10 Tempat Kulineran di Magelang, dari Gudeg sampai Sop Senerek Bikin Lidah Goyang-goyang

Advertisement

Kuliner di Magelang, tersaji dalam beragam hidangan. Saking lezatnya, semua bisa bikin lidah goyang-goyang. Dari gudeg hingga sop senerek, rasanya enak dan khas. Teman Traveler yang berencana untuk liburan ke kota ini, nggak usah bingung cari makan yang khas dan enak di lidah. Ada apa saja? Ini dia 10 tempat kulineran di Magelang yang wajib dicoba. Sudah siap liburan sampai kekenyangan?

1. Sop Empal Bu Haryoko, Muntilan

Sop Empal Bu Haryoko via Instagram/ krisrahardian
Sop Empal Bu Haryoko via Instagram/ krisrahardian

Teman Traveler kebetulan melintasi Muntilan dan perut terasa lapar? Tuntaskan dengan seporsi Sop Empal Bu Haryoko. Salah satu tempat kuliner legendaris di Muntilan ini sudah dikelola oleh tiga generasi. Tidak heran karena empal yang dijual Bu Haryoko empuk dan berbumbu. Satu porsi sop empal, terdiri atas sop bihun plus nasi yang ditambahkan kuah segar dan potongan daging empal. Paduan antara gurih dari kuah sop dan manis dari empal, menciptakan rasa yang lezat. Harga seporsinya mulai dari Rp 24 ribu.

2. Soto Sapi Laras Roso

Soto Sapi Laras Roso via Instagram
Soto Sapi Laras Roso via Instagram/ mariskaannastasia

Tempat kulineran di Magelang yang harus Teman Traveler sambangi terletak di Jln. Sriwijaya No. 29. Namanya adalah Soto Sapi Laras Roso. Sajian utama kedai ini adalah soto sapi dengan kuah yang sedikit asam sebagai ciri khasnya. Rasa asam pada kuah soto datang dari irisan tomat yang dicampurkan. Soto kuah bening dengan irisan daging sapi yang lezat ini, laris manis di kalangan pembeli. Dalam satu porsinya, terdapat nasi, kecambah atau toge, daging sapi, irisan selederi dan daun bawang. Harga satu porsi Soto Sapi mulai dari belasan ribu. Nggak penasaran coba rasanya?

3. Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema

Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema via Instagram
Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema via Instagram/ kedai.bukitrhema

Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema, buka pertengahan 2017 lalu. Posisinya yang berada di atas bukit, membuatnya langsung hits! Ia berada di bagian belakang Gereja Ayam yang terkenal lewat film AADC 2. Dinamakan kedai rakyat, karena menu-menu yang dijual di sini, merupakan makanan tradisional yang langsung dibuat oleh warga sekitar. Teman Traveler yang butuh udara segar, bisa datang ke sini. Pemandangan dari Lembah Menoreh serta udaranya yang sejuk, jadi andalan!

4. Sop Senerek Bu Atmo

Sop Senerek Bu Atmo via Instagram/ djkrisna
Sop Senerek Bu Atmo via Instagram/ djkrisna

Sop Senerek Bu Atmo berada di dekat perempatan Jln. Mangkabumi dan Jln. Diponegoro, Magelang. Dalam satu porsinya, kebutuhan gizi dijamin langsung terpenuhi! Bagaimana tidak, sebab ada potongan wortel, kentang, daun bawang, kacang merah, bayam, tomat dan daging ayam atau daging sapi. Kuahnya berwarna coklat, dengan cita rasa yang nikmat! Kenyang langsung!

5. Bakmi Jendralan

Bakmi Jendralan via Instagram
Bakmi Jendralan via Instagram/ mariskaannastasia

Bakmi Jendralan adalah salah satu tempat kulineran di Magelang yang pas untuk mengisi perut malam-malam! Nama Jendralan diberikan karena pemiliknya membuka usaha di sekitar Kantor Karisidenan Kedu atau yang oleh masyarakat sekitar sering disebut dengan nama ‘Jendralan’. Begitu sampai, langsung pesen bakmi rebus atau capcaynya ya. Karena, dua menu itu yang merupakan favorit di sini. Uniknya, mie yang digunakan oleh Bakmi Jendralan adalah produksi sendiri. Ia punya ukuran yang lebih besar dibanding pada umumnya, namun tetap kenyal dan enak.

6. Warung Mie AA

Warung Mie AA yang Didesain dengan Unik via Instagram/ dysavitri
Warung Mie AA yang Didesain dengan Unik via Instagram/ dysavitri

Tempat kulineran di Magelang yang satu ini didesain dengan menarik. Pada dindingnya terdapat cermin-cermin antik. Warung Mie AA letaknya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Kota Magelang. Bukan hanya desain interiornya yang unik, menu di sini juga disajikan dengan unik. Tersedia 111 menu makanan dan 21 minuman yang siap dipesan. Antara lain Nasi Goreng Ayam Mawut, Kwetiau Goreng dan Capcay Godog . Setiap porsi makanan juga disajikan dengan porsi besar. Dijamin kenyang!

7. Gudeg Kodim

Gudeg Kodim via Instagram/ errypancar
Gudeg Kodim via Instagram/ errypancar

Kangen dengan gudeg, tidak harus ke Jogja. Teman Traveler bisa coba mampir ke Gudeg Kodim yang berjualan di sekitar kawasan Kodim, Magelang. Salah satu menu yang jadi kegemaran para pembeli adalah bubur gudeg krecek. Harga setiap porsinya bisa berubah mengikuti topping yang dipilih. Di sini juga tersedia nasi kok. Jangan khawatir bagi yang tidak terlalu bersahabat dengan bubur ya.

8. Tahu Kupat Pak Pangat

Kupat Tahu Pangat via Instagram
Kupat Tahu Pangat via Instagram/ dayanramly

Saatnya makan siang? Ambil kendaraan dan langsung menuju kedai Tahu Kupat Pak Pangat yang berada di Jln Panembahan Senopati, persis seberang jalan menuju Taman Bermain Kyai Langgeng. Dalam satu porso tahu kupat yang dijual Pak Pangat, Teman Traveler akan mendapatkan irisan tahu goreng, ketupat, sayuran rebus, bakwa dan kuah kacang yang gurih dan manis.

9. Bakmi Bah Kim

Bakmi Bah Kim, Muntilan via Instagram/ makankeliling
Bakmi Bah Kim, Muntilan via Instagram/ makankeliling

Bakmi Bah Kim, hanya bisa Teman Traveler temui di Muntilan. Tepatnya, di Jln. FX. Suhaji, Muntilan, Magelang. Depot ini menjual bakmi nyemek, rebus atau goreng. Dalam seporsi Bakmi Bah Kim, terdapat mie berukuran besar-besar, sayuran seperti kol atau sawi dan daging ayam atau sapi. Harga seporsinya cukup terjangkau, sekitar Rp 27 ribu.

10. Nasi Goreng Pak Yanto

Nasi Goreng Pak Yanto via Instagram
Nasi Goreng Pak Yanto via Instagram/ mamamamandut

Tempat kulineran di Magelang ini khusus untuk Teman Traveler yang kangen dengan nasi goreng. Uniknya, nasi goreng khas Magelang dimasak dengan campuran mie. Salah satu yang terkenal di sini adalah Nasi Goreng Pak Yanto. Pak Yanto bisa ditemui di sekitar Jln. Soegeng, sebrang perbelanjaan Artos (Armada Town Square). Cita rasa nasi gorengnya yang berempah membuat banyak pembeli rela antre. Siap-siap ya!

Wah, kapan lagi liburan sambil jajan makanan enak? Itu tadi sederetan tempat kulineran di Magelang yang menggoda untuk dicoba satu-satu kalau begitu. Siapkan perut kosong ya! Bagaimana, mau ajak siapa saja nih?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Magelang tempat kulineran di magelang
Share