Seville, Kota Cantik Bukti Kejayaan Islam di Spanyol

Arab Saudi atau Indonesia merupakan negara-negara yang masyarakatnya banyak memeluk Islam. wajar jika ditemukan masjid-masjid indah yang tersebar di seluruh penjuru. Namun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa ada objek wisata Eropa yang menjadi saksi kejayaan Islam. Ialah Sevilla atau Seville, negeri dengan mayoritas penganut Katolik. Berikut beberapa bangunan mewah dan cantik yang menjadi saksi bahwa muslim pernah menjadi mayoritas di sini. Apa saja, ya?

Menara Giralda

Menara Giralda [image source]
Giralda merupakan menara tinggi nan indah yang dibangun sejak abad 12 lalu. Lucunya, menara ini punya kembaran, yaitu Hassan yang terletak di Rabat. Dulunya, gedung pencakar langit yang merupakan masjid ini merupakan simbol penting bagi Seville. Namun, setelah diambil alih oleh umat kristiani, bangunan antik dan cantik ini kini dijadikan Gereja Katedral Seville, bahkan salah satu yang terbesar di dunia.

Menara Giralda, Sevilla
Menara Giralda, Sevilla [image source]

Mezquita

Mezquita Cordoba
Mezquita Cordoba [image source]
Mezquita dalam bahasa Spanyol adalah mosquito atau masjid. Kebalikan dari Menara Giralda, bangunan ini dulunya adalah gereja yang dibangun pada tahun 600an. Setelah Dinasti Umayyah menaklukkan Spanyol, kaum muslim pun membeli bangunan indah ini dan menjadikannya masjid. Pada tahun 987, pembangunannya selesai dan diberi nama Masjid Agung Cordoba. Dan sekitar 300 tahun kemudian, Cordoba kembali dikuasai tentara Katolik dan masjid ini menjadi gereja. Meski begitu, mereka tetap mempertahankan bentuk aslinya.

La-Mezquita-Cordoba [image source]

Alcazar de Seville

Real Alcazar de Sevilla
Real Alcazar de Sevilla [image source]
Alcazar dalam bahasa Spanyol berarti istana. Alcazar de Seville merupakan istana tertua yang dulu menjadi benteng kaum muslimin. Hingga kini, istana klasik dan keindahannya yang mendunia ini masih digunakan oleh keluarga kerajaan. Rupanya Alcazar ini termasuk tertua di Eropa dan menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur paling menakjubkan, serta masih ditinggali.

Beranda Real Elcazar Sevilla
Beranda Real Elcazar Sevilla [image source]

Medina Azahara

Medina Azahara
Medina Azahara [image source]
Arti dari Medina Azahara berati ‘Kota Paling Cantik’. Dulunya, ini merupakan pusat kota peradaban saat kekhalifahan Umayyah. Medina terpilih karena memiliki panorama yang sangat indah di sekelilingnya. Pada perang saudara yang pecah tahun 1010, umat muslim pun meninggalkan daerah ini. Sayangnya, tidak ada yang mengambil alih dan merawatnya. Kini, kota cantik tersebut hanya tinggal puing-puing saja. Meski begitu, Medina Azahara masih tampak memesona dan sekarang jadi destinasi wajib saat berkunjung ke Spanyol.

Medina Azahara, Spanyol
Medina Azahara, Spanyol [image source]

Alhambra

La Alhambra, Spanyol
La Alhambra, Spanyol [image source]
Selain Medina Azahara, peninggalan Islam yang tak kalah memesona adalah Alhambra. Bangunan ini merupakan istana yang dibangun pada Abad ke 10 oleh penguasa muslim saat itu. Alhambra juga difungsikan sebagai Benteng Merah. Ada banyak bagian dari istana ini yang sangat indah. Taman, bahkan dinding dan atapnya dihiasi oleh arsitektur mewah dan sedap dipandang. Tempat ini juga menjadi salah satu wisata favorit di Spanyol..

Ukir di Alhambra, Spanyol
Ukiran di Alhambra, Spanyol [image source]
Meski merupakan salah satu saksi kejayaan Islam, nyatanya kini Seville kekurangan masjid untuk muslim di sana. Beberapa usaha pun dilakukan, salah satunya melalui Yayasan Masjid Sevilla. Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi pun turun langsung untuk membantu saudara muslim di sana. Bagaimana denganmu?

Tags
Luar negeri masjid Spanyol
Share