Kuliner Citarasa Asam Gurih di Indonesia, Segar-segar Bikin Nagih

Advertisement

Sensasi asam dan gurih pada makanan membuat nafsu makan meningkat seketika. Oleh sebab itulah, banyak kuliner di Indonesia yang memiliki citarasa asam gurih yang populer. Iklim tropis Indonesia sepertinya juga turut mempengaruhi munculnya banyak makanan bercitarasa asam gurih, lantaran ingin mengosumsi makanan yang segar-segar. Baiklah, buat kamu yang sekarang ini sedang berburu  kuliner asam gurih khas Indonesia berikut ini tujuh di antaranya.

Garang Asem, Kudus

Garang Asem, Via Insttagram kulineryogya
Garang Asem, Via Insttagram kulineryogya

Garang asem merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya yang paling populer yakni dari Kudus. Masakan satu ini memanfaatkan daun pisang sebagai pembukusnya. Komposisi garang asem ini adalah bawang merah, bawang putih, potongan cabai rawit hijau, dan juga tomat hijau serta tak ketinggalan daging ayam. Citarasa asam segar ini berasal dari tomat hijau. Nikmat disantap bersama dengan seporsi nasi hangat.

Asem-asem Daging, Semarang

Asem-asem daging, Via Instagram nthaks
Asem-asem daging, Via Instagram nthaks

Tak kalah segar dari garang asem, kuliner asem-asem daging khas Semarang juga bisa banget untuk dicicipi kelezatannya. Rasa asem dari kuliner satu ini berasal dari penggunaan asam jawa, tomat ataupun terkadang juga irisan belimbing wuluh. Meskipun begitu, rasa asam dari kuliner Semarang ini tidak terlalu kental lantaran dipadukan dengan rasa manis dari gula jawa dan kaldu gurih dari daging.

Asam Segar Parede, Palopo

Asam Segar Parede, Via Instagram sigoitusigo
Asam Segar Parede, Via Instagram sigoitusigo

Kuliner lain yang memiliki citarasa nendang asam gurih berasal dari Palopo yang bernama asam segar parede. Ini merupakan kuliner berbahan dasar ikan yang dipadukan dengan asam patikala dan juga mangga muda yang sudah dirajang tipis. Ikan-ikan yang digunakan bisa berasal dari berbagai jenis, mulai dari bandeng, lamuru, kakap atau lain-lain. Sekali suap, kamu akan tahu kesegaran kuliner dari Palopo ini.

Lempah Kuning, Bangka Belitung

Lempah Kuning, Via Instagram ila_paldua
Lempah Kuning, Via Instagram ila_paldua

Saat pertama kali menyeruput kaldu dari lempah kuning, sensasi segar, gurih, dan juga pedas akan segera menyerbu indra perasamu. Ini merupakan kuliner dari Bangka yang juga disebut sebagai gangan ketarap oleh masayarakat setempat. Untuk rasa asamnya sendiri berasal dari asam dan juga irisan nanas. Buat kamu pecinta kuliner asam gurih sekaligus pedas, jangan lupa untuk mencoba satu ini ya.

Ikan Kuah Asam, Kupang

Ikan Kuah Asam, Via Instagram ettyyuni
Ikan Kuah Asam, Via Instagram ettyyuni

Kupang juga memiliki kuliner asam gurih yang bisa dicoba saat berkunjung, namanya adalah ikan kuah asam. Ini merupakan kuliner berbahan dasar ikan yang dimasak dengan kuah segar yang dihasilkan dari tambahan belimbing wuluh. Rasa kuahnya tidak terlalu berat, jadi meskipun memiliki rasa asam tetap enak di lidah.

Nasu Cemba, Enrekang

Nasu Cemba, Via Instagram wiwied_bachtiar
Nasu Cemba, Via Instagram wiwied_bachtiar

Nasu cemba juga merupakan kuliner lainnya yang memiliki rasa asam gurih. Kuliner ini berasal dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Diberi nama dengan nasu cemba lantaran memanfaatkan daun cemba yang memang memberikan sensasi rasa asam. Daun ini dikombinasikan dengan daging yang melekat di tulang iga sapi. Kesegaran yang langsung bisa terbayangkan ya.

Krengsengan, Surabaya

Krengsengan, Via Instagram wedhusmabur
Krengsengan, Via Instagram wedhusmabur

Dari Surabaya juga ada krengsengan yang menggunakan daging sapi ataupun kambing sebagai bahan utamanya. Citarasa yang menonjol dari olahan satu ini adalah asam gurih yang merupakan perpaduan antaran tomat yang dicincang dan juga daging. Rasanya sangat nikmat sekali kala disantap saat hangat.

Itulah beberapa kuliner khas Nusantara yang memiliki citarasa asam gurih yang memang benar-benar bikin nagih, satu porsi tidak akan cukup. Jadi, jika kamu sedang berada di salah satu daerah di atas, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

Advertisement
Tags
kuliner asam gurih khas Indonesia kuliner asam gurih nusantara kuliner Indonesia
Share