Soto Abah Opan, Rekomendasi Kuliner Nendang di Palembang

Pempek, menu yang tak pernah lepas dari Palembang. Padahal, banyak kuliner enak yang dapat ditemukan saat berkunjung ke kota ini. Bahkan, kamu juga bisa menikmati hidangan di atas perahu. Nah, salah satu rekomendasi kuliner nendang di sini yang dicoba adalah Soto Abah Opan. Tempat makan yang menu makanannya bikin kamu ketagihan. Penasaran kan?

Kuliner Legendarisnya Palembang

Isi soto yang menggiurkan
Isi soto yang menggiurkan via instagram/@makanapa.plg

Soto/Sop Abah Opan begitulah nama asli dari tempat makan ini. Setiap jam makan siang, warung ini selalu banjir pembeli, baik warga sekitar atau pekerja kantoran. Tidak hanya soal rasanya, kepopuleran dari soto ini tidak lain karena lamanya berjualan. Dari beberapa sumber, pemiliknya sudah berjualan sejak tahun 1988 dengan menggunakan gerobak. Sempat ludes karena terbakar, di tahun 1997 kembali bangkit dan kini telah memiliki satu cabang.

Porsi Soto enak di Palembang
Porsi Soto enak di Palembang via instagram/@rahmahlatifah

Menu Spesial Ayam Ungkep

Sajian istimewa di Soto Abah Opan
Sajian istimewa di Soto Abah Opan via instagram/@jajanpalembang

Tempat makan yang berada di Jalan Kebon Duku ini menawarkan berbagai pilihan menu.  Ada soto, sayur asem, dan tempe bacem. Namun, yang menjadi andalan adalah soto dengan isian ayam, babat, daging, ati, ampela. Kelezatan menu ini terdapat pada ayamnya. Cara memasaknya diungkep dengan bumbu spesial. Rasanya tentu saja nendang di lidah. Bahkan bagian terdalamnya, tak mengecewakan pecinta kuliner.

Soto unik di Palembang
Soto unik di Palembang via instagram/@jajanpalembang

Isi dan Kuah Disajikan Terpisah

Soto dengan isi terpisah
Soto dengan isi terpisah via instagram/@jajanpalembang

Keunikan lain dari Soto Abah Opan ada pada kuahnya. Disajikan terpisah dengan lauk, kamu bisa melihat perbedaan dengan soto lainnya. Konon, sajian ini muncul setelah pemiliknya mencoba mengkombinasikan dengan bahan-bahan pilihan soto lainnya. Cita rasanya unik, ada asam pedas yang menggigit. Sangat pas disantap dengan tambahan sambal ijo dan perasan jeruk nipis.

Soto unik dengan isi terpisah
Soto unik dengan isi terpisah via instagram/@rini.effendy

Aneka Lauk Tambahan yang Menggugah Selera

Seporsi soto babat
Seporsi soto babat via instagram/@agungputra_s

Meski telah berusia puluhan tahun, rasa yang disajikan tak pernah berubah. Bahkan, isian yang digunakan. Agar menu makananmu makin nikmat, coba juga tambahkan aneka lauk yang ditawarkan. Ada tempe goreng, emping, telur asing, hingga perkedel. Semuanya nendang di lidah. Harganya juga terjangkau dan pastinya aman di kantong.

Seporsi soto dengan tambahan ampela
Seporsi soto dengan tambahan ampela via instagram/@dentist.chef

Nah, itulah ulasan tentang Soto Abah Opan yang bisa menjadi rekomendasi kuliner saat liburan ke Palembang. Jadi, kapan nih liburan ke kota cantik ini?

Tags
Indonesia Kuliner Palembang Palembang Sumatera Selatan
Share