4 Mie Lethek Terlezat di Bantul, Favoritnya Mantan Presiden Amerika

Advertisement

Mie letheg atau Mie Lethek merupakan kuliner khas Bantul yang mendadak populer di tahun 2017 lalu. Kedatangan Barack Obama ke Jogja menjadi salah satu penyebab makanan berbahan dasar singkong ini diburu oleh banyak orang. Nah, kamu yang masih belum pernah mencoba makanan lezat ini, berikut rekomendasi warung mie lethek terenak di sekitar Bantul.

1. Mie Lethek Balungan Pak Sur

Mie Lethek Mbah Sur
Mie Lethek Mbah Sur [image source]
Mie lethek merupakan makanan lezat yang berasal dari tepung tapioka dan singkong. Diproses sederhana, campuran adonan tersebut menghasilkan mie bertekstur lembut dengan rasa istimewa. Warung yang menyediakan menu ini adalah Mie Lethek Pak Sur atau Mie Lung Mbah Sur yang terletak di Tegallayang 10, Caturharjo, Pandak. Selain disajikan dalam bentuk godong atau rebus, kamu bisa memesan mie goreng. Jangan lupa untuk mencoba mie balungan serta peyek cabe yang fenonemal.

Mie Lethek Balungan Mbah Sur
Mie Lethek Balungan Mbah Sur [image source]

2. Mie Lethek Mbak Mendes

Mie Lethek Mbah Mendes
Mie Lethek Mbah Mendes [image source]
Meski baru buka di tahun 2014 lalu, Mie Lethek Mbah Mendes sangatlah populer. Warung yang berada di Jalan Parangtritis km 3.4 ini banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner karena cita rasa mienya yang unik. Seporsi mie di sini menggunakan beberapa sayuran segar seperti loncang, seledri, serta wortel yang ditambahkan dengan telur dan daging ayam kampung. Menariknya, semua bahan yang digunakan rendah gula dan tidak memakai bahan pengawet serta bumbu penyedap.

Mie Lethek Mbah Mendes Bantul
Mie Lethek Mbah Mendes Bantul [image source]

3. Bakmi Jawa & Mie Lethek Pandawa

Mie Lethek Pandawa, Bantul
Mie Lethek Pandawa, Bantul [image source]
Berburu kuliner malam di Jogja sangatlah mudah. Semua makanan enak tersaji hampir di setiap sudutnya, termasuk di kawasan Bantul. Salah satu tempat makan yang tak pernah sepi adalah Warung Bakmi Jawa dan Mie Lethek Pandawa yang terletak di Jalan Bantul, Panggungharjo, Sewon. Menu andalan di sini tak hanya mie lethek saja, tapi juga bakmi jawa dengan rasa spesial yang menggugah selera.

Mie Lethek Pandawa
Mie Lethek Pandawa [image source]

4. Mie Lethek Kang Sum

Mie Lethek Kang Sum
Mie Lethek Kang Sum [image source]
Warung makan ini merupakan warisan dari kakek Kang Sum. Berdiri sejak tahun 1999 di Jalan Makam Imogiri, Bantul, mie lethek di sini terkenal lezat dengan rasa singkong yang kuat. Seperti lainnya, sajian kuliner khas Bantul ini dimasak dengan sederhana di atas anglo berbahan bakar arang. Bumbunya juga lengkap dari bawang putih, merica, kemiri, garam serta telur bebek. Tak hanya itu, ada tambahan sayur segar seperti kol, wortel, tomat serta daun bawang. Pas disantap saat perut sedang keroncongan.

Mie Mang Sum Bantul
Mie Mang Sum Bantul [image source]
Sekilas, bentuk kuliner ini memang kurang menggugah selera. Namun, kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya. Bagaimana, kapan coba kuliner favorit mantan presiden Amerika Serikat di Bantul ini?

Advertisement
Tags
Bantul Indonesia Mie Lethek Yogyakarta
Share