Sop Empal Bu Haryoko, Sudah Tiga Generasi Manjakan Lidah Pecinta Kuliner

Advertisement

Sop merupakan kuah sedap berisi sayuran, seperti potongan wortel, makaroni, kentang, dan lain-lain. Ternyata ada yang berbeda dengan sop empal Bu Haryoko di Muntilan, Jawa Tegah. Nama warungnya adalah Spesial Sop Empal Bu Haryoko yang menawarkan sop minimalis dengan tambahan empal yang menggiurkan. Yuk kita ulas lebih mendalam.

Tempat Makan dengan Resep Turun Temurun

Sop Empal spesial, via Instagram/jogjabikinlaper
Sop Empal spesial, via Instagram/jogjabikinlaper

Jangan salah, tempat makan di Muntilan ini telah berdiri lama dan sudah dikelola oleh 3 generasi. Awalnya, warung makan ini dibuka oleh Mbah Karto yang merupakan nenek dari Ny Haryoko. Kemudian diteruskan oleh generasi kedua, yaitu Nyonya Ngalim.

Sederhana namun bikin nagih, via Instagram/jogjafood
Sederhana namun bikin nagih, via Instagram/jogjafood

Untuk mempertahankan citarasanya, pengelola masih melakukan tahapan-tahapan yang sama, termasuk resepnya. Uniknya, meskipun mempertahankan resep dan cara pengolahan, Ny Haryoko tidak mengetahui mengenai asal usul makanan yang hanya memanfaatkan kubis dan bihun saja. Padahal seperti yang kita ketahui, sayur sop biasanya lengkap dengan beragam isiannya.

Rahasia Kenikmatan Sop Empal Bu Haryoko

Empal yang begitu empuk, via Instagram/jogjaculinary
Empal yang begitu empuk, via Instagram/jogjaculinary

Sop empal Bu Haryoko terasa gurih dan begitu lembut di lidah. Sebenarnya, secara umum proses pembuatan dan bumbu-bumbunya tak jauh beda dari warung kebanyakan. Namun untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan nikmat, pihaknya memasak daging sehari sebelumnya.

Daging direbus pukul 10:00, kemudian satu hingga dua jam kemudian kuahnya disisihkan untuk kaldu sop. Kuah yang masih ada dimasak dan diberi bumbu hingga pukul 17:00 WIB. Harus menggunakan api kecil supaya daging benar-benar matang dan empuk.

Harga yang terjangkau, via Instagram/riderkulineran
Harga yang terjangkau, via Instagram/riderkulineran

Keesokan harinya, juga masih dihangatkan dengan menggunakan api kecil. Satu hal lagi, supaya bumbu-bumbunya lebih meresap sempurna, alat yang digunakan adalah tungku berbahan bakar arang. Kemudian saat disuguhkan, empal ditimbang setiap porsinya, yaitu setengah ons daging.

Alamat Warung Sop Empal Bu Haryoko yang Tak Buka Cabang

Rasa yang bikin nambah nasi, via Instagram/eatandstillhungry
Rasa yang bikin nambah nasi, via Instagram/eatandstillhungry

Warung Sop Empal Bu Haryoko ini berada di Jl. Veteran No. 9, Muntilan, Kabupaten Magelang. Tepatnya berada di belakang klenteng tua di Muntilan yang bernama Klenteng Hok An Kiong. Bukanya mulai jam 06:00 pagi. Bisa jadi tempat sarapan sebelum jalan-jalan ke Candi Borobudur. Satu porsi empal ditambah dengan nasi sop plus teh panas, dibanderol Rp24.000 saja.

Kenikmatan yang pelu dicoba, begitu segar dan rasanya bikin ketagihan. Jangan lupa mencicipi kuliner Magelang satu ini jika sedang jalan-jalan ke Candi Borobudur ya. Tertarik mencoba, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Sop Empal Bu Haryoko
Share