Serabi Kocor Bu Ngadinem, Kuliner Bantul yang tak Kalah dengan Jajanan Kekinian

Jajanan enak dan kekinian memang makin melimpah. Namun, kuliner legendaris yang dimasak secara sederhana masih menjadi juara. Di Bantul, ada jajanan sederhana yang menjadi favorit dan dibanjiri oleh pembeli. Namanya serabi kocor yang diracik oleh Bu Ngadinem. Penasaran dengan camilan enak yang pas di santap sore hari ini? Simak yuk!

Warung Jajanan Khas Jawa yang Berusia Belasan Tahun

Serabi Enak di Bantul
Serabi Enak di Bantul [image source]
Di tengah gempuran jajanan pasar modern, keberadaan kuliner legendaris makin langka. Pun demikian, hal tersebut tak membuat Bu Ngadinem berhenti menyajikan serabi kocor andalannya. Hanya bermodalkan lapak yang terbuat dari bamboo, beratap kain terpal, dan beralaskan tikar, Bu Ngadinem masih setia kepada pelanggannya. Bahkan jika dihitung lagi, warung di Jalan Bantul Km. 6, Dusun Nyemengan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan ini sudah berusia lebih dari 18 tahun.

Serabi Bu Ngadinem
Serabi Bu Ngadinem [image source]

Sederhana Dimasak di Atas Anglo

Serabi kocor di atas cetakan
Serabi kocor di atas cetakan [image source]
Jajanan enak yang membuat pecinta kuliner ketagihan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa. Setelah adonan siap, baru kemudian dituangkan dalam wajan kecil yang terbuat dari tanah liat. Bukan menggunakan kompor gas, serabi ini dimasak di atas tungku kecil atau anglo dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Proses memasak sederhana ini membuat aroma serabi makin khas.

Proses memasak Serabi Kocor
Proses memasak Serabi Kocor [image source]

Nendang dengan Kucuran Gula Merah

Seporsi Serabi Kocor
Seporsi Serabi Kocor [image source]
Sekilas, serabi kocor mirip dengan kue apem. Bedanya, jajanan ini dipanggang bukan dikukus. Tak hanya itu, serabi biasanya disajikan polosan atau diberi topping susu kental. Namun, tidak dengan warung di Bantul ini. Bu Ngadinem menggunakan kuah manis yang terbuat dari santan kelapa dan gula jawa. Manis dari kuah dan gurih dari serabi membuat rasanya sangat pas di lidah.

Serabi kocor paling lezat
Serabi kocor paling lezat [image source]

Jajanan Wajib Saat Liburan ke Bantul

Proses memasak Serabi yang sederhana
Proses memasak Serabi yang sederhana [image source]
Jajanan tradisional yang dijajakan di warung sederhana ini cukup terkenal. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota yang sengaja berkunjung ke Bantul untuk mencobanya. Nah, kamu yang berniat menjajalnya, sebaiknya datang saat sore hari. Pasalnya, Bu Ngadinem dan anaknya baru membuka warungnya sekitar jam 3 sore hingga 8 malam. Karena tempatnya yang kecil, kamu juga perlu bersabar untuk menunggu antrean.

Serabi Kocor di Bantul
Serabi Kocor di Bantul [image source]
Kuliner di Bantul memang banyak yang menggoda. Selain mie lethek yang jadi favorit Barack Obama, Serabi Kocor Bu Ngadinem juga wajib kamu coba.

Tags
Bantul Indonesia Jogja Yogyakarta
Share