Lebaran di Magelang, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khasnya

Idul Fitri selama ini identik dengan aktivitas pulang kampung. Namun, sepertinya dua tahun belakangan ini, banyak orang yang memutuskan untuk stay di tempat perantauan ataupun malah memilih untuk traveling. Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang bisa dilirik jika kamu memutuskan untuk traveling saat lebaran. Ada banyak obyek wisata dan situs sejarah yang bisa dikunjungi. Selain itu, ada pula kuliner khas Magelang yang bisa dinikmati saat kamu memutuskan untuk lebaran di sana. Berikut ini daftarnya,

Sego Godog

Sego godog, Via Instagram ceritamakan
Sego godog, Via Instagram ceritamakan

Sego godog perpaduan dua kata, yakni sego yang berarti nasi dan godog yang berarti rebus. Jadi sego godog ini merupakan nasi yang direbus. Dinamakan demikian lantaran kuliner satu ini diolah dengan cara direbus yang kemudian diberi bumbu. Dalam seporsi sego godog ini biasanya akan ada isian sayur, sedikit mie dan juga daging. Jika kamu berencana mencicipi sego godog, ada salah satu lokasi yang sudah cukup terkemuka, yakni Sego Godog Pak Manto yang berada di Lapangan Karang Kota Gede atu di alun-alun kota.

Sop Senerek

Sop Senerek, Via Instagram tukangngider
Sop Senerek, Via Instagram tukangngider

Kuliner lain dari Magelang yang bisa kamu cicipi adalah sop senerek. Kuliner ini merupakan warisan dari zaman kolonial. Ciri khasnya yakni sop daging yang dipadukan dengan campuran kacang merah. Tidak hanya bagian daging saja, ada babat, usus sapi, dan juga lidah yang bisa dipilih. Biasanya daging ini akan dipadukan dengan wortel, daun bayam, dan irisan daun bawang. Salah satu lokasi terkenal untuk mencicipi kuliner ini adalah warung milik Pak Parto yang berada di Jl. Jenderal Sudirman, Magelang.

Mangut Beong

Mangut beong, Via Instagram jogjaculinary
Mangut beong, Via Instagram jogjaculinary

Mangut lele sudah sangat biasa ya. Nah, jika berada di Magelang kamu bisa mencicipi kelezatan dari mangut beong. Sesuai dengan namanya, kuliner ini memanfaatkan ikan beong yang merupakan ikan air tawar berukuran besar yang hidup di Sungai Progo. Karena ikan beong sekarang sudah semakin langka, maka harga mangut beong ini juga menyesuaikan. Datanglah ke Warung Sehati Selera Pedas yang berada di Desa Kembanglimus jika kamu ingin mencicipi mangut beong dengan rasa yang enak dan tak perlu diragukan lagi.

Buntil Lumbu

Buntil khas Magelang, Via Instagram laukonlen165_aciprass
Buntil khas Magelang, Via Instagram laukonlen165_aciprass

Kuliner anti-mainstream dan jarang ada di tempat lainnya yakni buntil lumbu. Ini merupakan kuliner yang berasal dari daun lumbu sawah. Beda buntil satu ini dengan yang terdapat di tempat lainnya adalah tanpa siraman santan alias kering. Daun lumbu digulng rapi dan dimasukkan dalam bungkus daun pisang lalu diberi sambal yang terbuat dari parutan kelapa, campuran ikan tongkol, dan juga cabai utuh. Sangat nikmat disantap bersama dengan nasi pans. Nah, tempat menyantap buntil lumbu yang cukup terkemuka berada di pasar Tukangan, sebelah timur RSU Magelang.

Kupat Tahu

Kupat tahu Magelang, Via Instagram sylvieoctovina
Kupat tahu Magelang, Via Instagram sylvieoctovina

Kuliner terakhir yang bisa saja kamu cicipi dan banyak disukai adalah kupat tahu. Perbedaan kupat tahu di Magelang dengan yang lainnya tedapat pada irisan kol, mie, bakwan dan juga tahu putih. Salah satu lokasi legendaris yang bisa dikunjungi saat ingin mencicipi seporsi kupat tahu ada di Tahu Pojok Magelang yang berada di Jl. Tentara Pelajar No. 14, Magelang. Kupat tahu ini sudah ada sejak tahun 1942 yang lalu.

Kuliner khas Magelang yang bisa banget untuk dinikmati kelezatannya bukan? Jangan lupa juga membawa pulang oleh-oleh Magelang jika akan kembali ke rumah.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner khas Magelang Magelang
Share