Keiistimewaan Soto Gading Solo, Baru Disambangi Keluarga Jokowi

Selama ini Presiden Joko Widodo atau akrab disapa dengan Jokowi memang dikenal punya pribadi sederhana. Soal makanan favorit pun, pria asal Solo itu juga tak neko-neko. Bukti terbarunya hadir belum lama ini, ketika RI 1 tersebut mengunjungi Soto Gading Solo bersama keluarganya.

Lewat akun Twitter miliknya, Jokowi mengunggah foto yang menunjukkan ia tengah bercengkrama bersama sejumlah anggota keluarga sembari menanti hidangan disajikan di Soto Gading Solo. Di situ sang presiden juga menyebutkan pentingnya untuk meluangkan sedikit waktu bersama keluarga, di tengah-tengah kesibukan.

Jokowi bersama keluarganya di Soto Gading Solo via Instagram yuni_rahayu_lestari

Jokowi sendiri memang punya sejumlah kuliner favorit di kota kelahirannya, namun apa sebenarnya keiistimewaan dari Soto Gading Solo hingga membuat sang presiden terpesona? Berikut TravelingYuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Sering jadi langganan presiden

Soto Gading siap disajikan dengan kuah bening via Instagram lumbungpangansolo

Saking nikmatnya, Soto Gading Solo ternyata sudah lama menjadi langganan sejumlah pejabat negara dan juga mantan presiden. Sebelum menjadi pemimpin nomor satu Tanah Air, Jokowi kabarnya sudah sering mampir ke warung soto yang terletak di Jl Brigjen Sudiarto no 75 ini.

Tak cuma Jokowi, sejumlah nama tenar lainnya yang juga pernah merasakan langsung nikmatnya Soto Gading Solo adalah mantan presiden BJ Habibie, Soeharto, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan almarhum Gusdur. Beberapa mentri dan anggota dewan kabarnya juga menjadikan warung ini sebagai langganan ketika berkunjung ke Solo.

2. Sudah punya beberapa cabang

Semangkuk Soto Gading yang Legendaris via Instagram soloculinary

Diawali dengan niat mencari penghidupan yang lebih baik, pemilik Soto Gading Solo kini sudah menuai hasil dari jerih payahnya. Terbukti kini sudah ada tiga cabang warung yang menawarkan menu serupa. Meski hanya diawali dengan sederhana, terbukti wisata kuliner Solo ini sekarang jadi populer tak hanya di kalangan rakyat biasa melainkan pejabat.

Uniknya lagi, Soto Gading Solo ternyata bukan satu-satunya penjual soto di daerah selatan keraton. Di sepanjang Jl Brigjen Sudiarto, ada banyak warung yang menjajakan hidangan sama. Namun demikian Soto Gading Solo tetap diburu para penggemar karena rasanya yang khas.

3. Kelezatan yang tiada duanya

Beragam pilihan lauk pelengkap Soto Gading via Instagram goestiwijoyo

Soto Gading Solo disajikan dengan kuah yang sedikit kental, namun masih kelihatan bening. Begitu masuk ke dalam mulut, rasa kaldu ayamnya terasa sangat pas dengan sedikit sensasi berminyak. Apalagi atmosfer di dalam warung begitu hangat dan akrab, membuat siapapun bakal semakin menikmati santapannya di sini.

Bagi yang belum puas hanya dengan makan menu reguler, Soto Gading Solo menyediakan beragam lauk sebagai pelengkap. Pengunjung bisa memilih mulai dari tempe, tahu, empal, sate uritan, sate kerang, jeroan, dan masih banyak lagi. Untuk minum, jangan lupa memesan teh nasgintel – panas legi kentel alias panas, manis, dan kental.

4. Harganya murah

Para pelayan sibuk meladeni pelanggan di Soto Gading via Instagram nonarakus

Meski sudah begitu tenar dan digemari banyak pejabat hingga presiden, Soto Gading Solo termasuk kuliner yang terjangkau. Untuk menikmati satu porsi soto dan teh panas, pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk tambahan lauk ditawarkan mulai harga seribu rupiah.

Soto Gading Solo ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarapan, karena mereka sudah buka sejak pukul setengah enam pagi. Namun jangan datang terlalu petang, karena biasanya dagangan sudah habis sekitar pukul setengah empat sore.

Itulah tadi beberapa keiistimewaan dari Soto Gading Solo yang membuat Presiden Jokowi terus datang lagi dan lagi setiap pulang ke kampung halamannya. Bagaimana, tertarik untuk membuktikan sendiri kelezatannya jika berkunjung ke Kota Batik?

Tags
kuliner Solo soto gading solo Wisata Kuliner
Share