7 Kuliner Wajib Icip Saat Berkunjung ke Palembang, Dijamin Senang

Melisa

Melisa

On Indonesia

Ada banyak jembatan cantik di Indonesia. Salah satunya adalah Ampera yang menjadi ikon dari Palembang. Jalan-jalan di kota ini juga murah meriah. Tiket pesawat untuk pulang pergi dari Jakarta tak sampai sejutaan, lho. Selain memiliki berbagai wisata sejarah, jangan lupa mencicipi makanan enaknya. Di bawah ini ada tujuh kuliner Palembang yang wajib dicoba. Apa saja, ya?

1. Pempek Candy

Pempek Candy
Pempek Candy [image source]
Belum ke Palembang kalau tak mencoba pempek, salah satu makanan khas dari kota ini. Kuliner yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji ini juga menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa. Yang paling terkenal dan legendaris adalah Pempek Candy yang salah satu cabangnya ada di Jl. Letjen Harun Sohar No.99, Kebun Bunga, Palembang. Sudah ada kemasan khusus untuk buah tangan, lho.

2. Pindang Pegagan Mbok Yah

Pindang Pegagan Mbok Yah
Pindang Pegagan Mbok Yah [image source]
Yang juga tak boleh dilewatkan adalah pindang khas Palembang. Mampir dan rasakan sendiri sedapnya berbagai menu ikan di Pindang Pegagan Mbok Yah, Jl. Sekanak, 22 Ilir, Bukit Kecil. Meski pembelinya sangat ramai, namun pelayanan di tempat makan sederhana ini dikenal cepat. Jadi tak perlu menunggu lama dan kelaparan. Cocok nih untuk santapan makan siangmu.

3. Tekwan Lapangan Hatta

Tekwan Lapangan Hatta
Tekwan Lapangan Hatta [image source]
Selain pempek, tekwan juga merupakan kuliner khas Palembang yang super enak. Makanan yang satu ini terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, dibentuk berupa bulatan kecil-kecil dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Makin segar dengan potongan bengkoang yang dicampur di dalamnya. Salah satu yang terkenal adalah tekwan yang dijual di Lapangan Hatta, Palembang. Jangan lupa juga mencicipi es kacang merahnya.

4. Mie Celor H. Syafei

Mie Celoh H Syafei Palembang
Mie Celor H. Syafei Palembang [image source]
Pastikan mie celor ada dalam daftar kuliner yang ingin kamu cicipi. Yang paling enak dan terkenal adalah Mie Celor H. Syafei yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 02, Pasar 26 Ilir, Palembang. Kuahnya yang kental dan gurih semakin menambah nikmat mie-nya yang kenyal. Porsinya pun tak pelit. Makin mantap disantap dengan tambahan sambalnya. Yakin tak mau tambah?

5. Mie Aceh Biruen

Mie Aceh Bireun
Mie Aceh Bireun [image source]
Tak harus ke Aceh untuk mencicipi hidangan lezat Mie Aceh. Di Palembang, tepatnya Jl. Talang Kerangga, Bukit Kecil, ada Mie Aceh Bireun yang menyuguhkan sepiring kebahagiaan untuk para pecinta kuliner. Pemiliknya mendatangkan beberapa rempah dan keripik emping langsung dari Aceh. Coba juga Mie Aceh Seafood yang rasanya juara. Semua bahan yang digunakan dijamin kesegarannya.

6. Mie Ayam Atet

Mie Ayam Atet
Mie Ayam Atet [image source]
Bingung mencari sarapan saat jalan-jalan di Palembang? Mampir saja ke Mie Ayam Atet yang ada di Jalan Taman Siswa No.149. Warung sederhana dengan makanan luar biasa enak ini sudah siap melayani pelanggannya sejak pukul 6.30 pagi. Porsi yang jumbo membuatmu bisa membaginya dengan sahabat. Tersedia juga kuah dengan baksonya yang super sedap. Jangan datang terlalu siang kalau tak mau kehabisan, ya.

7. Bakso Opa Godeg

Bakso Sumsum Opa Godeg
Bakso Sumsum Opa Godeg [image source]
Sudah coba Bakso Kuburan Mantan di Sukabumi? Atau Bakso Mangkuk yang pastinya bikin kenyang? Meski sudah banyak inovasi kekinian tentang kuliner ini, yang sederhana tapi tetap dicintai adalah bakso sumsum. Saat berkunjung ke Palembang, jangan lupa mampir ke Bakso Opa Godeg dan mencicipi berbagai menunya. Bakso ini berada di Jl. Pimpong, Lorok Pakjo dan baru buka di sore hari, ya.

Wah, ternyata kuliner enak di Palembang tak cuma pempek, ya. Bagaimana, mana nih yang sudah pernah kamu coba?