Purwosari, Kaliwungu, Kabupetan Kudus. Soto memang kuliner yang sangat enak disantap saat musim dingin atau hujan tiba. Termasuk juga Soto Kudus Pak Ramidjan ini.

Kuliner Kudus di sini sangat mengenyangkan. Dagingnya banyak, kuahnya sangat sedap. Ditambah dengan beberapa lauk seperti halnya sate paru, taburan bawang goreng, plus sambal bikin kenikmatannya jadi dobel-dobel. Harga seporsi Soto kerbau di Kudus ini sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp12.00 saja. Sangat murah, bukan?

Soto Kerbau Karso Karsi

Soto Kerbau Karsa Karsi, Via Instagram/ivanmarchius
Soto Kerbau Karsa Karsi, Via Instagram/ivanmarchius

Tidak kalah enak dan ramai pengunjung juga adalah Soto Kerbau Karso Karsi yang bercitarasa gurih yang nagih. Lokasinya berada di Jl. AKBP R. Agil Kusumadya No. 35 A Kudus. Keunggulan soto di sini adalah memiliki daging dengan tekstur yang sangat lembut. Saat dikunyah, akan mudah. Porsinya memang kecil, jadi jika dirasa kurang puas menyantap semangkuk saja, kamu bisa nambah ya, jangan malu-malu. Untuk harganya, seporsi soto dibanderol Rp15.000 saja.

Soto Kerbau Pak Doel

Soto Kerbau Pak Doel, Via Instagram/kudusculinary
Soto Kerbau Pak Doel, Via Instagram/kudusculinary

Lokasi yang rekomended lainnya buat dikunjungi jika ingin menyantap seporsi soto kerbau enak adalah di Soto Kerbau Pak Doel. Alamatnya berada di Jl. Nuri No. 8, Rt/3, Rw/4, Wergu Kulon, Kudus. Jam bukanya mulai dari 17:00 sampai dengan 23:00. Lokasinya memang sederhana, namun sensasi rasa yang disuguhkan tidak bisa disepelekan dengan mudah lho. Untuk harganya, seporsi soto di sini dibanderol dengan harga Rp15.000 saja. Dan seporsi sudah akan membuat kamu kenyang.

Soto Kudus Bu Jatmi

Soto Kerbau Bu Jatmi, Via Instagram/kuliner
Soto Kerbau Bu Jatmi, Via Instagram/kuliner

Soto Kudus Bu Jatmi juga merupakan salah satu legenda di Kudus. Sangat rekomended buat dicicipi para pengunjung yang traveling ke Kudus. Sedikit berbeda dengan soto kebanyakan, dalam seporsi di sini memiliki kuah kuning kental dengan kecambah yang melimpah. Lokasi soto ini berada di Jl. Kyai Haji Wahid Hasyim No. 43, Panjunan, Kabupaten kudus. Untuk satu porsinya, dibanderol harga Rp12.000 saja.

Jalan-jalan ke Kudus jangan sampai melewatkan jajaran tempat soto yang telah disebutkan. Nah, apakah kamu sebelumnya sudah pernah mencoba daging kerbau? Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar.

Tags
Jawa Tengah kuliner Indonesia kuliner kudus soto kerbau soto kerbau di kudus
Share