Kuliner Kudus yang Legendaris, Enaknya Tak Bisa Ditepis

Isti

Isti

On Indonesia
Kuliner Enak di Kudus Kuliner Enak di Kudus

Indonesia terkenal akan kulinernya yang lezat serta kaya rempah-rempah. Salah satu tempat yang gudangnya makanan enak ini adalah Kudus, Jawa Tengah. Bukan hanya soto, ada banyak varian menu lain yang wajib kamu coba. Ada apa saja sih?

1. Lemen, Nasi Goreng dengan Siraman Bumbu Ala Rendang

Nasi Lemen Kudus
Nasi Lemen Kudus [image source]
Kuliner satu ini dimasak dengan bumbu bawang putih, bawang merah serta tambahan garam sebagai penyedap. Yang menarik adalah bumbu dari daging kepiting sawah dengan aroma lezat, cita rasa yang dihasilkan seperti rendang. Nikmatnya lagi jika dipadukan dengan kerupuk gendar. Salah satu tempat nasi lemen yang legendaris adalah RM Warisan Ny.Djoe yang beralamat di Jalan Pangeran Puger. Rasanya juara banget, loh!

Nasi Lemen
Nasi Lemen [image source]

2. Sego Jangkrik, Menu Kesukaan Sunan Kudus

Nasi Jangkrik yang dibungkus daun jati
Nasi Jangkrik yang dibungkus daun jati [image source]
Ini bukan nasi dengan lauk hewan jangkrik ya. Sego jangkrik adalah hidangan yang terdiri dari nasi biasa dengan tambahan daging kambing atau kerbau yang dibumbui. Rempahnya terdiri dari cabai merah, bawang putih, lengkuas dan santan, kemudian dibungkus daun jati. Kenikmatan kuliner yang konon merupakan favorit Sunan Kudus ini bisa kamu cicipi di warung sekitar Jalan Sunan Kudus. Nah, saat tanggal 10 Muharam, kamu bisa mendapatkan sego jangkrik gratis. Datang saja ke kota Kudus, kamu akan tahu alasannya!

Olahagan daging di nasi jangkrik
Olahagan daging di nasi jangkrik [image source]

3. Opor Ayam Panggang Sunggingan

Opor Ayam Panggang Sunggingan
Opor Ayam Panggang Sunggingan [image source]
Menu lezat satu ini wajib kamu coba saat bertandang ke Kudus. Ayamnya diolah dengan cara memasukkan bumbu ke dalam perut ayam setelah jeroannya dibersihkan. Kemudian, ayam tersebut lalu dikukus hingga empuk. Setelah itu, bumbunya dikeluarkan dan dicampur dengan santan untuk dijadikan kuah. Sedangkan ayamnya dibakar hingga matang. Disajikan dengan lauk kering tahu dan kuah opor yang agak encer, opor ayam panggang sunggingan siap untuk dinikmati.

Opor Ayam Panggang Sunggingan Kudus
Opor Ayam Panggang Sunggingan Kudus [image source]

4. Racikan Sate Kerbau dari Tahun 1950

Sate Kerbau Pak Min Jastro
Sate Kerbau Pak Min Jastro [image source]
Tempat yang enak untuk menikmati kuliner satu ini adalah Sate Kerbau Pak Min Jastro. Bertempat di Jalan KH. Agus Salim, Jati Kulon, warung ini buka dari jam 7.30 pagi sampai 11.00 siang. Daging satenya terkenal empuk karena digepuk dahulu hingga hancur sebelum ditusuk dan dibakar. Berdiri sejak 1950an, cita rasa yang dihasilkan dari tiap tusuk satenya juara banget.

Sate Kerbau di Kudus
Sate Kerbau di Kudus [image source]

5. Lentog Tanjung, Lontong Khas Desa Tanjungkarang

Lentog Tanjung
Lentog Tanjung [image source]
Kuliner ini berupa lontong yang diolah oleh masyarakat Tanjungkarang. Karenanya bernama Lentog Tanjung. Umumnya menu khas sarapan pagi masyarakat Kudus ini disajikan dengan beralas daun pisang dengan kuah sayur lodeh gori(nangka muda). Ditambah dengan taburan bawang goreng membuat lentog tanjung patut dicicipi.

Ilustrasi Lentog Tanjung
Ilustrasi Lentog Tanjung [image source]
Itulah daftar kuliner yang patut kamu coba saat berkunjung ke Kudus, Jawa Tengah. Sebagian besar menu di atas telah berusia puluhan tahun. Jadi soal rasa tak perlu diragukan lagi.