Sop Senerek di Magelang, Citarasa Kuliner Berkuah yang Bikin Kembali Bertandang

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Sop senerek di Magelang Sop senerek di Magelang

Sop Senerek merupakan salah satu kuliner khas Magelang yang juga sering kamu temui di kota lain. Ciri khas kuliner ini adalah penggunaan kacang merah yang dipadukan dengan sayur-mayur, plus daging sapi ataupun tetelan. Mau coba yang enak? Berikut adalah rekomendasi sop senerek di Magelang, here we go.

Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek Pak Parto, via Instagram/mahasiswakulineran
Sop Senerek Pak Parto, via Instagram/mahasiswakulineran

Sop Senerek Pak Parto merupakan salah satu yang cukup populer di Magelang. Berada di Jl. Jenderal Sudirman, Magersari, Magelang Selatan, Magelang di sekitaran bekas terminal lama. Bukanya mulai jam 06:00 hingga 16:00 WIB.

Sop senerek di sini memiliki cita rasa yang begitu segar dan nikmat. Satu porsinya berisi irisan daging, wortel, bayam, serta kacang merah yang empuk. Satu porsinya dibanderol dengan harga belasan ribu saja.

Sop Senerek Bu Atmo

Sop Senerek Bu Atmo, via Instagram/tukangngider
Sop Senerek Bu Atmo, via Instagram/tukangngider

Selanjutnya ada Sop Senerek Bu Atmo yang masuk dalam jajaran kuliner legendaris Magelang. Pasalnya, tempat ini telah dirintis sejak tahun 1960-an.

Tak hanya sop senerek, es beras kencur juga begitu diburu oleh pengunjung yang datang. Satu porsi sop senerek di sini dipatok Rp13.000 saja. Akan ada tambahan jika mengambil lauk lain. Alamatnya berada di Jl. Mangkubumi No. 3, Cacaban, Magelang.

Sop Senerek Pisangan

Sop Senerek Pisangan, via Instagram/elfiramaharani
Sop Senerek Pisangan, via Instagram/elfiramaharani

Tempat lainnya adalah Sop Senerek Pisangan yang tidak kalah populer. Tampilannya tidak jauh beda dengan yang lainnya. Ada kacang merah, bayam, wortel, dan juga daging sapi. Untuk lauk tambahannya juga banyak, mulai dari otak goreng sampai dengan tempa dan tahu. Ada pecel juga jika kamu tidak ingin menyantap yang kuah-kuah.

Lokasinya berada di Jl. Pisangan KM.5, Banyuurip, Tegalrejo, Ngepor, Magelang. Selain sop senerek, ada beberapa pilihan menu yang lain. Satu porsi sop senerek campur dibanderol Rp13.000 sampai dengan Rp16.000.

Sop Senerek Iga Sapi dan Rames Banar

Sop Senerek Banar, via Instagram/wiwitby
Sop Senerek Banar, via Instagram/wiwitby

Lalu ada Nasi Sop Senerek Iga Sapi dan Rames Banar yang berada di Jl. Soekarno Hatta, Mertoyudan, Magelang, Jawa Timur. Di sini tersedia sop senerek yang nikmat. Di dalamnya ada beragam pilihan, mulai dari daging, babat, usus sapi, lidah dan juga spesial iga.

Di sini kamu bisa makan sembari menyaksikan panorama persawahan yang asri dan nyaman. Harganya juga terjangkau, sop senereknya dibanderol Rp15.000. Harga yang terjangkau dan untuk seporsi sop senerek yang nikmat.

Teman Traveler yang ingin mencicipi sop senerek yang enak dan nikmat, bisa berkunjung ke salah satu tempat yang disebutkan di atas ya. Jangan sampai melewatkan kuliner Magelang satu ini saat berkunjung. Ada yang sudah pernah coba?