Situ Cilembang, Objek Wisata Asri di Sumedang

Advertisement

Jalan-jalan ke objek wisata Sumedang paling seru saat berburu kuliner tahu. Teksturnya yang lembut, membuat siapapun jatuh cinta. Namun, kota ini tidak hanya punya itusebagai andalannya. Coba saja berkunjung ke Situ Cilembang, salah satu objek wisata yang tidak akan membuatmu bosan memandang.

Telaga Cantik Kembaran Labuan Cermin

Telaga Cantik Kembaran Labuan Cermin
15 Telaga Cantik Kembaran Labuan Cermin [image source]
Sudah tahu kan keindahan Labuan Cermin di Berau, Kalimantan Timur? Danau cantik di tengah hutan tersebut memiliki pesona tersendiri dengan perairannya yang bening. Tidak kalah dengan Berau, Sumedang juga memiliki sumber mata air yang jernih dan  bersih bahkan berwarna biru bercampur dengan hijau tosca. Menurut warga, warna biru di sana merupakan pantulan warna langit.

Telaga Kembaran Labuan Cermin
Telaga Kembaran Labuan Cermin [image source]

Objek Wisata Hits di Kecamatan Buahdua

Objek Wisata Hits di Kecamatan Buahdua
Objek Wisata Hits di Kecamatan Buahdua [image source]
Telaga tersembunyi yang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat ini dikenal dengan nama Situ Cilembang. Namun, tidak sedikit dari masyarakat serta wisatawan yang menyebutnya dengan nama Sirah Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang hingga Labuan Cermin Cilembang. Wah, unik-unik ya. Hingga sekarang, sumber mata air ini masih hits dikunjungi oleh banyak orang.

Objek Wisata di Kecamatan Buahdua
Objek Wisata di Kecamatan Buahdua [image source]

Pesona Sekitar Telaga yang Menyejukkan

Pesona Sekitar Telaga yang Menyejukkan
Pesona Sekitar Telaga yang Menyejukkan [image source]
Dari banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke Situ Cilembang, sebagian besar berasal dari Bandung dan sekitarnya. Mereka tidak hanya penasaran dengan telaga ini tapi juga melepas penat setelah aktivitas rutin yang dijalani. Apalagi, Situ Cilembang tidak hanya indah di perairannya saja tapi juga pepohonan yang rindang dan menyejukkan mata.

Pesona Telaga yang Menyejukkan
Pesona Telaga yang Menyejukkan [image source]

Sumber Kebutuhan Air Minum Masyarakat Sekitar

Sumber Kebutuhan Air Minum Masyarakat Sekitar
Sumber Kebutuhan Air Minum Masyarakat Sekitar [image source]
Jernihnya air di Situ Cilembang pasti bakal membuatmu ingin nyebur. Namun, pengelola objek satu ini melarang pengunjungnya untuk berenang apalagi bermain di dalam air. Pasalnya, air dari telaga yang memiliki kedalaman 3 meter tersebut masih dijadikan sumber air minum serta kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa Hariang dan sekitarnya. Meski banyak tulisan larangan, masih ada pengunjung yang terjun ke air bersih ini. Wah, tidak boleh dicontoh ya!

Cuci Muka di Sumber air
Cuci Muka di Sumber air [image source]

Akses Situ Cilembang yang Tidak Kalah Menarik Mata

Keindahan Sumber Air di Sumedang
Keindahan Sumber Air di Sumedang [image source]
Untuk dapat melihat keindahan alam serta lucunya ikan-ikanan berenang di Situ Cilembang, lebih baik datang saat musim kemarau. Pasalnya, jalan sekitar 200 meter menuju ke sana sangat licin apalagi saat hujan. Meski licin dan juga banyak batu terjal, keindahan menuju telaga tidak kalah indah loh. Dijamin puas liburan ke sana. Sekedar tips, lebih baik hindari datang ke Situ Cilembang di hari Selasa dan Jumat. Pasalnya, ada pantangan untuk masuk ke telaga saat hari tersebut.

Foto OOTD di Sumber mata air
Foto OOTD di Sumber mata air [image source]
Nama : Situ Cilembang
Alamat : Hariang, Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45392
Jam buka: 07.00–16.00
Harga : Rp 2000 (parkir)

Jika kamu berniat liburan ke sana, tidak perlu khawatir soal kuliner. Di sekitar Situ Cilembang banyak sekali kedai makanan yang menjual berbagai makanan enak dan mengenyangkan. Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke objek wisata Curug Buud, di Tanjungmedar yang tidak kalah terkenal di Sumedang. Jaraknya pun cukup dekat dan bisa ditempuh selama 22 menit dari telaga

Advertisement
Tags
Alam Explore Sumedang wisata sumedang
Share