Tempat Makan Sekitar Candi Borobudur, Enak dengan Harga Terjangkau

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata Indonesia yang tak pernah mengecewakan wisatawan. Kekokohan bangunan hingga sejarah di dalamnya selalu menjadi daya tarik tersendiri. Meski jauh dari pusat kota, kamu tak perlu takut akan kesusahan mencari hotel saat liburan ke sini. Begitu pula dengan tempat makan yang ada di sekitar kuil Budha terbesar di dunia ini.

1. Sop Senerek Iga Sapi Banar

Sop Iga Senerek Banar di Magelang
Sop Iga Senerek Banar di Magelang via instagram/@rievy

Tempat makan pertama yang letaknya tak jauh dari Candi Borobudur adalah Sop Senerek Iga Sapi dan Nasi Rames Banar. Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta No. 288, Mungkid yang bisa ditempuh selama 13 menit dengan menggunakan kendaraan. Seperti namanya, warung makan ini menyediakan sop senerek yang menjadi kuliner khas Magelang. Cita rasa kuahnya sangat pas, apalagi disajikan bersama dengan nasi hangat. Untuk harganya juga terjangkau mulai dari Rp10.000.

Sop Iga Senerek Banar Magelang
Sop Iga Senerek Banar Magelang via instagram/@laurensiafitri

2. Dapoer Gending

Dapoer Gending Borobudur
Dapoer Gending Borobudur via instagram/@apoergending

Usai jelajah candi, paling enak menyantap makanan tradisional khas Nusantara. Apalagi disajikan bersama sayuran segar yang nikmat. Salah satu tempat yang pas untuk kamu jujuk adalah Dapoer Gending. Letaknya Jalan Pramudya Wardhani No.19 yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama enam menit. Hingga artikel ini ditulis, harga paket di Dapoer Gending mulai dari Rp10.000. Jika mau tambah, kamu pun harus menghitung harga per jenisnya.

Menu Dapoer Gending
Menu Dapoer Gending via instagram/@kulineryogya

3. Saung Makan Bu Empat

Saung Makan Bu Empat, Magelang
Saung Makan Bu Empat, Magelang via instagram/@coffeebemily

Liburan ke Candi Borobudur memang asyik jika dengan keluarga besar. Menariknya, banyak tempat makan yang menyediakan ruangan luas bagi pengunjungnya. Seperti Saung Makan Bu Empat yang berlokasi di Jalan Raya Borobudur No.4, Ngrajek, Mungkid. Menu yang disediakan disini beragam, mulai dari tempe, ayam, hingga gurami. Keunggulan yang bakal membuatmu ketagihan adalah sambalnya.

Saung Makan Bu Empat
Saung Makan Bu Empat via instagram/@ndud_cuphu

4. Ndas Beong Selera Pedas Borobudur

Ndas Beong Selera Pedas Borobudur
Ndas Beong Selera Pedas Borobudur via instagram/@jp.salvatore

Liburan ke Magelang, tak lengkap rasanya jika belum menjajal mangut beong. Makanan khas Kulon Progo ini memiliki rasa unik karena dimasak dengan bumbu lengkap. Di sekitar Borobudur, ada juga warung yang menyediakan menu tersebut. Namanya Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong atau lebih dikenal dengan nama Ndas Beong Selera Pedas Borobudur. Alamatnya di Jalan Sudirman Km. 2, Kembanglimus, Borobudur. Hingga artikel ini ditulis, harga mangut beong sekitar Rp20.000-Rp70.000. Harga tersebut cukup terjangkau mengingat susahnya ikan beong di pasaran.

Ndas Beong Selera Pedas
Ndas Beong Selera Pedas via instagram/@tie_tiuw

Itulah empat tempat makan di sekitar Candi Borobudur dengan menu enak dan menggiurkan. Kamu bisa mampir bersama orang tersayang atau pun keluarga besar. Nah, kapan nih kembali liburan ke Magelang?

Tags
Candi Borobudur Indonesia Jawa Tengah kuliner Magelang
Share