4 Kuliner Enak dan Legendaris Bantul, Nikmat Pol!

Berkunjung berkali-kali ke Jogja tidak akan pernah membosankan. Tak harus di Malioboro, Kota Pelajar ini memiliki banyak kawasan yang sama menariknya. Salah satunya adalah Bantul yang terkenal dengan kekayaan berupa makanan enak. Ini 4 kuliner legendaris enak yang wajib kamu cicipi saat menginjakkan kaki di Bantul. Apa saja?

Sate Kambing Sor Talok tanpa Tusuk

Sate Kambing Sor Talok Ringroad Manding
Sate Kambing Sor Talok Ringroad Manding [image source]
Namanya sate, biasanya identik dengan tusuk. Namun, kuliner khas Bantul yaitu Sate Kambing Sor Talok ini justru terlihat seperti potongan daging biasa. Warung Sor Talok ini sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu dan rasa tetap terjaga. Dibakar dengan tusuk besi agar matangnya merasuk hingga inti daging. Makin enak disajikan dengan bumbu kecap dan cabe.

Sate Kambing Sor Talok Ringroad Manding Bantul
Sate Kambing Sor Talok Ringroad Manding Bantul [image source]

Mangut Lele Mbah Marto yang Penuh Cinta

Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto [image source]
Masakan yang diolah dengan penuh cinta memang nikmatnya masuk sampai hati. Mangut Lele Mbah Marto yang berlokasi di Dusun Nggeneng di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Mbah Marto menyiapkan piring dan nasi putih di rumah sederhananya. Para pengunjung dipersilakan mengambil sendiri makanannya. Ada juga gudeg dengan krecek yang juga enak disantap dengan lele.

Mangut Lele Mbah Marto Bantul
Mangut Lele Mbah Marto Bantul [image source]

Pecel Baywatch Mbah Warno yang Fenomenal

Pecel Baywatch Bantul
Pecel Baywatch Bantul [image source]
Mendengar nama Pecel Baywatch, tidak heran jika yang terbayang adalah penjualnya yang seksi. Ternyata, nama ini tercipta karena Mbah Marno dan asistennya selalu menggunakan kutang saat melayani pembeli. Warung yang sudah berumur 35 tahun ini menyuguhkan menu sederhana seperti pecel. Racikan istimewa dengan bunga turi sebagai campurannya membuat pecel Mbah Marno menjadi istimewa.

Pecel Mbah Baywatch
Pecel Mbah Baywatch [image source]

Ingkung Mbah Kentol

Ingkung Mbah Kentol
Ingkung Mbah Kentol [image source]
Salah satu kuliner legendaris Bantul adalah Ingkung Ayam. Yang terkenal adalah Ingkung Mbah Kentol, yaitu ayam kampung utuh yang seperti diikat dan dimasukkan dalam kreneng, anyaman bambu dan dimasak dengan bumbu-bumbu nusantara. Ada filosofi di balik kuliner ini, yaitu memupuk rasa persatuan dan saling membantu antara warga satu dengan yang lain. Lokasinya berada di dekat wisata, yaitu Goa Selarong.

Ingkung Mbah Kentol Bantul
Ingkung Mbah Kentol Bantul [image source]
Catat dan pastikan kamu mencicipi menu-menu di atas saat traveling ke Jogja, khususnya Bantul. Bagaimana, sudah siap liburan dan jelajah kulinernya?

Tags
Bantul Indonesia Jawa Tengah kuliner enak legendaris
Share