Situ Sangiang, Danau Cantik di Majalengka Penuh dengan Sejarah Mistis

Advertisement

Majalengka, Jawa Barat menawarkan banyak destinasi wisata alam yang bisa dibilang masih sangat asri. Salah satu yang memang sudah terkenal dari dulu di kalangan masyarakat Majalengka adalah Situ Sangiang. Yaitu obyek wisata yang berlokasi di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran. Jika ditempuh dari pusat kota Majalengka jaraknya kurang lebih 27 kilometer. Luas keseluruhan mencapai 105 hektar. Sementara untuk Situ Sangiangnya sendiri memiliki luas sekitar 14 hektar. Selain memiliki keindahan yang istimewa, objek wisata ini juga sarat akan nuansa mistis.

Sejarah Situ Sangiang

Situ Sangiang, Via Instagram exploremajalengka
Situ Sangiang, Via Instagram exploremajalengka

Situ Sangiang menjadi salah satu destinasi wisata di Majalengka yang banyak dikunjungi sat liburan tiba. Ada kisah mistis di balik Situ Sangiang yang asri dengan berbagai pepohonan di sekitarnya. Situ Sangiang ini erat sekali sejarahnya dengan legenda Prabu Talaga Manggung dan kedua anaknya. Talaga Manggung ini sendiri merupakan kerajaan di Majalengka yang diperkirakan ada pada abad ke-15.

Danau yang istimewa, Via Instagram irawan_ded
Danau yang istimewa, Via Instagram irawan_ded

Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, ikan-ikan yang terdapat di Situ Sangiang merupakan jelmaan dari para prajurit Talaga Manggung. Karena kepercayaan itulah, ikan-ikan di daerah tersebut tidak boleh diambil dan jika mati akan dikebumikan layaknya manusia.

Larangan di Situ Sangiang

Keindahan Situ Sangiang, Via Instagram exploremajalengka
Keindahan dari tepi danau, Via Instagram exploremajalengka

Buat kamu yang berkunjung ke Situ Sangiang tidak boleh berbuat hal sembarangan, ada larangan-larangan yang perlu untuk dipatuhi. Berikut ini beberapa larangan yang dibuat oleh pengelola setempat demi menjaga budaya dan keasrian dari Situ Sangiang sendiri.

? Para pengunjung dilarang berenang
? dilarang membuang sampah sembarangan
? dilarang memancing
? dilarang menyalakan api unggun
? dilarang mencorat-coret fasilitas apapun
? dilarang mengambil ikan dari danau
? serta dilarang memetik ataupun mengambil bagian dari pohon besar
? termasuk juga dilarang ke sembarang tempat tanpa seizin/didampingi kuncen

Fasilitas yang Ditawarkan Situ Sangiang

Situ Sangiang yang cantik, Via Instagram nurlindatika
Danau yang cantik, Via Instagram nurlindatika

Fasilitas yang terdapat di Situ Sangiang sudah cukup baik. Telah tersedia toilet, parkir, loket karcis, serta tempat istirahat. Akses menuju ke Situ Sangiang juga sudah cukup baik. Namun disarankan lebih baik untuk yang datang menggunakan kendaraan pribadi lantaran belum banyak kendaraan umum yang beroperasi.

Yuk, jangan lupa jelajahi Situ Sangiang yang memiliki panorama sangat apik ini. Sekarang juga sudah mulai dipercantik lagi berbagai fasilitas. Jadi, tak perlu berfikir berkali-kali untuk berkunjung.

Advertisement
Tags
Majalengka situ sangiang di Majalengka situ sangiang majalengka
Share