14 Destinasi Wisata Sumedang Kota Tahu Yang Wajib Kamu Tahu

Advertisement

Jalan-jalan bareng Travelingyuk keliling provinsi Jawa Barat membawa kita pada sebuah daerah yang terkenal dengan produksi tahu. Yap, mana lagi kalau bukan kabupaten Sumedang. Kabupaten ini begitu identik dengan makanan tahu yang terkenal hingga ke pelosok negeri dengan brand Tahu Sumedang.

Berkunjung ke Sumedang selain berburu jajanan tahu wisatawan juga wajib mampir ke tempat-tempat keren yang tersebar di seluruh wilayahnya. Sebagian besar wilayah kabupaten ini bertopografi pegunungan sehingga air terjun dan gunung adalah destinasi wajib yang harus kalian sambangi. Langsung saja ayo kita jelajahi destinasi wisata di Kota Tahu ini.

1. Kalau Berani Mencicipi Wisata Mistis, Kunjungi Gunung Kunci

Gunung Kunci adalah tempat bersejarah yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Sumedang. Di kawasan ini terdapat benteng peninggalan zaman Belanda yang konon digunakan sebagai tempat penyiksaan. Tak heran jika nuansa mistis sangat terasa kala memasuki kawasan Bentang Gunung Kunci.

Gunung Kunci, via instagram
Gunung Kunci, via instagram

Benteng Gunung Kunci pernah dijadikan sebagai lokasi syuting acara misteri yang ditayangkan oleh televisi nasional. Hal ini semakin membuktikan jika kawasan ini memang mempunyai aura mistis yang cukup besar. Terlepas dari cerita misteri yang berkembang di sekitar Gunung Kunci, tempat ini kini juga menjadi destinasi traveler untuk berburu fotografi dengan latar belakang bangunan jadul yang keren.

2. Jembatan Cincin, Jembatan Kerata pai Bersejarah yang Penuh Misteri

Pada tahun 1918 perusahaan kereta api milik Belanda membangun sebuah jembatan yang menghubungkan antara desa Cikuda dan desa Cisaladah di kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jembatan tersebut kemudian diberi nama Jembatan Cincin dan menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat.

Jembatan Cincin, via instagram
Jembatan Cincin, via instagram

Bangunan Jembatan Cincin masih ada hingga sekarang hanya saja perawatannya sudah tidak diperhatikan lagi dan terkesan terbengkalai. Sejak itu muncullah cerita-cerita misteri di sekitar jembatan yang bagian bawahnya adalah tempat pemakaman umum itu. Banyak warga yang bercerita setiap malam orang yang melintasi jembatan tersebut selalu ditemui sosok wanita yang minta ditemani menyeberang jembatan.

3. Kampung Toga, Destinasi Untuk Sekedar Rekreasi Hingga Menguji Batas Nyali

Tidak sulit mencari tempat rekreasi yang lengkap di Sumedang. Traveler tinggal berkunjung ke Kampung Toga yang berjarak 2 kilometer dari pusat kota. Kampung Toga adalah kawasan wisata terpadu yang mempunyai fasilitas lengkap.

Kampung Toga, via instagram
Kampung Toga, via instagram

Diantaranya kawasan ini menawarkan sejumlah wahana seru yang ramah untuk aktivitas liburan keluarga. Tersedia pula aneka villa dan cottage untuk bermalam. Bahkan traveler yang ngaku punya cukup nyali bisa mencicipi berbagai wahana outbond dan juga terbang bebas ala paralayang dari atas bukit di Kampung Toga.

4. Para Petualang, Gunung Tampomas Siap Menati Kamu Bertandang

Kabupaten Sumedang mempunyai Gunung Tampomas sebagai puncak tertinggi. Ukurannya memang tidak tinggi-tinggi amat hanya sekitar 1.684 mdpl, pendaki pemula sekalipun bisa mendaki ke puncaknya tanpa hambatan yang berarti.

Gunung Tampomas, via instagram
Gunung Tampomas, via instagram

Gunung Tampomas menunggu para petualang untuk mendaki ke puncak Sangiang Taraje, puncak tertinggi dari gunung ini. Dari puncak gunung tersebut traveler bisa menikmati pemandangan kota Sumedang dari ketinggian. Kalau kemping atau datang di malam hari, puncak gunung ini adalah spot yang kece untuk melakukan city light hunting. Menuju ke puncak Gunung Tampomas bisa dilakukan dari beberapa jalur seperti jalur Narimbang, Cibeureum dan Buahdua.

5. Mata Air Cikandung, Bikin Hasrat Untuk Berenang Tak Bisa Dibendung

Sebuah danau yang tidak begitu luas namun mempunyai air yang jernih serta dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun bisa traveler temukan di dusun Sukasari, desa Nyalindung, kecamatan Cimalaka, kabupaten Sumedang. Danau tersebut dikenal memiliki nama Mata Air Cikandung.

Mata Air Cikandung, via instagram
Mata Air Cikandung, via instagram

Suasana di sekitar Mata Air Cikandung memang masih sangat asri. Walaupun bukan tempat wisata tapi danau ini sering dikunjungi traveler dari wilayah sekitar Sumedang. Mereka yang datang umumnya tidak tahan kalau hanya memandangi air danaunya yang jernih. Tentu saja paling asyik menikmati suasana danau ini dengan berenang mencicipi segarnya Mata Air Cikandung.

6. Menikmati Lanskap Kota Sumedang Dari Puncak Gunung Batu

Selain Gunung Tampomas, menikmati pemandangan kota Sumedang juga bisa dilakukan dengan mendaki Gunung Batu. Gunung yang terbentuk dari batuan cadas ini terletak di desa Rancabawang, kecamatan Tanjungsari. Kawasan ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata komersil sehingga untuk masuk ke dalam kawasan Gunung Batu wisatawan harus membayar sejumlah tiket masuk.

Gunung Batu, via instagram
Gunung Batu, via instagram

Usaha pemerintah kabupaten Sumedang tersebut tidak bertahan lama karena pengunjung yang datang ke kawasan tersebut semakin menurun lantaran diterpa berbagai isu. Isu yang paling santer terdengar adalah adanya keranda yang terbang sendiri di puncak Gunung Batu. Kini hanya beberapa traveler saja yang datang ke puncak gunung ini, keindahan pemandangan kota Sumedang dari puncak gunung berhasil mengalahkan rasa takut wisatawan yang berkunjung.

7. Situ Cilembang, Danau Sebening Kaca di Sumedang

Satu tempat yang lagi hits banget di Sumedang untuk berfoto-foto yaitu Situ Cilembang. Danau ini mempunyai julukan sebagai Labuan Cermin Cilembang Sumedang lantaran airnya yang sangat bening seperti Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur.

Situ Cilembang, via instagram
Situ Cilembang, via instagram

Situ Cilembang bisa traveler temukan di dusun Curug, desa Hariang, kecamatan Buahdua. Dalam beberapa waktu terakhir tempat ini sangat ramai dikunjungi traveler lantaran pemandangannya yang indah serta air danaunya yang biru sangat jernih. Pengunjung yang datang tidak dipungut biaya hanya diminta untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 2 ribu saja.

8. Curug Cigorobog, Air Terjun Tiga Tingkat yang Bikin Kamu Bakal Terpikat

Kawasan gunung, perbukitan dan air terjun banyak di jumpai di Sumedang selatan yang notabene kawasan tersebut merupakan kawasan dataran tinggi. Seperti halnya di desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan ini, ada air terjun tiga tingkat yang bakal bikin traveler terpikat dengan pesonanya.

Curug Cigorobog, via instagram
Curug Cigorobog, via instagram

Adalah Curug Cigorobog, air terjun tiga tingkat dengan ketinggian sekitar 40 meter di tengah hutan siap mengisi ulang energi wisatawan yang bertandang. Alam di sekitar air terjun ini relatif masih alami yang bikin pengunjung betah berlama-lama di sini. Untuk datang ke Curug Cigorobog traveler harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Sumedang.

9. Curug Ciputrawangi, Alternatif Wisata Air Terjun yang Layak Untuk Disambangi

Curug Ciputrawangi terletak di desa Narimbang, kecamatan Conggeang dan menjadi alternatif wisata alam yang layak untuk traveler kunjungi. Pasalnya curug ini dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang dan udara sejuk. Keberadaannya sendiri termasuk di dalam kawasan taman Wisata Gunung Tampomas.

Curug Ciputrawangi, via instagram
Curug Ciputrawangi, via instagram

Sebelumnya traveler harus melakukan trekking dengan kondisi medan yang menanjak berupa jalan setapak. Butuh fisik yang prima untuk menuju ke lokasi curug. Lokasi air terjun ini sendiri berada di dekat perbatasan antara Sumedang dengan Indramayu sehingga pada hari libur kebanyakan pengunjung yang datang ke sana berasal dari Kota Mangga tersebut. Sayangnya di lokasi yang tersembunyi seperti ini sudah ditemukan banyak sampah plastik dan corat-coret di dinding batu. Hal tersebut sangat disayangkan.

10. Kebun Teh Margawindu, Refleksi Keasrian Alam Sumedang

Traveler yang sebelumnya berencana menyambangi Curug Cigorobog, pasti akan melintasi sebuah hamparan perkebunan teh yang menghijau. Kawasan hijau di dataran tinggi berisi tanaman teh ini bernama Perkebunan Teh Margawindu. Pemandangan di kawasan ini sangat memanjakan mata apalagi buat traveler yang kesehariannya hanya dihadapkan pada pemandangan deretan bangunan beton.

Kebun Teh Margawindu, via instagram
Kebun Teh Margawindu, via instagram

Perkebunan Teh Margawindu menjadi tempat yang pas untuk wisatawan menikmati udara pegunungan yang bebas polusi. Hanya saja kalau menuju ke tempat ini, butuh perjuangan yang agak berat. Kondisi jalan banyak yang rusak, cukup menguras tenaga dan juga stamina. Hal ini disebabkan pihak pengelola perkebunan tidak lagi memperpanjang kontrak pengurusan kebun.

11. River Tubing di Sumedang

Siapa bilang liburan di Sumedang tidak bisa bermain river tubing ala Green Canyon di Pangandaran? Kegiatan ekstrim pemacu adrenalin ini bisa traveler lakukan di Kota Tahu. Syaratnya kalian harus datang ke kawasan desa Cipancar, Sumedang Selatan.

River Tubing di Sumedang, via instagram
River Tubing di Sumedang, via instagram

Buat traveler yang punya jiwa petualang tinggi, river tubing adalah kegiatan yang cocok untuk dicicipi. Hanya saja untuk mencoba kegiatan ini setiap traveler harus melakukan booking lebih dulu pada operator penyedianya yaitu Kalahari Adventure. Kontaknya bisa langsung kamu lihat dengan klik tautan sumber gambar di atas.

12. Kunjungi Waduk Jatigede yang Penuh Kontroversi

Selagi liburan di Sumedang sempatkan pula berkunjung ke waduk yang menuai banyak polemik, yaitu Waduk Jatigede. Waduk ini telah dirintis sejak zaman presiden Soekarno dan proses penggenangannya sendiri baru bisa dilakukan pada era Jokowi pada akhir Agustus 2015 silam.

Waduk Jatigede, via instagram
Waduk Jatigede, via instagram

Pembangunan waduk dengan menanggul aliran sungai Cimanuk yang sejatinya berfungsi sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan air tawar serta sarana rekreasi ini banyak mendapat tentangan dari warga. Hal ini disebabkan banyaknya kawasan pemukiman yang terdampak serta situs-situs sejarah yang berada di lokasi pembangunan. Meski pembangunannya sempat tertunda dalam waktu yang sangat lama akhirnya waduk ini pun bakal memasuki tahap akhir dalam beberapa tahun mendatang.

13. Blusukan ke Curug Cipongkor yang Masih Tersembunyi

Buat yang hobi blusukan ada satu air terjun terakhir yang harus dikunjungi yaitu Curug Cipongkor di desa Ciherang, kecamatan Sumedang Selatan. Bagi pecinta alam di Kota Tahu nama Curug Cipongkor memang tidak asing namun buat traveler yang berada di luar daerah akan kesulitan menemukan keberadaannya.

Curug Cipongkor, via instagram
Curug Cipongkor, via instagram

Curug Cipongkor belum dikembangkan menjadi destinasi wisata komersil. Konsekwensinya, tidak ada petunjuk arah yang menjadi penanda menuju ke lokasi. Satu-satunya cara untuk menemukan air terjun setinggi 30 meter ini adalah dengan bertanya warga yang tinggal di desa Ciherang. Jalan menuju ke lokasi air terjun pun masih dalam kondisi yang buruk, siapkan stamina dan perbekalan yang cukup kalau mau ke curug ini.

14. Museum Prabu Geusan Ulun, Daftar Terakhir Yang Wajib Dikunjungi

Setelah semua destinasi wisata keren di Sumedang selesai dikunjungi, saatnya melakukan penutupan dengan datang ke Museum Prabu Geusan Ulun. Jenis wisata yang ditawarkan tentu saja berupa wisata sejarah. Jangan sampai kita menjadi bangsa yang lupa dengan sejarah kita sendiri, oleh sebab itu setiap datang ke suatu daerah cari tahu apakah daerah itu punya museum. Jika iya, kalian wajib menyempatkan waktu untuk menyambanginya.

Museum Prabu Geusan Ulun, via instagram
Museum Prabu Geusan Ulun, via instagram

Museum Prabu Guesan Ulun menyimpan aneka koleksi peninggalan leluhur Sumedang. Bagaimana awal mula kabupaten ini berdiri hingga nama-nama bupati yang menjabat di Sumedang sejak zaman VOC bisa pengunjung temukan di museum tersebut. Wawasanmu akan semakin luas dengan berkunjung ke museum yang terletak di dekat alun-alun kota Sumedang ini.

Travelingyuk yakin daftar yang sudah disebutkan di atas baru sebagian kecil saja dari kekayaan yang dimiliki Kabupaten Sumedang. Kalau kamu mau melengkapinya, langsung saja menuliskannya di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Air Terjun Gunung Indonesia Jawa Barat Jembatan Sumedang
Share