Kunjungi Kampung Seni Jelekong Bandung, Penghasil Lukisan Terbesar di Kota Kembang

Advertisement
Advertisement

Bandung tidak pernah sepi dengan kreativitas. Beberapa destinasi wisata menyenangkan bisa dengan mudah ditemukan di sini. Seperti sebuah kawasan yang merupakan penghasil lukisan terbesar di Bandung bernama Kampung Seni Jelekong.

Teman Traveler familiar dengan lukisan-lukisan yang terpajang di Jalan Braga? Sebagian besar lukisan tersebut berasal dari kampung ini lho. Seperti apa uniknya salah satu destinasi wisata seni di Bandung ini?

1. Kampung Lukis Terbesar di Bandung

Kampung Lukis Terbesar di Kota Bandung via Instagram/ info.baleendah

Lukisan berbagai tema yang banyak berjajar di salah satu sudut Jalan Braga Bandung, menambah otentik kawasan ini. Lukisan tersebut bahkan kerap menjadi latar belakang berfoto yang instagenic. Tapi, tahukah Teman Traveler dari mana semua karya tersebut berasal? Siapa pelukisnya?

Lukisan di Sudut Jalan Braga Sebagian Besar Berasal dari Kampung Ini via Instagram/ arka_rizqiaart

Lukisan cantik yang menghiasi salah satu jalan terkenal di Bandung tersebut, sebagian besar berasal dari Kampung Seni Jelekong. Sebuah kampung lukis terbesar di Kota Bandung yang namanya sudah cukup terkenal. Para penulis dari kampung ini, memiliki kemampuan lukis yang tidak kalah terkenal.

2. Kampung Seniman Sejak Dulu

Kampungnya Seniman Sejak Dulu via Instagram/ fajars_art

Kampung Seni Jelekong Bandung dihuni oleh pelukis yang mendapat keahlian secara turun-temurun. Bermula sejak 1970, melalui Odin Rohidin, warga di kampung ini mulai dikenalkan dengan lukisan. Pelukis-pelukis di Kampung Seni Jelekong dikenal loyal. Seni melukis yang ditekuni, diturunkan dari generasi ke generasi.

Kampung Lukis Sejak Lama via Instagram/ suryadiart_017

Saat ini, setidaknya ada sekitar dua ratus kepala keluarga di Kampung Jelekong yang menekuni bidang lukis. Mereka melukis sekaligus menjualnya. Harga lukisan karya warga Jelekong cukup terjangkau, tetapi kualitasnya tidak kalah dengan lukisan mahal karya pelukis terkenal.

3. Sediakan Spot Foto 3D Baru

Spot Foto 3D yang Instagenic via Instagram/ igoy_jangkung

Mengikuti kebutuhan para pengunjungnya yang semakin kekinian, Kampung Seni Jelekong menyediakan spot foto 3D baru bernama Mini 3D Art Jelekong. Lukisan berbagai tema berupa tiga dimensi tersebut dilukis di dinding-dinding triplek. Teman Traveler bisa berfoto di sini sambil berekspresi.

Disediakan Spot Foto Tiga Dimensi yang Instagenic via Instagram/ sidestar_custom

Mini 3D Art Jelekong dikonsep dan dibuat oleh Komunitas Gurat Art sejak 2016. Kreasi ini adalah upaya untuk mengenalkan seni rupa kepada masyarakat umum. Secara berkala, lukisan 3D akan diganti dengan lukisan baru agar pengunjung tidak bosan. Tiket masuknya mulai dari Rp10 ribu.

4. Lokasi Kampung Jelekong

Komunitas Gurat Kampung Seni Jelekong via Instagram/ infokabupatenbandung

Jika Teman Traveler tertarik untuk berkunjung, silakan datang ke Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Sesampainya di lokasi, sebuah pemandangan dari lukisan yang berjejer akan ditemukan di sepanjang jalan Jelekong.

Selain melihat-lihat cantiknya lukisan di sini, pengunjung juga bisa membeli lukisan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp200 ribu. Bagaimana? Penasaran dengan kampung ini? Berkunjung ke sini, membuat agenda jalan-jalan ke Bandung jadi lebih bervariasi ya! Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia kampung seni jelekong Wisata
Share